WHAT JESUS SAID
Part 22/24 - Stephen Bohr
THE ABOMINATION OF DESOLATION
https://www.youtube.com/watch?v=OjuadZ9vvBA
Dibuka dengan doa.
We are on page 285 of our study notes, and we'll go through it just as we
usually do. A disciplined study of Bible prophecy requires that the student be
well versed in history, because prophecy basically is history written in advance.
The story that we're going to study today is very sad, particularly because
it deals with an end-time apostasy among those who claim to be God's people. What
we will see is that, what we're going to talk about is not the reflection upon
a specific individual or a specific leader. There are many genuine children of
God in all rank and file denominations, yet the Bible portrays that most of
those who profess to follow God are ~ both among the leaders and among the
laity ~ are in apostasy, some without even realizing it.
Kita di hal. 285 dari makalah kita, dan kita akan
membahasnya satu per satu seperti yang biasa kita lakukan. Disiplin dalam
mempelajari nubuatan Alkitab mengharuskan si pelajar mengenal baik sejarah,
karena pada dasarnya nubuatan adalah
sejarah yang ditulis sebelum terjadinya.
Kisah yang akan kita pelajari hari ini sangat menyedihkan
karena berkaitan dengan kemurtadan
akhir zaman yang ada di antara mereka yang mengaku sebagai umat Allah.
Yang akan kita lihat ialah, yang akan kita bicarakan bukanlah refleksi pada
seseorang yang spesifik atau seorang pemimpin yang spesifik. Ada banyak anak
Allah yang sejati dalam segala tingkatan
di semua denominasi, namun Alkitab menggambarkan bahwa kebanyakan mereka
yang mengaku mengikut Allah ~ baik di antara para pemimpin maupun di antara
orang-orang awam ~ ada dalam kemurtadan, bahkan
ada yang tidak menyadarinya.
Even though our series of lessons centers mostly on the New Testament,
particularly on the gospels and the book of Acts, it is necessary for us to go
back to the Old Testament for the background information that will help us
understand this particular study this morning. So let's go back to the Old
Testament, to the experience of Israel just before the Babylonian captivity.
Walaupun seri pelajaran kita ini berpusat terutama di
Perjanjian Baru khususnya di kitab-kitab injil dan kitab Kisah, kita harus
mundur ke Perjanjian Lama untuk informasi latar belakangnya yang akan membantu
kita memahami pelajaran ini pagi ini. Jadi mari kita kembali ke Perjanjian
Lama, ke pengalaman Israel tepat sebelum penawanan Babilon.
The history of Israel in the Old Testament is one of continual apostasy
against God. The nation of Israel habitually embraced the teachings and
practices of the surrounding pagan nations. For this reason, God
referred to the nation of Israel just before the Babylonian captivity, as a
harlot. In fact, this word appears no less than 23 times in Ezekiel
chapter 16, besides many uses. Also in chapter 23 of Ezekiel as well as in some
passages of Jeremiah, that you have there in parentheses (Ezekiel 16:30, 35; 23:11,
18, 29, 30). These acts of idolatrous apostasy are referred to as abominations, and
there you have the references in parentheses (Ezekiel 16:2,
22, 51; 23:38-39; 2 Chronicles 36:14).
So idolatrous
apostasy is referred to as abominations.
Sejarah Israel di Perjanjian Lama itu adalah sejarah yang penuh kemurtadan terhadap Allah. Bangsa Israel terbiasa memeluk
ajaran-ajaran dan praktek-praktek bangsa-bangsa penyembah berhala di sekitar
mereka. Karena alasan inilah, Allah
menyebut bangsa Israel sebelum penawanan Babilon sebagai perempuan pelacur
(sundal). Faktanya kata ini muncul tidak kurang dari 23 kali di
Yehezkiel pasal 16, di samping banyak pemakaian di tempat lain. Juga di pasal
23 Yehezkiel dan di beberapa pasal Yeremia, yang ada tertulis dalam kurung (Yehezkiel 16:30, 35; 23:11,
18, 29, 30). Tindakan-tindakan kemurtadan berhala ini disebut
kekejian-kekejian, dan di sini ada referensinya dalam kurung (Yehezkiel 16:2, 22,
51; 23:38-39;
2 Tawarikh 36:14).
Jadi kemurtadan karena berhala
disebut sebagai kekejian-kekejian.
Ezekiel 8 is
known as the abominations chapter par
excellence because God catalogued the abominations that Israel ~ His own professed people ~ were committing in the city of Jerusalem. The
chapter presents these abominations in escalating order of gravity, climaxing
with the worst abomination that was being practiced among God's people in the
holy city. The climax is in verse 16 of Ezekiel 8. “16 So He
brought me into the inner court of the Lord’s house;
and there, at the door of the temple of the Lord, between
the porch and the altar, were about
twenty-five men with their backs toward the temple of the Lord and
their faces toward the east, and they were worshiping the sun toward the
east…” that is the act of apostasy that
culminates the list, the worst of all. And we know that in Ezekiel 8 the apostasies
are in escalating order, because God shows Ezekiel an apostasy or an
abomination, and Ezekiel thinks “Wow,
this is pretty bad.” God says, “I’m
going to show you greater abominations than these.” And the
greatest of all was that the leaders had their backs to the temple, and they
were worshiping the sun toward the east.
Yehezkiel 8 dikenal sebagai pasal kekejian par excellence
(tidak ada tandingannya) karena di sini Allah mengkatalogkan kekejian-kekejian
yang dilakukan Israel, yang mengaku sebagai umatNya sendiri, di kota Yerusalem.
Pasal ini menyajikan kekejian-kekejian itu dalam urutan yang semakin lama
semakin parah, yang mencapai klimaksnya dengan kemurtadan yang paling buruk
yang dipraktekkan di antara umat Allah di kota suci. Klimaksnya ini ada di
Yehezkiel 8:16, “16
Maka Dia
membawa aku ke halaman dalam rumah
TUHAN; dan di sana, di pintu masuk ke bait
TUHAN, di antara serambi dan mezbah ada
kira-kira dua puluh lima orang laki-laki, dengan
punggung mereka menghadap bait TUHAN dan wajah
mereka menghadap ke sebelah timur, dan
mereka sedang menyembah matahari ke arah timur…” itulah perbuatan
kemurtadan yang paling puncak pada daftar tersebut, yang paling parah. Dan kita tahu bahwa di
Yehezkiel 8, kemurtadan-kemurtadan itu disebutkan menurut susunan yang semakin
meningkat, karena Allah menunjukkan kepada Yehezkiel satu kemurtadan atau
kekejian, dan Yehezkiel berpikir, “Wah, ini parah.” Allah berkata, “Aku akan menunjukkan
kepadamu kekejian-kekejian yang lebih parah daripada ini.” Dan kekejian yang paling
besar ialah para
pemimpin (tua-tua) menghadapkan punggung mereka ke arah Bait Allah, dan mereka
menyembah matahari ke
arah timur.
In the very next
verse, verse 17, God promised to desolate Jerusalem because of her abominations.
And this is where the expression “abomination of
desolation” comes from. The abomination is worshiping the sun
and that leads to desolation, that is what is meant by the expression “abomination of desolation”, it's an abomination that leads to
desolation.
Di ayat berikutnya, ayat 17, Allah berjanji akan
menelantarkan (menghancurkan) Yerusalem karena
kekejian-kekejiannya. Dan dari sinilah asal istilah “kekejian yang
menyebabkan penelantaran” (Matius 24:15,
Markus 13:14). Kekejiannya ialah menyembah
matahari yang mengakibatkan penelantaran Tuhan, itulah makna
istilah “kekejian
yang menyebabkan penelantaran”, itu adalah kekejian yang mendatangkan
penelantaran.
Ezekiel 16 portrays Israel as a
harlot who decked herself with jewelry of gold
and silver to entice the pagan nations, to fornicate with her. Obviously we're
speaking not of literal fornication, we're speaking of spiritual fornication,
God's people fornicating with the practices of the pagan nations. Because of
her love with the pagan customs and practices of the surrounding nations, God
promised that destruction would come from the four corners of the land.
Now remember all of these details, because in the final application we're going
to find them all over again, referring no longer to literal Israel, but to a
global religious apostasy among those who claim to serve the Lord. And so God
said destruction is going to come from the four corners of the land (Ezekiel 7:1-2), God promised Israel that they would drink
the cup of His wrath because of the abominations that they practiced (Ezekiel 23:33-34), and they would drain the cup to its very dregs.
Yehezkiel 16
menggambarkan Israel sebagai perempuan sundal (pelacur), yang memakai perhiasan
emas dan perak untuk menarik bangsa-bangsa penyembah berhala untuk berzinah
dengannya. Tentunya kita tidak bicara tentang perzinahan literal, kita bicara
tentang perzinahan spiritual, umat Allah berzinah dengan praktek-praktek
bangsa-bangsa pagan. Karena
kecintaannya kepada kebiasaan-kebiasaan pagan dan praktek-praktek bangsa-bangsa
yang ada di sekitarnya, Allah berjanji bahwa pemusnahan akan datang dari
keempat penjuru negeri. Nah, ingatlah semua detail ini, karena
di aplikasi akhirnya kita akan bertemu dengan mereka semuanya lagi, tetapi
tidak lagi bicara tentang Israel literal, melainkan tentang kemurtadan relijius
yang global di antara mereka yang mengklaim menyembah Tuhan. Maka Allah
berkata, kehancuran akan datang dari keempat penjuru negeri (Yehezkiel 7:1-2). Allah
berjanji kepada Israel
bahwa mereka akan minum cawan
murkaNya karena segala kekejian yang telah mereka praktekkan (Yehezkiel 23:33-34) dan mereka akan minum habis isi cawan itu sampai ke semua ampasnya.
Ezekiel 1
describes God
coming from the north to the Jerusalem temple to perform a work of investigative judgment,
with the end result of separating the faithful from the unfaithful in the
holy city, among those who claim to be God's people. The pagan nations
are not in view here. The judgment is not of the pagan nations, the judgment
is of those who profess to be God's people. It was a judgment separation only of
those who professed to be the people of God.
Yehezkiel 1 menggambarkan Allah datang dari utara ke bait suci
Yerusalem untuk melakukan suatu pekerjaan penghakiman
investigasi, yang hasil akhirnya ialah memisahkan mereka yang setia dari mereka yang tidak setia
di dalam kota suci, di antara mereka yang mengklaim sebagai umat
Allah. Bangsa-bangsa pagan tidak terlibat di sini. Penghakiman ini bukan atas bangsa-bangsa pagan.
Penghakiman ini ialah atas mereka yang mengaku sebagai umat Allah. Ini adalah
penghakiman yang memisahkan hanya
mereka yang mengaku sebagai umat Allah.
Ezekiel 9 describes this work of separation.
The chapter describes how before the desolation of the city, God placed a
mark or a sign on the foreheads of those who sighed and cried because of the
abominations that were being committed in the city (Ezekiel 9:4). Yes, God had a faithful remnant in the city and
He promised
to protect these sealed ones in the midst of the desolation to come. It
is crucial to underline that those who were worshiping the sun are placed in
contrast in the very next verses to those who have the mark on their foreheads.
v So one group is
worshiping the sun,
v the other group
receives the seal on the forehead.
They are contrasting
groups.
Yehezkiel 9
menggambarkan pekerjaan pemisahan ini. Pasal ini menggambarkan bagaimana sebelum kota itu ditelantarkan,
Allah menempatkan meterai atau tanda di dahi mereka yang berkeluh kesah dan
meratap karena adanya kekejian-kekejian yang sedang dilakukan di dalam kota
(Yehezkiel 9:4). Ya, Allah
punya umat sisa yang setia di dalam kota, dan Dia berjanji untuk melindungi
mereka yang telah dimeteraikan ini di tengah-tengah penelantaran yang akan
datang. Sangat
krusial untuk menekankan bahwa di ayat-ayat berikutnya mereka yang menyembah
matahari ditempatkan di posisi yang kontras dengan mereka yang punya meterai di
dahi mereka.
v Jadi, satu kelompok menyembah matahari,
v Kelompok yang lain menerima meterai di dahi mereka.
Kelompok-kelompok ini sangat berbeda.
To a great
degree the
apostasy among God's people was due to the evil influence of the religious
leaders. However, the people were not free of guilt because they loved to
have it so. In fact, let's read Jeremiah 5:31, “31 The
prophets prophesy falsely, and the priests rule by their own power; and My
people love to have it so…”
So the leaders
were in apostasy, they led the people astray, and the people were perfectly
happy with the leadership of Israel.
Dalam derajat yang besar, kemurtadan di antara umat Allah disebabkan karena pengaruh jahat
dari para pemimpin rohani. Namun, umat juga tidak bebas dari
kesalahan karena mereka suka
dengan keadaan itu. Nah, mari kita baca Yeremia 5:31, “31 Para nabi bernubuat palsu dan
para imam memimpin dengan kuasa mereka sendiri; dan umat-Ku menyukai
yang demikian!...”
Jadi para pemimpin
sedang murtad, mereka menyesatkan umat, dan umat sendiri malah senang dengan kepemimpinan Israel.
When the work of separation was
finished, the Shekinah glory of the Jerusalem temple
departed
from the sanctuary, and lingered on the Mount of Olives. This is important. Remember
all these details, we're going to come back to them again.
Ketika pekerjaan
pemisahan selesai, kemuliaan Shekinah Bait Suci Yerusalem meninggalkan
Bait Suci, dan berhenti sejenak di Bukit Zaitun. Ini penting.
Ingat semua detail ini, nanti kita akan kembali kemari lagi.
After the
judgment is over in chapters 10 and 11, the Shekinah left the temple (Ezekiel 11:22-23) and for a while lingered on the Mount of Olives, east of Jerusalem. And
then after lingering, It departed to heaven. Without the Shekinah in the temple the city
had no protection against the invading Babylonians, who were about to
bring desolation.
The word “desolation”
is used repeatedly to describe what happened to Jerusalem when the
presence of God abandoned it (Daniel 9:2; Jeremiah 25:3, 4, 6, 9-11; 2 Chronicles 36:15-21). And you can find all the references there
in parentheses, plus many more that I did not include.
Setelah penghakiman selesai, di pasal 10 dan 11, Shekinah meninggalkan Bait Suci (Yehezkiel 11:22-23) dan untuk sejenak berhenti di Bukit Zaitun, sebelah
timur Yerusalem. Kemudian setelah berhenti itu, Dia kembali ke Surga. Tanpa Sang Shekinah di Bait
Suci, kota itu tidak punya perlindungan
terhadap penyerangan bangsa Babilon, yang akan datang membawa penelantaran.
Kata “penelantaran”
dipakai berulang-ulang untuk menggambarkan
apa yang terjadi pada Yerusalem ketika kehadiran Allah meninggalkannya
(Daniel 9:2; Yeremia 22:5,
25:3, 4, 6, 9-11; 2 Tawarikh
36:15-21). Dan kalian bisa menemukan semua referensinya di
sana dalam kurung, plus masih banyak lagi yang tidak saya masukkan.
“2 di tahun
pertama pemerintahannya, aku, Daniel, memahami dari kitab-kitab,
tahun-tahun yang disebutkan firman TUHAN kepada nabi Yeremia, bahwa Dia akan menyudahi penelantaran Yerusalem dalam waktu tujuh puluh tahun.” (Daniel 9:2)
The desolation
was terrible, Jeremiah wrote a funeral dirge, the book of Lamentations for the
people to sing as they were being led captive to Babylon. The entire book
describes the horrendous famine, disease, treason, and crime that existed in
Jerusalem as the armies of Babylon besieged it. It is of critical significance
to realize, that Jeremiah blamed the desolation of the city on the desecration of the
Sabbath.
Penelantaran itu mengerikan. Yeremiah menulis lagu perkabungan, kitab Ratapan,
untuk dinyanyikan orang selagi mereka dibawa sebagai tawanan ke Babilon.
Seluruh kitab itu menggambarkan kelaparan, penyakit, pengkhianatan, dan
kejahatan yang mengerikan yang ada di Yerusalem ketika pasukan Babilon
mengepungnya. Sangatlah penting untuk menyadari bahwa Yeremia menyalahkan penelantaran kota itu kepada
dinajiskannya Sabat.
Listen carefully
now, what were most people doing in the city? Worshiping the sun. And
Jeremiah is going to tell us that the main reason why the city was destroyed is
because they
were breaking the Sabbath. Notice Jeremiah 17:24 and 25 and then verse
27, “24 ‘And it shall be, if you heed Me carefully,’
says the Lord, ‘to bring
no burden through the gates of this city on the Sabbath day, but hallow
the Sabbath day, to do no work in it, 25 then shall enter the gates of this city kings and
princes sitting on the throne of David, riding in chariots and on horses, they
and their princes, accompanied by the men of Judah and the inhabitants of
Jerusalem; and this city shall remain forever...” What was the
condition for the city to remain forever? If they kept the Sabbath day and
hallowed the Sabbath day. But what if they didn't? Notice verse 27, “… 27 ‘But if
you will not heed Me to hallow the Sabbath day,… then I will kindle a fire
in its gates, and it shall devour the palaces of Jerusalem, and it shall
not be quenched.’…”
What was the main
reason for the desolation of Jerusalem? The trampling on the holy Sabbath.
Dengarkan baik-baik, sekarang,
apa yang dilakukan kebanyakan orang
di dalam kota? Menyembah matahari. Dan Yeremia akan memberitahu
kita bahwa alasan utama mengapa kota itu dihancurkan ialah karena mereka melanggar Sabat.
Simak Yeremia 17:24-25, lalu ayat 27, “24 ‘Dan akan terjadi, apabila
kamu sungguh-sungguh mendengarkan Aku,’ demikianlah firman TUHAN, ‘untuk tidak membawa masuk barang-barang muatan melalui pintu-pintu gerbang kota ini pada hari
Sabat, tetapi menguduskan hari Sabat, untuk
tidak melakukan pekerjaan pada hari itu, 25 maka akan masuk melalui pintu-pintu gerbang kota ini raja-raja dan
pangeran-pangeran, yang duduk di atas takhta
Daud, dengan mengendarai kereta-kereta dan kuda-kuda, mereka dan pangeran-pangeran mereka, didampingi oleh orang-orang Yehuda dan penduduk Yerusalem; dan kota
ini akan tetap ada untuk selama-lamanya…” Apa syaratnya kota itu tetap tinggal selamanya? Jika
mereka memelihara hari Sabat dan menguduskan hari Sababt. Tetapi bagaimana
kalau tidak? Simak ayat 27, “…27 Tetapi apabila kamu tidak mau menurut Aku untuk menguduskan hari Sabat, …. maka Aku akan menyalakan api di pintu-pintu
gerbangnya, dan api itu akan memakan habis istana-istana Yerusalem, dan api itu tidak akan dipadamkan.’…"
Apa alasan
utama penelantaran Yerusalem? Diinjak-injaknya Sabat yang kudus.
The prophet
Ezekiel ~ shortly after the ministry of Jeremiah ~ emphasized the extreme
importance of the Sabbath as the sign between God and His people. In Ezekiel
20:12 and also verse 20, we're told that
the Sabbath was a sign between God and Israel, to remind them that He was the
only true God. It says there, “12 Moreover I also gave them My Sabbaths,
to be a sign between them and Me, that they might know that I am the Lord who sanctifies them…” And
verse 20 says, “ 20 hallow My Sabbaths…” that means keep the Sabbath holy
“…and they will be a sign between Me and you, that you may know that
I am the Lord your God.’…” So the Sabbath was the sign that
distinguished Israel from the surrounding nations. It was the mark of distinction, if you please, between Israel and the
pagan nations. The pagan nations worshiped the sun. God's people kept the Sabbath in honor
of the Creator. In between these two verses, in between Ezekiel 20:12
and verse 20 ~ and we don't have time to read it ~ you're going to find that constantly God
tells them, “You disregarded the
Sabbath!” In spite of God's admonition to the people through Ezekiel, they
continued trampling upon God's holy Sabbath. And finally the Babylonian armies
came to Jerusalem, destroyed the temple, and the city, as Ezekiel had promised (Ezekiel 8:17;
9:5-7; 2 Chronicles 36:17-21). This, however, did not mark the end of Israel's history. By the way, when the destruction
came, was everybody in the city killed? Who only was spared when the desolation
came? Only those who observed God's holy Sabbath, who sighed and cried
because the sun god was being worshipped. Is that clear? Critically important.
However, this destruction of Jerusalem is not the end of Israel's history.
Nabi Yehezkiel ~ tidak lama
setelah ministri Yeremia ~ menekankan betapa sangat pentingnya Sabat sebagai tanda antara Allah
dengan umatNya. Di Yehezkiel 20:12 dan juga ayat 20, kita
mendapat tahu bahwa Sabat adalah tanda antara Allah dengan Israel, untuk
mengingatkan mereka bahwa Dia adalah satu-satunya Allah yang benar. Dikatakan
di sana, “12 Selain itu, Aku juga
memberikan kepada mereka hari-hari Sabat-Ku untuk
menjadi pertanda di antara Aku dan
mereka, supaya mereka boleh tahu bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka…” Dan ayat 20
berkata, “…20 Kuduskanlah
hari-hari Sabat-Ku…” itu berarti peliharalah kekudusan hari Sabat, “…dan itu
menjadi tanda di antara Aku dan kamu, supaya
kamu boleh tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.’
…”
Jadi Sabat
adalah tanda yang membedakan antara Israel dengan bangsa-bangsa yang
mengelilinginya. Itu adalah tanda yang membedakan, katakanlah
demikian, antara Israel dan bangsa-bangsa penyembah berhala. Bangsa-bangsa
pagan menyembah matahari. Umat Allah memelihara Sabat untuk menghormati Sang Pencipta.
Di antara kedua ayat itu, antara Yehezkiel 20:12 dan ayat 20 ~ dan kita tidak
punya waktu untuk membacanya ~ kalian akan menemukan bahwa Allah terus-menerus
menegur mereka, “Kamu telah melanggar Sabat!”. Walaupun ada teguran Allah kepada bangsa itu melalui
Yehezkiel, mereka terus saja menginjak-injak Sabat kudus Allah. Dan akhirnya
pasukan Babilon datang ke Yerusalem, menghancurkan Bait Sucinya, dan kotanya,
seperti yang dijanjikan Yehezkiel (Yehezkiel 8:17; 9:5-7; 2 Tawarikh
36:17-21). Namun, ini bukanlah tanda berakhirnya sejarah Israel.
Nah, ketika penghancuran itu datang,
apakah semua orang di dalam kota terbunuh? Hanya siapa yang lolos ketika penelantaran itu datang?
Hanya mereka yang memelihara
Sabat kudus Allah, yang berkeluhkesah dan meratap karena
disembahnya dewa matahari. Apakah ini jelas? Sangat
penting. Namun, penghancuran Yerusalem ini bukanlah akhir dari sejarah Israel.
At the end of
Jeremiah's 70-year prophecy ~ you see, they went to Babylon captive for 70
years ~ Cyrus, Darius, and Artaxerxes,
gave decrees to rebuild and restore Jerusalem's temple, city, walls, and civil
and religious order (Daniel
9:25; 2 Chronicles 36:22, 23). God gave Israel another opportunity to redeem
their past failures. So after the 70 years, they go back, they rebuild
the temple, they rebuild the walls, they rebuild the city, and they
re-establish their civil order and their religious order. God says, “I’m going to give you another chance.”
Di akhir nubuatan 70 tahunnya Yeremia ~ kalian lihat,
mereka ditawan di Babilon selama 70 tahun ~ Koresh, Darius dan Artahsasta,
mengeluarkan titah untuk membangun kembali dan memulihkan Bait Suci Yerusalem,
kotanya, dinding-dindingnya, dan tatanan sipil dan relijiusnya (Daniel 9:25; 2 Tawarikh 36:22, 23). Allah memberi Israel kesempatan lagi untuk memperbaiki
kesalahan-kesalahan mereka yang lampau. Maka setelah 70 tahun
tersebut, mereka kembali ke Yerusalem, mereka membangun kembali Bait Sucinya,
mereka membangun kembali dinding-dindingnya, mereka membangun kembali kotanya,
dan mereka menegakkan kembali tatanan sipil dan tatanan relijiusnya. Allah
berkata, “Aku akan memberi kamu kesempatan yang lain.”
The prophecy of Daniel 9:25-27 foretold
that after the rebuilding and restoration of Jerusalem, the city would be
destroyed again. Are you catching the picture? After
the captivity, everything was restored, but God said in Daniel 9 that after the
490 years, after the 70 weeks, the city of Jerusalem was going to be destroyed
again. That's important. Notably the second destruction of the city is described
with the words “abomination” and “desolation” (Matthew 24:15; Luke 21:20). My, my, how interesting, words that
we found in connection with the first destruction of Jerusalem.
Nubuatan Daniel
9:25-27 memberitahukan bahwa setelah dibangunnya kembali dan restorasi
Yerusalem, kota itu akan dihancurkan lagi. Apakah kalian menangkap
gambarnya? Setelah penawanan, semuanya dipulihkan, tetapi di Daniel 9 Allah
berkata bahwa setelah 490 tahun, setelah habis masa 70 minggu, kota Yerusalem
akan dihancurkan lagi. Ini penting. Terutama bahwa penghancuran kedua kalinya kota tersebut digambarkan
dengan kata-kata “kekejian” dan “penelantaran” (Matthew 24:15; Luke 21:20). Astaga, betapa menariknya, kata-kata yang kita temukan
sehubungan dengan penghancuran pertama Yerusalem.
“15
Jadi apabila kamu melihat ‘Kekejian
Yang Menelantarkan’ ~ yang disebut
oleh nabi Daniel ~ berdiri di tempat kudus –- barangsiapa yang membaca
hendaklah dia mengerti.” (Matius 24:15)
“20 Tetapi apabila
kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa penelantarannya sudah dekat.” (Lukas 21:20)
After the Babylonian
captivity, the Israelites went back to their land, and rebuilt the temple, the
city, the walls, and restored their civil and religious order. The glory
of the second temple was not even a shadow of the glory of the temple that Solomon
built, yet strangely ~ this is really strange ~ yet strangely God foretold
in Haggai that this second temple would be more glorious than the first.
In other words, the rebuilt temple after the captivity was going to be more
glorious than the temple built by Solomon (Haggai 2:1-9). The Jews to this day are still trying to explain how this prophecy was
ever fulfilled.
The Romans
destroyed the second temple in the year 70 AD, and even after Herod's 46 years remodeling project of the temple, it never
came close to reaching the glory of the temple built by Solomon. Did Haggai's
prophecy fail? Absolutely not! The second temple was more glorious than the
first because
Jesus in person walked and talked in its courts.
Setelah penawanan Babilon, bangsa Israel kembali ke tanah
mereka, dan membangun kembali Bait Suci, kotanya, dinding-dindingnya, dan
memulihkan tatanan sipil dan relijius mereka. Kemuliaan Bait Suci yang kedua ini bahkan kalah dari bayangan
kemuliaan Bait Suci yang dibangun Salomo, namun anehnya ~ ini benar-benar
aneh ~ namun anehnya di
Hagai Allah sudah memberitahu lebih dahulu bahwa Bait Suci yang kedua ini akan
lebih mulia daripada yang pertama. Dengan kata lain, Bait Suci
yang dibangun kembali setelah penawanan Babilon, akan lebih mulia daripada Bait
Suci yang dibangun Salomo (Haggai 2:1-9). Orang-orang Yahudi sampai hari ini masih berusaha
menjelaskan bagaimana nubuatan ini pernah digenapi. Bangsa Roma telah
menghancurkan Bait Suci yang kedua di tahun 70 AD, dan walaupun setelah Herodes melakukan proyek renovasi Bait Suci selama 46 tahun, bangunan itu
tidak pernah bisa mendekati kemuliaan Bait Suci yang dibangun Salomo. Apakah
nubuatan di Hagai gagal? Tentu saja tidak! Bait Suci yang kedua itu lebih mulia
daripada yang pertama karena
Yesus secara pribadi telah berjalan dan berbicara di sana.
John 1:14 employs two technical terms to
describe the coming of Jesus. It says there that
ü “Jesus tabernacled” ~ that's a good translation ~ “He tabernacled”
or “He dwelt among
us…”
ü “…and we beheld His glory.”
Jesus was the Shekinah that came and ministered in this second temple.
Both of these
are sanctuary concepts.
Yohanes 1:14
memakai dua istilah teknis untuk menggambarkan kedatangan Yesus. Dikatakan
bahwa:
ü Yesus “bertabernakel” ~ ini terjemahan
yang bagus, “Dia bertabernakel” atau Dia “diam di
antara kita”
ü “…dan kita telah melihat kemuliaan-Nya,”
Yesus-lah Sang Shekinah yang datang dan melayani di Bait Suci yang kedua
ini.
Keduanya ini adalah
konsep Bait Suci.
Sadly, however,
Jesus “ 11… came
unto His own, and His own received Him not.”. Once again Israel had fallen into open
apostasy. Most of their guilt was at the door of whom? The religious leaders of
the nation, the priests, the scribes, and the elders.
And you know,
Ellen White has a statement in Desire of Ages
where she says that if the religious leaders had not interposed, the world
would have seen the greatest revival in its history, as a result of Jesus being
present with the Jewish nation. But the leaders actually led the people to
reject Jesus Christ. Of course that's not going to happen at the end.
Namun, yang menyedihkan, Yesus “11
… datang kepada milik-Nya Sendiri, tetapi milikNya Sendiri tidak menerima-Nya.” (Yohanes 1:11). Sekali lagi Israel telah jatuh ke dalam
kemurtadan yang terbuka. Kebanyakan kesalahan mereka terletak di mana? Pada
para pemimpin rohani bangsa itu, imam-imamnya, ahli-ahli Tauratnya, tua-tuanya.
Dan kalian tahu, Ellen
White punya sebuah pernyataan di Desire of Ages di mana dia berkata
bahwa andaikan para pemimpin rohani tidak mengacaukannya, dunia akan melihat
sebuah kebangunan rohani terbesar dalam sejarah, dari hasil Yesus hadir bersama
bangsa Israel. Tetapi para pemimpin malah menuntun umat untuk menolak Yesus
Kristus. Tentu saja itu tidak
akan terjadi pada akhir masa.
The greatest
conflicts of Jesus with the religious leaders ~ now notice this ~ the
greatest conflict of Jesus with the religious leaders involved what? The Sabbath.
Jesus had the greatest controversies with the religious leaders over the issue
of the Sabbath. Now listen up. The religious leaders had created a counterfeit
Sabbath. Remember, we studied this. Was the Sabbath of the Jews the Sabbath of the
Lord? No! They had created a counterfeit Sabbath, based on human tradition.
They kept the right day but in the wrong way. They strictly enforced their
Sabbath, while they rejected the Lord of the Sabbath. They enforced their own stringent
Sabbath Laws, but did not experience true Sabbath rest in Christ. For
this reason, Jesus invited all to come to Him, to receive rest.
Konflik terbesar antara Yesus dengan para pemimpin rohani
~ sekarang perhatikan ini ~ konflik
terbesar antara Yesus dengan para pemimpin rohani itu tentang
apa? Sabat. Yesus punya
konflik terbesar dengan para pemimpin rohani mengenai isu Sabat. Sekarang
dengarkan. Para pemimpin rohani telah menciptakan sebuah Sabat palsu, ingat
kita sudah mempelajari ini. Apakah Sabat orang
Yahudi itu Sabat Tuhan? Tidak! Mereka telah menciptakan sebuah Sabat palsu, berdasarkan tradisi
manusia. Mereka memelihara hari yang benar tetapi dengan cara
yang salah. Mereka menjalankan Sabat mereka dengan ketat sementara mereka
menolak Tuhannya Sabat. Mereka
menjalankan hukum-hukum Sabat mereka sendiri yang kaku, tetapi tidak mengalami
perhentian Sabat dalam Kristus. Karena alasan ini, Yesus
mengundang semua untuk datang kepadaNya untuk menerima perhentian (Matius 11:28).
Just as the
religious leaders rejected the witness of Jeremiah and other messengers before
the first destruction of Jerusalem, the leaders opposed Christ at every step of
the way, until there was no remedy.
And by the way,
because the religious leaders assumed that Jesus was breaking their Sabbath,
they laid plans to kill Him. Is that going to happen again? Yes.
Sebagaimana para pemimpin rohani menolak kesaksian
Yeremia dan utusan-utusan lain sebelum penghancuran pertama Yerusalem, para
pemimpin rohani juga menentang Kristus di setiap langkahNya, hingga tidak bisa
lagi diperbaiki.
Dan ketahuilah, karena para pemimpin rohani berasumsi
bahwa Yesus telah melanggar Sabat mereka, mereka membuat rencana untuk membunuhNya.
Apakah ini akan terjadi lagi? Ya.
As Jesus
approached Jerusalem from the east, He announced the destruction of the city. This
is in Luke 19:41-44, where you read it yesterday. Why was the city going to be
destroyed? Because she did not know the hour of her visitation (Luke 19:41-44).
Ketika Yesus memasuki Yerusalem dari timur, Dia
mengumumkan akan dihancurkannya kota itu. Ini ada di Lukas 19:41-44 yang sudah
kalian baca kemarin. Mengapa kota itu akan dihancurkan? Karena dia tahu tahu
saatnya dia diberi kesempatan (Lukas 19:41-44).
He then entered
the temple and cast out the money changers. At this point Jesus referred to the
temple as what? As the temple of God and He referred to it as “My house” (Matthew 21:12-13). For several days Jesus then proceeded to
make a final call to the leaders to receive Him as the Messiah, and He did this
in the confines of the temple. However, His invitation fell on deaf ears (Matthew 21-23). Significantly Jesus used many of the very
words of 2 Chronicles 36:15 to 17 where we find a description of the repeated
warnings that God sent to Israel before the captivity.
Dia lalu masuk ke Bait Suci dan mengusir para penukar
uang. Saat itu Yesus menyebut Bait Suci itu apa? Sebagai Bait Suci
Allah, dan Dia menyebutnya sebagai “RumahKu” (Matius
21:12-13). Lalu selama
beberapa hari Yesus terus menyampaikan panggilan terakhir kepada para pemimpin
rohani agar menerimaNya sebagai Sang Messias, dan Dia melakukan ini di dalam
kompleks Bait Suci. Namun undanganNya tidak digubris (Matius
21-23). Secara
signifikan Yesus menggunakan banyak kata-kata dari 2 Tawarikh 36:15-17 di mana
kita dapatkan sebuah deskripsi dari peringatan demi peringatan yang dikirimkan
Allah kepada Israel sebelum penawanan Babilon.
“15 Dan TUHAN, Allah nenek moyang mereka, mengirim peringatan-peringatan melalui
utusan-utusan-Nya, tanpa menunda-nunda waktu,
dan mengirim utusan-utusaNya, karena Ia sayang kepada umat-Nya dan tempat
kediaman-Nya. 16 Tetapi mereka mengolok-olok utusan-utusan Allah
itu, memandang rendah segala firman-Nya, dan
mengejek nabi-nabi-Nya sehingga murka TUHAN
bangkit terhadap umat-Nya, sampai tidak ada penangkalnya lagi. 17 Oleh karena itu, TUHAN mendatangkan raja orang Kasdim untuk melawan mereka; yang membunuh teruna-teruna mereka dengan pedang dalam rumah kudus
mereka, dan tidak punya belas kasihan pada
teruna maupun gadis, pada yang tua atau yang lemah.
TUHAN menyerahkan mereka semua ke dalam
tangannya.” (2 Tawarikh 36:15-17)
And now notice. As
Jesus left the temple for the last time the Shekinah now is going to what? The
Shekinah is going to leave the second temple, He pronounced the chilling words “Behold, your house is left unto you
desolate.” ( Matthew 23:38). The Shekinah left the temple. The living Shekinah left the temple and
it was no longer His house or the temple of God. The desolation of the
city and the temple was to follow. Are you starting to catch an interesting
picture here? This is a repetition of what happened with the first destruction
of Jerusalem.
Dan sekarang simak. Ketika Yesus meninggalkan Bait Suci
untuk terakhir kalinya, Sang Shekinah sekarang akan apa? Sang Shekinah akan
meninggalkan Bait Suci yang kedua, Dia mengumumkan kata-kata yang mengerikan ini, “38 Lihatlah!
Rumahmu telah
ditinggalkan kepadamu terlantar.” (Matius 23:38). Sang Shekinah meninggalkan Bait Suci. Sang Shekinah yang hidup
meninggalkan Bait Suci, dan itu tidak lagi diakui sebagai rumahNya, atau pun
Bait Suci Allah. Penelantaran kota itu dan Bait Sucinya akan
menyusul. Apakah kalian mulai menangkap gambar yang menarik di sini? Ini
merupakan pengulangan dari apa yang terjadi pada penghancuran Yerusalem yang
pertama.
Upon leaving the
temple for the last time, Jesus went and sat on the Mount of Olives where
He what? Hmm, interesting. In the Old Testament that Shekinah kind of left
the temple, went to the Mount of Olives, and lingered. So Jesus lingered for a
while with His disciples where He told them that Jerusalem would be
desolated, and the temple would be destroyed (Matthew 24:1-3). The Shekinah glory in Person had left the
temple for the last time, and Jerusalem had no protection against her enemies.
Some 40 years later the Romans came against the city and did what the
Babylonians had done some 600 years before. Once again apostasy led to the ruin of Jerusalem.
Setelah
meninggalkan Bait Suci untuk terakhir kalinya, Yesus pergi dan duduk di Bukit
Zaitun di mana Dia
apa? Hmm, menarik. Di Perjanjian Lama
Shekinah meninggalkan Bait Suci, pergi ke Bukit Zaitun, dan berhenti sejenak di
sana. Maka
Yesus juga berhenti sejenak di sana bersama murid-muridNya, di
mana Dia lalu memberitahu mereka bahwa Yerusalem akan ditelantarkan, dan Bait Suci akan dihancurkan (Matius 24:1-3). Kemuliaan Shekinah secara Pribadi, telah meninggalkan
Bait Suci untuk terakhir kalinya, dan Yerusalem tidak lagi punya perlindungan
dari para musuhnya. Sekitar 40 tahun kemudian bangsa Roma datang menyerang kota
itu dan melakukan apa yang dilakukan bangsa Babilon sekitar 600 tahun
sebelumnya. Sekali lagi kemurtadan
mengakibatkan kehancuran Yerusalem.
And there was
no decree to rebuild the city once more. The Hebrew Theocracy had come
to an end forever. See, after the first destruction, was there a prophecy that
said that the city was going to be rebuilt, and God is going to give them
another chance? Yes!
Is there
anything like that after the destruction of the second temple? There's no time prophecy
saying that it is going to be rebuilt.
So this idea of the evangelicals today that the Old Testament prophecies say:
ü that Jerusalem
is going to be the center of end time events,
ü and the third
temple is going to be built,
ü and you know, Jesus is going to be there with the Jews, and so on,
that is a counterfeit prophecy, that
is false prophecy that is being
panned off as true prophecy.
Dan tidak
ada titah untuk membangun kembali kota tersebut sekali lagi.
Theokrasi Ibrani sudah berakhir untuk selamanya. Lihat, setelah penghancuran
yang pertama, apakah ada nubuatan yang mengatakan bahwa kota itu akan dibangun
lagi, dan Allah akan memberi mereka kesempatan yang lain? Ya! Apakah ada yang
seperti ini setelah
penghancuran Bait Suci yang kecua? Tidak ada nubuatan waktu yang mengatakan
bahwa Bait Suci akan dibangun kembali.
Maka konsep ini yang digagas para evangelis hari ini bahwa nubuatan-nubuatan Perjanjian
Lama mengatakan:
ü bahwa Yerusalem akan
menjadi pusat peristiwa-peristiwa akhir zaman,
ü dan Bait Suci ketiga
akan dibangun,
ü dan kalian tahu, bahwa Yesus akan ada di sana bersama orang-orang Yahudi, dst. dst.
itu adalah
nubuatan palsu, itu nubuatan sesat yang disodorkan sebagai nubuatan yang benar.
Now let us turn
to the profound words of Jesus in Matthew 24:15. Before we go there however
let's get a little historical context. The first 14 verses of Matthew 24 describe in vivid detail what took
place between the ascension of Jesus and the destruction of Jerusalem. So these
verses actually describe a period of 39 years. Space won't allow us to detail
everything that happened within and without the city. You know you can get the
study notes for the Matthew 24 series, I
have an entire chapter there on how these verses were fulfilled, leading up to
the destruction of Jerusalem. And how these will be global at the end of time
in the second application.
Sekarang mari kita beralih ke kata-kata Yesus yang punya
arti yang dalam di Matius 24:15. Namun sebelum kita ke sana, mari kita simak
konteks sejarahnya sedikit. 14 ayat pertama Matius pasal 24 menggambarkan dalam
warna yang hidup apa yang terjadi antara kenaikan Yesus dan kehancuran Yerusalem.
Jadi ayat-ayat itu sesungguhnya menggambarkan suatu periode selama 39 tahun.
Keterbatasan tempat tidak mengizinkan kita untuk mendetail semua yang terjadi
di dalam dan di luar kota. Kalian tahu, kalian bisa mendapatkan makalah seri
“Matius 24”, saya telah membuat satu bab penuh di sana mengenai bagaimana
ayat-ayat itu digenapi, hingga ke penghancuran Yerusalem, dan bagaimana di
aplikasi yang kedua semua itu akan menjadi global pada akhir zaman.
There were wars
and rumors of wars, false Messiahs and false christs arose, there were several
significant earthquakes, and when the Roman legions besieged Jerusalem, there
was pestilence and famine in the city (Matthew 24:6-7). See that's Matthew 24. There will
be earthquakes, and pestilence, wars, and rumors of wars, nation against nation, kingdom against kingdom, all that was fulfilled locally surrounding
Jerusalem, leading up to the destruction of Jerusalem there in the year 70.
Parents and children betrayed each other for food. Christians were betrayed by
their own families to the Jewish authorities (Luke 21:16).
Ada perang-perang, dan berita-berita tentang
perang-perang, messias-messias palsu dan kristus-kristus palsu bermunculan, ada
beberapa gempa bumi besar, dan ketika pasukan Roma mengepung Yerusalem,
terjadilah kelaparan dan wabah penyakit di dalam kota (Matius 24:6-7). Lihat, itu Matius 24. Akan
ada gempa bumi-gempa bumi, dan wabah
penyakit, perang-perang, dan kabar-kabar tentang perang, bangsa melawan bangsa,
kerajaan melawan kerajaan, semua itu sudah digenapi
secara lokal di sekitar Yerusalem, hingga ke penghancuran Yerusalem di tahun
70. Orangtua dan anak-anak saling mengkhianati demi makanan. Orang-orang
Kristen dikhianati oleh keluarga mereka sendiri kepada pejabat-pejabat Yahudi (Lukas 21:16).
The apostles
preached the gospel with power (Luke 21:12-14;
Matthew 24:14) as we find in Matthew 24:14 where it says,
“ 14 And this gospel of the kingdom will be preached in all the world as a
witness to all the nations, and then the end will come.”
Para rasul
menyampaikan injil dengan kuasa (Lukas 21:12-14;
Matius
24:14) seperti yang kita lihat di Matius 24:14 di mana
dikatakan, “14 Dan Injil
Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua
bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”
The Jewish
historian Flavius Josephus in his work Wars of
the Jews documents the calamities that befell Jerusalem as it was being
besieged by the Romans. It is no coincidence that Josephus tells us that the
book of Lamentations was again mourned by the Jews as they were being
slaughtered, and led away captive to all nations. So once again Lamentations
was sung in the second destruction of Jerusalem. Rome was considered new Babylon
(1 Peter 5:13), because it did to Jerusalem what the ancient Babylonians had done in the
past.
Sejarahwan Flavius Josephus dalam karyanya Wars of the Jews mendokumentasikan bencana-bencana yang mengenai
Yerusalem ketika sedang dikepung bangsa Roma. Bukanlah kebetulan Josephus
memberitahu kita bahwa kitab Ratapan dinyanyikan lagi sebagai perkabungan oleh
bangsa Yahudi ketika mereka sedang dibantai, dan dibawa sebagai tawanan ke
semua bangsa. Jadi sekali lagi kitab
Ratapan dinyanyikan saat penghancuran Yerusalem yang kedua. Roma dianggap
sebagai Babilon baru (1 Petrus 5:13), karena dia berbuat kepada Yerusalem sama seperti apa
yang dilakukan bangsa Babilon kuno di masa lampau.
Now notice the
cryptic words of Jesus in Matthew 24:15 and 16. He said, “15 ‘Therefore when you see the ‘abomination of desolation,’…” does that ring a bell? “abomination”, “desolation”, does it have any
connection with the first destruction? Absolutely. “…when you see…” it’s
something that they could see, “…the ‘abomination of desolation,’ spoken of by
Daniel the prophet, standing in the holy place (whoever reads, let him
understand), 16 then let those who are in Judea…” do what? “…
flee to the mountains.” What was the sign to flee? “the abomination of desolation”.
What was the
greatest abomination leading up to the first destruction of Jerusalem? What was
the
greatest abomination? It was worshiping what? The sun. What was the contrast
of the others, who were faithful within the city? They had the mark where? On
their foreheads. They were Sabbath keepers according to what we read.
Sekarang simak kata-kata Yesus
yang tersamar di Matius 24:15-16, Dia berkata, “15Jadi apabila kamu melihat ‘Kekejian Yang Menelantarkan’…” apakah ini
mengingatkan kita akan sesuatu? “kekejian”, “penelantaran”, apakah ini ada
kaitannya dengan penghancuran Yerusalem yang pertama?
Tentu saja. “…apabila kamu melihat…” itu sesuatu yang bisa mereka lihat, “…‘Kekejian
Yang Menelantarkan’ ~ yang disebut oleh nabi Daniel ~ berdiri di tempat
kudus (barangsiapa yang membaca hendaklah dia mengerti) 16 lalu
hendaknya orang-orang yang di Yudea…” berbuat apa? “…melarikan diri ke pegunungan…” Apa sinyalnya untuk lari? “Kekejian
yang menelantarkan”.
Apakah kekejian
yang terbesar yang mengakibatkan penghancuran pertama Yerusalem?
Apa kekejian yang terbesar? Yaitu
menyembah apa? Matahari.
Bagaimana kontrasnya dengan yang lain, mereka yang setia di dalam kota itu? Mereka punya meterai di mana? Di dahi mereka. Mereka
adalah pemelihara Sabat menurut apa yang sudah kita baca.
Now what did
Jesus mean by the expression “abomination of desolation”? We don't have to
guess, because the parallel verse in Luke 21:20 tells us what “the abomination
of desolation” was in the first destruction of Jerusalem. Notice Luke 21:20.
See in Matthew it says, “when
you see the ‘abomination
of desolation…. flee!”
But here in Luke
21 it says, “20 But when you see Jerusalem surrounded by armies, then know that its desolation
is
near.”
So what is the
“abomination of desolation”?
It's when the city was surrounded by what? It was surrounded by the Romans,
which were referred to as new Babylon.
Now why would
the surrounding of Jerusalem by the Roman legions lead to its desolation? Well,
let's take a look at this. As we compare
Matthew 24:15 with Luke 21:20.
By the way if
you read verse 20 of Luke 21 it immediately says, “20 But when you see Jerusalem surrounded by armies, then know that its
desolation is near. 21 Then let those who are in Judea flee…” so we know it's the same teaching.
As we compare
Matthew 24:15 and Luke 21:20, we see that the abomination precedes the desolation.
In other words, the abomination led to desolation. Jesus was referring to the
besieging of Jerusalem by the Roman legions.
Nah, apa maksud Yesus dengan ungkapan “kekejian yang
menelantarkan”? Kita tidak perlu menebak karena ayat paralelnya di Lukas 21:20
memberitahu kita bahwa “kekejian yang menelantarkan” di penghancuran pertama
Yerusalem. Simak Lukas 21:20.
Lihat, di Matius dikatakan, “15Jadi apabila kamu melihat ‘Kekejian Yang Menelantarkan’….
melarikan diri…”
Tetapi di Lukas 21 di sini dikatakan, “20
Tetapi apabila
kamu melihat- Yerusalem
dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa penelantarannya
sudah dekat…”
Jadi “kekejian
yang menelantarkan” itu apa? Itu ialah ketika kota Yerusalem dikepung oleh
apa? Dikepung oleh bangsa Roma,
yang disebut sebagai Babilon baru.
Nah, mengapa dikepungnya Yerusalem oleh pasukan Roma
mengakibatkan penelantarannya? Nah, marilah kita simak ini. Ketika kita
membandingkan Matius 24:15 dengan Lukas 21:20.
Nah, jika kalian
baca Lukas 21:20, langsung dikatakan, “20
Tetapi apabila
kamu melihat- Yerusalem
dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa penelantarannya
sudah dekat. 21 Pada waktu itu hendaknya
orang-orang yang berada di Yudea melarikan diri…” Jadi kita tahu ini
adalah ajaran yang sama.
Ketika kita membandingkan Matius 24:15 dengan Lukas
21:20, kita melihat bahwa kekejian
itu mendahului penelantaran. Dengan kata lain, kekejian itu
mengakibatkan penelantaran. Yesus mengacu kepada dikepungnya Yerusalem oleh pasukan Roma.
But what was
this abomination that led to desolation? We find the answer to this question in
the contents of the standards of the Roman legions. You see every division of
the Roman legions had a standard, and that standard had certain insignia and
inscriptions on it. Josephus tells us that whenever the Roman legions surrounded a city they
placed their standards in the ground, and they rendered them worship.
And the standards of course represented the sun god Mithra, the patron
god of the Roman legions.
Tetapi kekejian yang mengakibatkan penelantaran ini apa?
Kita menemukan jawaban kepada pertanyaan ini dalam konten panji-panji pasukan
Romawi. Kalian lihat, setiap divisi pasukan Roma punya sebuah panji, dan panji
itu punya lambang dan tulisan tertentu padanya. Josephus memberitahu kita bahwa
bilamana pasukan Romawi
mengepung sebuah kota, mereka menancapkan panji-panji mereka di atas tanah, dan
mereka sujud menyembahnya. Dan tentu saja panji-panji itu mewakili dewa matahari Mithra,
dewa pelindung pasukan Romawi.
Notice what Josephus
wrote in Wars of the Jews, “Then came the ensigns encompassing the eagle which is at the head of the Roman legion, the king, and the
strongest of all
birds, which seems to them a signal of dominion,
and an omen that they shall conquer all against whom they
march; these sacred ensigns are followed by the trumpeters” (Wars of the Jews, book
3, chapter 6 and
paragraph 2).
So notice the
interesting detail here, the Roman legions had an eagle, and it was a
signal of dominion, and an omen that they would conquer all against
those whom they marched.
Simak apa yang ditulis Josephus di Wars of the Jews, “…Lalu datanglah panji-panji dengan burung
rajawali yang berada di kepala pasukan Roma, raja dan burung yang terkuat dari
semua burung, yang bagi mereka merupakan tanda kekuasaan, dan pertanda bahwa mereka akan menaklukkan semua yang mereka datangi;
panji-panji yang dikeramatkan ini diikuti oleh peniup-peniup terompet.” (Wars of the Jews,
jilid 3, pasal 6 paragraf 2).
Jadi simak detail yang menarik di sini. Pasukan Romawi punya burung
rajawali, dan itu adalah tanda kekuasaan, suatu lambang bahwa
mereka akan menaklukkan semua yang akan mereka datangi.
The book The Great Controversy adds some very important
information. This is what it says, “When the idolatrous standards…” what kind of
standards were they? Idol. Why were they idolatrous? Because the Roman legions
rendered them what? Worship! “…When the idolatrous standards
of the Romans should be set up in the holy ground, which extended
some furlongs outside the city walls,…” see not only was
the city holy, but there was an area outside the walls that was also considered
holy. So “…When the idolatrous standards
of the Romans should be set up in the holy ground, which extended
some furlongs outside the city walls,
then the followers
of Christ were to find…”
what? “… safety in flight. When the warning sign should be seen, those who would escape must make no delay.” (Ellen G. White, The Great Controversy, p. 26)
So when the
Christians in the city saw the city surrounded by the Roman legions and they
saw the Roman legions kneel and render worship to the sun god Mithra who had
been adopted as the patron god of allegiance by Pompeii in the year 63 BC, they
were supposed to do what? They were supposed to flee, because they saw the
sign. Pictures of the Roman standards have been found in archaeological digs,
and historical records.
Buku The Great Controversy menambahkan beberapa informasi yang penting. Inilah yang
dikatakannya. “…Ketika panji-panji berhala Romawi
ditancapkan di tanah suci yang mencakup hingga beberapa furlong (1 furlong kurang lebih sekitar 201 meter) di luar tembok
kota…” lihat, bukan hanya kotanya
yang suci, tetapi ada area di luar tembok kota yang juga dianggap suci. Jadi, “…Ketika panji-panji berhala Romawi ditancapkan di tanah
suci yang mencakup hingga
beberapa furlong di luar tembok kota,
pada saat itu pengikut-pengikut Kristus harus mencari…” apa? “…selamat
dengan melarikan diri. Ketika tanda peringatan terlihat, mereka yang mau lolos harus tidak boleh menundanya.” (Ellen G. White, The Great Controversy, p. 26).
Jadi ketika orang-orang Kristen di dalam kota Yerusalem melihat kota itu
dikepung oleh pasukan Roma dan mereka melihat pasukan Roma bersujud dan
menyembah dewa matahari Mithra yang telah diangkat sebagai dewa pelindung kesetiaan oleh Pompeii di tahun 63 BC, mereka harus
berbuat apa? Mereka harus lari, karena mereka telah melihat tandanya.
Gambar-gambar panji-panji Roma ditemukan di penggalian-penggalian arkeologi dan
catatan-catatan sejarah.
Now, listen to
the details of what was on the standard. At the center of the standard is an
eagle with outstretched wings, in its talons the eagle has arrows, and
surrounding the eagle is a golden wreath, a symbol of the sun god Mithra, the
official god of the Roman legions. In worshiping the standards the legions were
really worshipping the sun god. This was the abomination, and sign of the
imminent destruction of Jerusalem.
SPOR = Senatus Populusque
Romanus
The Senate and
People of Rome
Senat dan Rakyat Roma
Nah, dengarkan detail apa yang ada pada panji itu. Di
bagian tengah panji itu ada seekor rajawali dengan sayap terentang, di cakar
rajawali itu ada anak-anak panah, dan mengelilingi rajawali itu ada lingkaran emas, simbol dari dewa matahari Mithra, dewa resmi
pasukan Romawi. Dengan menyembah panji-panji itu, sesungguhnya pasukan-pasukan
sedang menyembah dewa matahari. Inilah kekejian tersebut, dan tanda dari
penghancuran Yerusalem yang sudah dekat.
But now we need
to ask a question, how could God's people flee the city, if the city was
surrounded by the Roman legions? Is that a fair question? “When you see these Romans bow down and worship their sun standards in
honor of the sun god Mithra, flee!” How could they flee if the city was
surrounded? Ah, here comes something very interesting. The answer is again
provided by Josephus.
For some humanly
unexplained reason when Cestius Gallus ~ who was the general in the year
66, when the Roman legions first came ~ was at the point of taking the
city, everything looked like the city was going to fall, he mysteriously retreated. The
apostate Jews who had rejected the words of Jesus, went after Cestius and his
legions, thinking that God was with them, and He was going to spare the city, like the false prophets in Jerusalem had
said. And the Roman legions lost many of their soldiers when the Jews went
after them. At this point the followers of Jesus left the city, they had
seen the signal, and they fled. What is it that scared Cestius
to leave when everything looked like he was going to conquer the city? Somehow God caused a panic, so that His
people could what? So that His people having seen the sign, could flee from the
city.
In the year 70 AD Titus returned to
Jerusalem with the Roman legions, and crucified more than a million Jews, and leveled the city, and the temple.
However, those who paid heed to the warning of Jesus, fled to the mountains,
and their lives were spared. Ellen White states that not one Christian perished
in the destruction of Jerusalem. Were they protected like in the Old Testament,
those who sighed and cried? Absolutely!
Tetapi sekarang kita harus mengajukan sebuah pertanyaan.
Bagaimana umat Allah bisa lari meninggalkan kota Yerusalem jika kota itu sudah
dikepung pasukan Roma? Apakah ini pertanyaan yang wajar? “Bila kamu melihat orang-orang Roma ini sujud dan
menyembah panji matahari mereka sebagai penghormatan kepada dewa matahari
Mithra, larilah!” (itu perintahnya). Bagaimana
mereka bisa lari jika kota itu sudah dikepung? Ahh, sekarang ini sesuatu yang
sangat menarik. Jawabannya kembali diberikan oleh Josephus.
Karena alasan yang tidak bisa dijelaskan secara
manusiawi, ketika Cestius Gallus
~ yang di tahun 66 AD itu
adalah jenderalya, saat pasukan Roma pertama datang ~ sedang akan merebut kota
itu, dan segalanya tampak sepertinya kota itu akan segera jatuh, secara misterius
Cestius malah menarik pasukannya.
Orang-orang Yahudi yang murtad, yang tidak menerima kata-kata Yesus, pergi
mengejar Cestius dan pasukannya, mengira bahwa Allah menyertai mereka, dan Dia
akan menyelamatkan kota itu seperti yang dikatakan para nabi palsu di
Yerusalem. Dan saat itu pasukan Roma kehilangan banyak anggotanya ketika
orang-orang Yahudi mengejar mereka. Pada
saat itulah para pengikut Yesus meninggalkan kota, mereka sudah
melihat tandanya, dan mereka
lari. Apa yang telah membuat Cestius takut sehingga mundur
ketika segalanya tampak sepertinya dia bisa menaklukkan kota itu? Entah
bagaimana Allah telah menimbulkan kepanikan, supaya umatNya bisa apa?
Supaya umatNya yang sudah melihat tandanya, bisa lari keluar dari kota itu.
Di tahun
70 AD, Titus kembali ke Yerusalem dengan pasukan Romawi dan menyalibkan lebih
dari satu juta orang Yahudi, meratakan kota itu dan Bait
Sucinya. Namun, orang-orang yang menuruti peringatan
Yesus, sudah lari ke gunung-gunung, dan hidup mereka diselamatkan. Ellen White
menyatakan bahwa tidak satu orang Kristen pun yang binasa saat Yerusalem
dihancurkan. Apakah mereka dilindungi seperti di zaman Perjanjian Lama,
orang-orang yang berkeluh kesah dan meratap? Tentu saja!
One final
important point. You know, evangelists read that verse “pray that your flight not be in winter or
on the Sabbath day” and they say
that means that 40 years after Christ came to this earth, the Sabbath was still
being kept. 40 years after Jesus ascended to heaven, the Sabbath was still
being kept because Jesus said to His followers, “When that time comes, when the city is destroyed, pray that your flight
from the city before it's destroyed is not in winter or on the Sabbath day.”
But now in the context that we've been studying, this is very significant because it
tells us that the faithful in the city were keeping the Sabbath. Are
you understanding the importance of the context? Those who were spared were
what? Were Sabbath keepers.
Satu poin penting terakhir. Kalian tahu ketika para
evangelis membaca ayat ini, “20
Dan berdoalah, supaya pelarianmu tidak
jatuh pada musim dingin maupun pada hari
Sabat” (Matius 24:20), mereka berkata, itu artinya hanyalah bahwa 40 tahun setelah Kristus hadir di dunia ini, Sabat masih
dipelihara, 40 tahun setelah Yesus kembali ke Surga, Sabat masih dipelihara
karena Yesus berkata kepada pengikut-pengikutNya, “Bila saatnya
tiba, bila kota ini dihancurkan, berdoalah agar waktu pelarianmu dari kota
sebelum kehancurannya itu tidak di musim dingin atau pada hari Sabat.” Tetapi sekarang dalam konteks yang kita
pelajari,
ini sangat signifikan
karena ini memberitahu kita bahwa orang-orang setia di dalam kota itu adalah
pemelihara Sabat. Apakah kalian mengerti pentingnya konteks ini?
Mereka yang diselamatkan
adalah apa? Adalah para
pemelihara Sabat.
Now let's notice
the final fulfillment of this story. On the Mount of Olives, the disciples had asked
Jesus, when the destruction of Jerusalem would take place, but they also asked
another question, and “what will be
the sign of your coming and of the end of the age?”
So they asked two questions:
1. when will these things be? When will the
temple be destroyed and the city,
2. and what sign will be of the end of the age
and the destruction of the world.
The disciples believed that the destruction
of the temple and the coming of the Messiah would coincide. However, Jesus
explained that what happened leading up to the destruction of Jerusalem foreshadowed what
would happen shortly before His second coming. In other words, there's two
fulfillments to the prophecy of Matthew 24:
ü a partial fulfillment with the literal Jews, literal Jerusalem
ü and a fuller fulfillment, global fulfillment, with spiritual Jews and
spiritual Jerusalem.
Nah, mari kita simak penggenapan terakhir dari kisah ini.
Di atas Bukit Zaitun, para murid bertanya kepada Yesus, kapan penghancuran
Yerusalem akan terjadi, tetapi mereka juga mengajukan pertanyaan yang lain,
yaitu, “apakah yang akan menjadi tanda kedatangan-Mu dan tanda
kesudahan dunia?” (Matius 24:3)
Jadi mereka
mengajukan dua pertanyaan:
1.
Kapan hal-hal itu akan terjadi, kapan Bait Suci dan kota
Yerusalem akan dihancurkan,
2.
Dan apa tanda akhir zaman dan dan penghancuran dunia.
Para murid
meyakini bahwa penghancuran Bait Suci dan kedatangan Sang Messias akan terjadi
berbarengan. Namun Yesus menjelaskan bahwa apa
yang terjadi hingga penghancuran Yerusalem itu adalah bayangan awal dari apa
yang akan terjadi tidak lama sebelum kedatanganNya yang kedua.
Dengan kata lain, ada dua penggenapan
untuk nubuatan di Matius 24:
ü Penggenapan sebagian dengan
Yahudi literal dan Yerusalem literal,
ü dan penggenapan yang lebih menyeluruh,
penggenapan yang global dengan Yahudi rohani dan Yerusalem rohani.
Let's take a few moments to examine the end
time fulfillment of Matthew 24:15. We must remember that the final fulfillment of this prophecy
will not be with literal Israel in the Middle East but with
spiritual Israel on a worldwide scale. We've already studied this principle. The
final fulfillment has nothing to do with the literal Jews, in literal Israel, in
literal Jerusalem. The book of Revelation picks up on what we studied from
Ezekiel describing a harlot.
ü Does Revelation chapter 17 speak of a harlot? Yes.
ü Is she decked with gold and silver and precious stones? Yes. (Revelation
17:1, 4)
ü Does she fornicate with the kings of the earth? Yes. (Revelation 17:2)
ü Is she seated upon seven hills?
ü and have children who do her bidding because she is described as a mother? Yes.
(Revelation
17:5)
ü Is there a cup in her hand with which she gives wine of abominations to the
nations? Yes. (Revelation 17:4)
ü Does Revelation 17 say that the harlot is going to be made desolate, and is
going to be destroyed? Yes. (Revelation 17:16)
One cannot miss, that this terminology is strikingly similar to the
description that we studied from the book of Ezekiel (Ezekiel chapters
7-11, 16, 23). This must mean that the harlot of Revelation 17 does not
represent a pagan nation, but it must represent an apostate what? Christian
church. When God said that Israel was a harlot, was He referring to
some pagan nation somewhere? No! He was saying that His own people had become a
harlot. So in the end time this harlot must represent apostate Christianity.
Mari kita
ambil waktu sedikit untuk memeriksa penggenapan akhir zaman dari Matius
24:15. Harus kita ingat penggenapan
terakhir nubuatan ini tidak akan
terjadi dengan Israel literal di Timur Tengah, melainkan dengan Israel rohani pada skala
yang mendunia. Kita sudah mempelajari prinsip ini. Penggenapan
terakhir tidak ada kaitannya dengan Yahudi literal, di Israel literal, di
Yerusalem literal. Kitab Wahyu melanjutkan apa yang sudah kita pelajari dari
Yehezkiel yang menggambarkan seorang perempuan pelacur (sundal).
ü Apakah Wahyu pasal 17 bicara
tentang seorang perempuan pelacur? Ya.
ü Apakah perempuan itu
berhiaskan emas dan perak dan permata mulia? Ya. (Wahyu 17:1, 4).
ü Apakah dia berzinah dengan
raja-raja bumi? Ya. (Wahyu 17:2).
ü Apakah dia duduk di atas tujuh
gunung?
ü dan punya anak-anak yang
melakukan perintahnya karena dia digambarkan sebagai seorang ibu? Ya. (Wahyu 17:5).
ü Apakah ada cawan di tangannya
dengan mana dia memberikan anggur kekejiannya kepada bangsa-bangsa? Ya. (Wahyu 17:4).
ü Apakah Wahyu 17 mengatakan
bahwa perempuan pelacur itu akan dijadikan terlantar, dan akan dimusnahkan? Ya.
(Wahyu 17:16).
Tidak mungkin terlewatkan, istilah ini sangat mirip
dengan deskripsi yang telah kita pelajari di kitab Yehezkiel (pasal 7-11, 16,
23). Tentunya ini berarti bahwa perempuan
pelacur Wahyu 17 tidak mewakili bangsa penyembah berhala,
melainkan pasti mewakili
apa yang murtad? Gereja Kristen yang
murtad. Ketika Allah berkata bahwa Israel adalah seorang
pelacur, apakah Dia mengacu ke bangsa pagan entah di mana? Tidak! Dia
mengatakan umatNya sendiri yang telah menjadi pelacur. Maka di akhir masa, perempuan
pelacur ini pasti mewakili Kekristenan murtad.
Now before the
harlot is destroyed and made desolate because of her abominations, God will
seal His faithful children on the forehead, to separate them from those who
have the mark of the Beast, and will be destroyed (Revelation 7:1-3). Have you ever read Revelation 7 where it says that before the destruction
there's going to be a mark placed on the forehead, a sign on the forehead, of
those who sigh and cry because of the abominations? This sealing reminds us of
the sealing that took place when the religious leaders in Jerusalem were
worshiping the sun, just before the destruction of Jerusalem by the
Babylonians, in the days of Ezekiel. As in the time of Ezekiel, the final
destruction will come from where? From the four corners of the earth (Revelation 7:1). There's four angels holding the winds, right? In the book of Revelation.
Nah, sebelum perempuan pelacur itu dibinasakan dan dibuat
terlantar karena kekejian-kekejiannya, Allah
akan memeteraikan anak-anakNya yang setia di dahi mereka, untuk memisahkan
mereka dari orang-orang yang punya tanda Binatang dan akan
dibinasakan (Wahyu 7:1-3). Apakah kalian pernah membaca Wahyu 7 di mana dikatakan
bahwa sebelum penghancuran itu akan ada tanda yang ditempatkan di dahi, meterai
di dahi mereka yang berkeluh kesah dan meratap karena kekejian-kekejian yang
ada? Pemeteraian ini mengingatkan kita kepada pemeteraian yang terjadi ketika
para pemimpin rohani Yerusalem sedang menyembah matahari, tepat sebelum
dihancurkannya Yerusalem oleh bangsa Babilon di zaman Yehezkiel. Sebagaimana di
zaman Yehezkiel, penghancuran
terakhir akan datang dari mana? Dari keempat penjuru dunia (Wahyu 7:1). Ada empat malaikat yang sedang menahan angin, benar? Di
kitab Wahyu.
God will send a
message, according to this, God will send a message calling the world to
worship whom? The Creator (Revelation 14:7). And of course the sign of the Creator is what? The Sabbath (Exodus 20:8-11, 12, 20). God's
end time people will be Sabbath-keepers. The question is, who is in
contrast to Sabbath- keepers in spiritual Jerusalem? In both destructions of
Jerusalem, the apostates are identified as sun-worshipers.
Will Christians
in the end time be worshipping the literal sun? No! The devil's not dumb enough
to try and convince Christians to bow before the sun. They know that this would
be idolatry. So what does the abomination of desolation mean in the end time?
Allah akan mengirimkan pesan, menurut ini, Allah akan
mengirikan pesan, memanggil dunia untuk menyembah siapa? Sang Pencipta (Wahyu 14:7). Dan tentu saja tanda dari Sang Khalik adalah apa? Sabat
(Keluaran 20:8-11, 12, 20). Umat Allah akhir zaman adalah para pemelihara Sabat.
Pertanyaannya ialah siapa yang kontras dengan para pemelihara Sabat
di Yerusalem rohani? Di kedua penghancuran Yerusalem, mereka yang murtad diidentifikasi sebagai pemuja matahari.
Apakah orang-orang Kristen di akhir zaman akan menyembah
matahari literal? Tidak! Iblis tidak sebodoh itu mencoba meyakinkan orang
Kristen untuk sujud kepada matahari. Mereka tahu bahwa itu adalah penyembahan berhala.
Jadi apa artinya kekejian yang menelantarkan pada akhir zaman?
Just a little history first. It is well
documented that there is a direct connection between ancient Rome, papal Rome, and the
United States.
Ø Ancient Rome
worshiped the literal sun god Mithra,
Ø and Roman
Catholicism adopted the day which honored the sun god, that is Sunday,
Ø and Protestants
have embraced Sunday as a day of worship from Roman Catholicism.
There's a direct
connection between ancient Rome, papal Rome, and apostate Protestantism. And it
has to do with the day of worship.
Sedikit
sejarah dulu. Terdokumentasi dengan baik bahwa ada hubungan langsung antara
Roma kuno, Roma Kepausan dan Amerika Serikat.
Ø Roma kuno menyembah dewa matahari Mithra secara literal,
Ø dan Roma Katolikisme mengadopsi hari yang menghormati
dewa matahari, yaitu hari Minggu (Sun-day),
Ø dan Protestan memeluk hari Minggu sebagai hari ibadah
dari Roma Katolikisme.
Ada hubungan langsung antara Roma kuno, Kepausan Roma,
dan Protestantisme murtad. Dan itu terkait hari ibadah.
The founding fathers of the United States
were fascinated by the government and insignia of ancient Rome. As we examined the great seal of the United States ~ by the way both sides
are found on the one dollar bill if you want to check this out ~ we immediately
detect that the founding fathers were fascinated by ancient Rome.
ü First of all, all the inscriptions on the Great Seal are in Latin in a
country that spoke English.
ü The date of the declaration of independence at the base of the pyramid is
in Roman numerals.
ü The bald eagle with the sun burst above its head is there.
ü The eagle has arrows in its talents.
ü Its wings are outspread.
ü On the obverse side or the other side of the Great Seal, there is an
unfinished pyramid
ü with an eye above it
ü and sun rays bursting forth from the eye.
It can be proved historically that the
United States adopted its insignia directly from ancient Rome.
ü The architecture in downtown Washington DC is Roman.
ü The streets are filled with monuments that honor national heroes and
commemorate historical events such as ancient Rome.
ü In fact for a time in early constitutional history of our country, the
armies were called “legions”.
ü In fact many of the flags of our early legions had an eagle with sun bursts
above its head or irradiating from its body.
ü The name of the upper chamber of Congress is the Senate, and there senators
serve.
Where does that language come from? It
comes from ancient Rome.
Para bapak pendiri negara Amerika Serikat kagum dengan pemerintahan dan lambang Roma kuno.
Saat kita memeriksa Meterai Agung Amerika Serikat (lihat pelajaran Episode 4 Studies in Matthew ~ https://smaragd842.blogspot.com/2016/01/episode-4-studies-in-matthew-stephen.html)
Meterai Agung atau lambang
kenegaraan Amerika Serikat itu adalah lambang resmi negara kita.
Dia dipasang pada semua proklamasi judisial, legislatif, dan eksekutif. Dia
mengesahkan dan mengotentifikasi semua dokumen
resmi yang berkekuatan hukum pemerintah Amerika Serikat, dan adalah meterai
resmi pada semua UU dan Peraturan Amerika Serikat.
~ nah, kedua sisi Meterai Agung itu juga ada pada uang kertas 1 dollar jika kalian mau
memeriksanya ~ maka kita segera mendeteksi bahwa bapak-bapak pendiri negeri
ini terpesona oleh Roma kuno.
ü Pertama, semua tulisan pada
Meterai Agung itu dalam bahasa Latin di negara yang berbahasa Inggris.
· E Pluribus Unum (= Out of the Many, One = Dari
Banyak menjadi Satu)
· Annuit Coeptis (= God favors our Undertakings = Tuhan Memberkati
Usaha kita)
· Novus Ordo Seclorum (= A New
World Order = Tatanan Dunia Baru)
·
MDCCLXXVI (1776)
ü Tanggal hari kemerdekaan di
dasar piramida itu dalam angka Romawi
(MDCCLXXVI = 1776).
ü Ada di sana rajawali botak
dengan sinar pancaran matahari di atas kepalanya.
ü Ada anak-anak panah di
cengkeraman cakar rajawali itu.
ü Sayapnya terentang.
ü Di bagian belakang atau sisi baliknya dari
Meterai Agung itu, ada piramida yang belum jadi
(Ziggurat).
ü Dengan satu mata di atasnya.
ü Dan pancaran sinar matahari
yang memancar dari mata itu.
Bisa dibuktikan
dari sejarah bahwa Amerika Serikat mengadopsi lambang ini langsung dari Roma
kuno.
ü Arsitektur di kota bawah
Washington DC itu model Romawi.
ü Jalan-jalan dipenuhi
monumen-monumen yang menghormati pahlawan-pahlawan nasional dan memperingati
peristiwa-peristiwa sejarah sama seperti Roma kuno.
ü Bahkan untuk satu masa ketika
negera kita ini baru menjadi negara konstitusi, tentara kita
disebut “legiun” (sama seperti pasukan Romawi).
ü Bahkan banyak panji dari legiun-legiun
kita yang mula-mula memakai gambar burung rajawali dengan
pancaran sinar matahari di atas kepalanya atau memancar keluar dari tubuhnya.
ü Nama majelis tinggi kongres
ialah Senat, dan dilayani oleh senator-senator mereka.
Dari mana datangnya bahasa
ini? Datang dari Roma kuno.
Space won't
allow me to provide all of the documentation, but historians tell us that the connection between ancient Rome and the United
States is undeniable. Notice this one statement that I included.
“The neo-classical spirit of America at the end of the eighteenth century looked to the
ancient Roman Republic for many symbols, including the name of the Upper Chamber of Congress (the Senate). In Rome the eagle began as
a republican symbol…”
not talking about the republican party,
it's a republic, “…as a republican
symbol;
hence…” that is, for this reason, “…Americans chose their native bald eagle for the National Arms in
1782.” (Whitney Smith, Flags through
the Ages and Across the World,
p. 314)
Keterbatasan tempat tidak mengizinkan saya menyediakan
semua dokumentasinya, tetapi para sejarahwan mengatakan kepada kita bahwa hubungan antara Romawi kuno dan
Amerika Serikat itu tidak bisa disangkal. Simak satu pernyataan ini yang saya ikutkan.
“…Semangat
neo-klasik Amerika pada akhir abad ke-18, mengambil contoh dari Republik Roma untuk banyak simbol mereka, termasuk nama
majelis tinggi Kongres (Senat). Di Roma, burung rajawali mulai sebagai simbol
republiknya…” ini bukan bicara tentang partai Republik, tapi
negara berbentuk republik “…sebagai simbol republiknya, karena
itu…” maksudnya, karena alasan ini, “…bangsa Amerika
memilih burung rajawali botak mereka sebagai Lambang Nasional mereka di 1782.” (Whitney Smith, Flags through
the Ages and Across the World,
p. 314) 292
When Protestants
broke away from the Roman Catholic church in the 16th century they were not able to
discard Sunday observance that Roman Catholicism had adopted from the
ancient Roman republic. Thus they pay homage to Rome, no matter how much
they try to deny it.
Ketika Protestan
melepaskan dirinya dari gereja Roma Katholik di abad ke-16, mereka tidak berhasil membuang
pemeliharaan hari Minggu yang telah diadopsi Roma Katholikisme dari republik
Romawi kuno. Dengan demikian, mereka (Protestan) memberi penghormatan kepada Roma, tidak
perduli seberapa getolnya mereka berusaha untuk menyangkalnya.
Let me give you
an example. John O'brien a long tenured theology professor of the university of
Notre Dame and the author of some 40 books, wrote this very interesting statement.
“But since Saturday, not Sunday, is specified in the Bible, isn’t
it
curious that non-Catholics who profess to take their religion directly from the Bible
and
not from the Church, observe
Sunday instead of Saturday? Yes, of course, it is inconsistent;
but
this change was made about fifteen centuries before Protestantism was born,
and
by that time the custom was universally observed. They…”
that is Protestants “…have continued the custom, even though
it rests upon the
authority of…”
what? “…of the Catholic Church and not
upon an explicit text
in the Bible…” And now comes the key portion of the statement. “…That observance remains as a reminder of the
Mother Church…” so are the Protestant denominations the daughters? Yes! Once again, “…That observance remains as a reminder of the
Mother Church from which the non-Catholic sects broke
away—like a boy running away from home but still carrying in his pocket a picture of his mother or a lock of her hair.”
(John O’Brien,
The Faith of Millions ~ Huntington, Indiana: Our Sunday Visitor,
Inc.,
1974) p. 400,
401)
Saya akan memberikan sebuah contoh. John O’brien, seorang
yang lama menjabat profesor theologi di universitas Notre Dame dan penulis
sekitar 40-an buku, menulis pernyataan yang sangat menarik ini.
“…Tetapi
karena Sabtu bukan Minggu yang tertulis di Alkitab, apakah tidak aneh non-Katolik
yang mengaku mengambil agama mereka langsung dari Alkitab dan bukan dari
gereja, memelihara hari Minggu dan bukan Sabtu? Ya, tentu saja itu tidak
konsisten. Tetapi perubahan ini sudah dibuat sekitar 15 abad sebelum
Protestantisme lahir, dan pada saat itu kebiasaan tersebut sudah dipelihara
secara universal. Mereka…” yaitu Protestan “…telah melanjutkan kebiasaan itu walaupun
itu berdasarkan autoritas…” siapa?
“…gereja Katolik dan bukan berdasarkan ayat tertentu di Alkitab…” Dan sekarang bagian kuncinya
dari pernyataan itu. “…Pemeliharan
hari Minggu itu tersisa sebagai peninggalan Gereja Induk…” Jadi apakah
denominasi-denominasi Protestan itu anak-anak perempuannya? Ya! Sekali lagi, “…Pemeliharan
hari Minggu itu tersisa sebagai peninggalan Gereja Induk dari mana sekte-sekte non-Katolik telah
memisahkan diri, seperti seorang anak yang melarikan diri dari rumah tetapi
tetap menyimpan di sakunya foto ibunya atau seikat rambut ibunya.” (John O’Brien,
The Faith of Millions ~ Huntington, Indiana: Our Sunday Visitor,
Inc.,
1974) p. 400,
401) 197
Why are the
daughters going to return to the mother? Why are they in the process of
returning to the mother? Because they have many of the doctrines in common.
And what is the most salient doctrine? It is the idea that Sunday, the day of the
sun inherited from the Romans in the days of Constantine, is the day of worship
that we are supposed to keep. The Protestant churches as corporate entities are
the daughters of the harlot, because they have obtained their day of
worship and doctrine ~ such as the immortality of the soul and an eternally
burning hell ~ they have adopted these from her.
Mengapa anak-anak
perempuannya mau balik ke si ibu? Mengapa mereka sedang dalam
proses kembali kepada si ibu? Karena
mereka punya banyak doktrin yang sama. Dan apa doktrin yang
paling menonjol? Konsep bahwa hari Minggu, hari matahari yang diwarisi dari
bangsa Roma di zaman Constantine, adalah hari ibadah yang harus kita pelihara. Gereja-gereja Protestan sebagai
badan korporasi adalah anak-anak perempuan si perempuan pelacur,
karena mereka mendapatkan hari ibadah dan doktrin mereka ~ seperti kebakaan
nyawa, dan neraka yang menyala secara abadi ~ mereka telah mengadopsi ini dari
si ibu.
The sign or signal of God is the Sabbath, this being the case, the mark of the Beast must be
what? An
opposite day of worship, the day of the sun, Sunday. But now notice, some might object that it is not the same
to worship the sun as it is to worship on the day of the sun. At first sight it
might appear that it isn't the same to worship the sun as to worship on the day
of the sun. However, upon closer inspection it is very, very much the same.
I frequently ask
people, “Who made the sun?” The answer is always, “God.”
Then I ask a
second question, “Did God make the sun for worship?” The immediate answer is,
“Of course not.”
I then ask a
third question, “What happens if you make the sun an object of worship? What
would you call that?” The answer is immediate, “Well, that would be idolatry.”
I then ask, “Why
would it be idolatry?” The answer comes back, “Because the sun is not a sacred
object. It is a secular object that God did not make for worship.”
Then I ask
another series of questions. “Who made the first day of the week?” The answer comes
back, “God did.”
My next question
is “Did He make the first day of the week as a day of worship?” The answer is
clear, “Of course…” what? “…Of course not, because it's one of the secular days
of work.”
And then I ask a
third question, “And what happens if we make the first day of the week a day of
worship, when God did not make it a day of worship?”
Then there's
usually a deep silence and the answer comes belatedly and softly, “Why, that
would be idolatry.”
But then I ask,
“Why would it be idolatry?” Simply
because you have made a day of worship out of the day which God meant for
secular purposes. Incidentally Sunday cannot be holy because it is impossible for
man to make anything holy. Only God can make days and things holy.
Thus the wrong
way among the Jews and the wrong day among the Christians are both based on
human tradition rather than the Word of God.
Is it the same
principle? It is the same principle, folks.
Tanda atau sinyal
Allah adalah Sabat, oleh sebab itu tanda
Binatang tentunya apa? Hari
ibadah yang berlawanan, hari matahari, hari Minggu. Tetapi sekarang simak, bisa
saja ada yang tidak setuju, bahwa menyembah matahari itu tidak sama dengan
menyembah pada hari matahari. Pada pandangan pertama mungkin itu tampak berbeda
menyembah matahari dengan menyembah pada hari matahari. Namun kalau diteliti
lebih seksama, itu amat sangat identik.
Saya sering bertanya, “Siapa yang menciptakan matahari?”
Jawabannya selalu, “Allah.”
Lalu saya mengajukan pertanyaan kedua, “Apakah Allah
menciptakan matahari untuk disembah?” Jawaban yang segera muncul ialah, “Tentu
saja tidak.”
Saya lalu mengajukan pertanyaan ketiga, “Apa yang terjadi
jika kita menjadikan matahari objek yang disembah? Apa namanya itu?” Jawabannya
angsung, “Nah, itu penyembahan berhala.”
Lalu saya tanya, “Mengapa itu penyembahan berhala?”
Jawaban yang kembali ialah, “Karena matahari bukan benda keramat. Itu adalah
benda sekuler yang tidak diciptakan Allah untuk disembah.”
Kemudian saya menanyakan serangkaian pertanyaan yang
lain, “Siapa yang menciptakan hari pertama dalam satu minggu?” Jawaban yang
kembali, “Allah.”
Pertanyaan saya berikutnya ialah, “Apakah Allah
menciptakan hari pertama dalam satu minggu sebagai hari ibadah?” Jawabannya
jelas, “Tentu saja…” apa? “…Tentu saja tidak, karena itu adalah salah satu
hari-hari kerja.”
Lalu saya menanyakan pertanyaan ketiga, “Dan apa yang
terjadi jika kita membuat hari pertama dari satu minggu menjadi hari ibadah,
padahal Allah tidak menjadikannya hari untuk ibadah?”
Biasanya lama tidak ada jawaban, dan jawabannya muncul terlambat
dan dengan suara kecil, “Yah, itu menyembah berhala.”
Tetapi kemudian saya bertanya, “Mengapa itu menyembah
berhala?” Semata-mata karena kita telah menjadikan hari ibadah dari hari yang
Allah tujukan untuk kepentingan sekuler. Ketahuilah hari Minggu tidak bisa suci karena mustahil manusia bisa
menjadikan apa pun suci. Hanya Allah yang bisa
menjadikan hari dan benda suci.
Maka cara
yang salah pada orang Yahudi dan hari yang salah pada orang Kristen sama-sama
berdasarkan tradisi daripada Firman Allah.
Apakah itu prinsip yang sama? Itu prinsip yang sama,
Saudara-saudara.
The day is
coming very soon when the Christian world led by the United States will
impose by force of Law, Sunday as a day of worship. The Law will be
sealed with the Great Seal of the United States, which contains the same
elements of the Roman standard.
Harinya akan segera datang ketika dunia Kristen di bawah pimpinan Amerika Serikat, akan
memaksakan hari Minggu sebagai hari ibadah melalui Undang-undang,. Undang-undang itu akan
dimeteraikan oleh Meterai Agung Amerika Serikat, yang memiliki unsur-unsur yang
sama seperti panji-panji Romawi.
Listen to this
statement from The History of the United States
Flag.
“The Great Seal
or
State of Arms is the official emblem of the United
States…”
Now let me stop there for a moment. Is the Sunday Law
going to be a Law that is written and approved by Congress? Yes,
because Congress actually writes the Laws, right? And the President enforces
the Law, and the Supreme Court interprets the Law. So is Congress going to
propose and actually enact a national Sunday Law honoring the day of the sun? Absolutely!
Now let me ask you, would that be unconstitutional? Yes! Yes, of course it
would be. Do you think there are going to be people that are going to contest
that Law? They're going to contest the Law. And where is it going to end up
finally? At the Supreme Court. In other words, you know that when a Law is contested ~ a Law that Congress
writes is contested, immediately people
appeal to where? To the Supreme Court. And the Supreme Court will
evaluate the arguments that are given, that this is an infringement of the First
Amendment to the Constitution, because Congress can make no Law that
establishes religion or forbidding the free exercise thereof. But
here's the sad thing. The sad thing is, that the Supreme Court the last
court of appeal is going to declare that the Law is constitutional. That's why
the book of Revelation says that this Beast from the earth which represents the
United States has two horns like a lamb, which are the first two clauses of the
First Amendment. It has two horns like a lamb, but it contradicts what that
represents, because it speaks like what? It speaks like a dragon. So it says, “The Great Seal or State of Arms is the official emblem of the United
States. All judicial, legislative
and executive…”
are these the three branches of the
government? Yes!
“…proclamations bear this seal. It
certifies and
authenticates all
official acts of the
Federal
government.
It must
appear
on
all its authoritative laws and statutes.” (Quaife, Weig and Appleman,
The History of the United States Flag, p.
115)
Is the Sunday
Law going to have the Great Seal on it? Yes, it is. Now you might think
that this is a preposterous idea. If you don't believe it now, you will believe
it later, when you see it with your own eyes.
Dengarkan
pernyataan ini dari The History of the United States Flag.
“…Meterai
Agung atau Lambang Negara adalah lambang resmi dari Amerika Serikat…” Nah, saya mau berhenti
sebentar di sini. Apakah Undang-undang
Hari Minggu akan menjadi sebuah undang-undang yang ditulis dan disetujui oleh
Kongres? Ya, karena memang Kongres yang membuat
undang-undang, benar? Dan Presidennya yang melaksanakan undang-undang, dan
Mahkamah Agung yang menginterpretasikan undang-undang. Maka, apakah Kongres
akan mengajukan dan benar-benar memberlakukan sebuah Undang-undang Hari Minggu
untuk menghormati hari matahari? Tentu saja! Sekarang coba saya tanya, apakah
itu tidak konstitusional? Ya! Ya, tentu saja. Menurut kalian apakah nanti akan
ada orang-orang yang memprotes undang-undang itu? Mereka akan memprotes
undang-undang itu. Dan itu akan berakhir di mana? Di Mahkamah Agung. Dengan
kata lain, ketika suatu undang-undang diprotes ~ undang-undang yang ditulis
Kongres diprotes, langsung orang mengajukan permohonan ke mana? Ke Mahkamah
Agung. Dan Mahkamah Agung akan mengevaluasi argumentasi-argumentasi yang
diberikan, bahwa ini adalah
pelanggaran Amandemen Pertama Konstitusi, karena Kongres tidak bisa membuat
undang-undang yang menegakkan agama maupun melarang kebebasan mempraktekkannya.
Tetapi, inilah yang menyedihkan. Yang menyedihkan ialah, Mahkamah Agung,
pengadilan yang terakhir tempat mengajukan keberatan, akan menyatakan bahwa undang-undang tersebut
konstitusional. Itulah mengapa kitab Wahyu berkata bahwa
Binatang yang keluar dari bumi itu yang melambangkan Amerika Serikat, punya dua
tanduk seperti domba, yang adalah kedua klausul pertama dari Amandemen Pertama.
Dia punya dua tanduk seperti domba, tetapi dia mengkontradiksi apa yang dia
lambangkan, karena dia berbicara seperti apa? Dia bicara seperti seekor naga.
Jadi dikatakan, “…Meterai Agung atau
Lambang Negara adalah lambang resmi dari Amerika Serikat. Semua proklamasi
judisial, legislatif, dan eksekutif…” apakah ini ketiga cabang pemerintahan? Ya! “…Semua proklamasi judisial, legislatif, dan eksekutif
menyandang meterai ini. Meterai ini mengesahkan dan mengautensifikasi semua
undang-undang resmi Pemerintah Federal. Dia harus ada pada semua undang-undang
dan peraturannya.” (Quaife, Weig and Appleman, The History of the United States Flag, hal.. 115) 292
Apakah Undang-undang Hari
Minggu akan ada Meterai Agung di atasnya? Ya. Nah, sekarang
kalian mungkin berpikir ini ide yang tidak masuk akal. Jika kalian tidak
mempercayainya sekarang, kalian akan mempercayainya nanti, ketika kalian
melihatnya dengan mata kalian sendiri.
God is seeking a
people today who will sigh and cry because of the abominations that are being
practiced among those who profess to be Christians: divorce, gay marriage, gay
clergy, support for transgender lifestyles, and a deafening silence about the
crime of abortion, are leavening the church and leading it into an irreversible
apostasy.
See, it doesn't
begin with a Sunday Law, it begins with many other things that the church keeps
silent about, and says, “Well, you know we need to go along with
culture.” There must be a sighing and crying because of the abominations that
are being committed where? In the church.
Hari ini Allah sedang mencari umat yang mau berkeluh
kesah dan meratap karena kekejian-kekejian yang dipraktekkan di antara mereka
yang mengaku sebagai orang-orang Kristen: perceraian, perkawinan sesama jenis,
hamba-hamba Tuhan yang gay, dukungan kepada pola hidup transgender, dan
kebungkaman yang menulikan mengenai kejahatan aborsi, sedang menjadi ragi di dalam gereja dan membawanya ke kemurtadan dari mana orang tidak bisa
berbalik lagi. Lihat, itu tidak
dimulai dengan sebuah Undang-undang Hari Minggu, itu dimulai dengan banyak hal
lain di mana gereja bersikap bungkam terhadapnya dan berkata,
“Nah, kita perlu selaras dengan kebudayaan.” Harus ada keluh kesah dan ratapan
karena semua kekejian yang sedang dilakukan di mana? Di dalam gereja.
In Revelation 18:1-5
this sighing and crying is described. What is the equivalent to the sighing and
crying in Jerusalem? It is the Loud Cry of Revelation chapter 18.
Let's read that quickly. Revelation chapter 18, this is an indictment of the
Christian world, folks. What I’m going to read now is a message not for the world in general ~ although they
will also have to make the decision ~ it
is an indictment upon apostate Christianity.
Notice verse 1, “1 After these things I saw
another angel coming down from heaven, having great authority, and the
earth was illuminated with his glory. 2 And he cried…” how?
“…mightily…” in case you
didn't understand “mightily” it says, ”…with a loud voice”, that's why it's called the Loud Cry. Is
that the sighing and crying? Yes. “… 2 And he cried mightily with a loud voice,
saying, ‘Babylon the great is fallen, is fallen…” what is Babylon? It's the apostate church
“…and has become a dwelling place of demons, a prison for every
foul spirit, and a cage for every unclean and hated bird! 3 For all the nations have drunk of the
wine of the wrath of her fornication, the kings of the earth have committed
fornication with her, and the merchants of the earth have become rich
through the abundance of her luxury.’…” here you have a collusion of the political
powers of the world, with the religious powers of the world, and even with the
business people of the world. Verse 4, “…4 And I heard another voice from heaven
saying,…” now listen carefully “…‘Come out of her, My people,…” so the sighing and crying, does it have
anything to do with God's people? Yes. “…‘Come out of her, My people, lest you
share in her sins, and lest you receive of her plagues…”
So in the Old
Testament they were sighing and crying for people in the city, to listen to the
message, and to be spared. But most of them did not listen to the message.
So in Revelation
18:1 through 5, the sighing and crying is described where God calls His
faithful people out of the apostate religious world, described as Babylon.
Di Wahyu 18:1-5 keluh kesah dan ratapan ini digambarkan.
Apa yang sama dengan keluh kesah dan ratapan di
Yerusalem ini? Seruan
Nyaring Wahyu pasal 18. Mari kita baca itu cepat-cepat. Wahyu pasal 18, ini
adalah suatu dakwaan terhadap dunia Kristen, Saudara-saudara. Apa yang akan
saya bacakan sekarang adalah sebuah pesan bukan untuk dunia pada umumnya ~
walaupun mereka juga harus membuat keputusan ~ tapi itu adalah sebuah dakwaan
kepada Kekristen murtad.
Simak ayat 1, “1
Setelah hal-hal itu, aku melihat seorang
malaikat lain turun dari sorga, yang
mempunyai kekuasaan besar dan bumi menjadi terang oleh kemuliaannya. 2 Dan
ia berseru…” bagaimana? “…dengan kekuatan
besar…” sekiranya kalian tidak paham “dengan kekuatan besar”,
dikatakan “…dengan suara yang nyaring…” itulah mengapa itu disebut Seruan Nyaring. Apakah ini
keluh kesah dan ratapannya? Ya. “…2
Dan ia berseru dengan kekuatan besar,
dengan suara yang nyaring, katanya: ‘Sudah roboh, sudah roboh Babel yang besar itu…” “Babilon” itu apa?
Itulah gereja yang murtad, “…dan
telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat, penjara
bagi setiap roh najis dan sebuah sangkar
untuk setiap burung yang najis dan yang dibenci, 3 karena semua bangsa telah minum
dari anggur murka zinahnya, dan raja-raja di bumi telah berbuat zinah dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi
kaya oleh kelimpahan kemewahannya.’…” di sini kita
melihat adanya kolusi (kerjasama illegal) kekuasaan politik dunia, dengan
kekuasaan relijius dunia, dan bahkan dengan para pengusaha dunia. Ayat 4, “…4
Dan aku mendengar suara lain dari
sorga berkata,…” sekarang dengarkan baik-baik, “…‘Keluarlah
darinya, hai umat-Ku,…” jadi keluh kesah dan ratapan itu, apakah itu berkaitan dengan umat Allah? Ya. “…‘Keluarlah
darinya, hai umat-Ku, kalau tidak, kamu ikut ambil bagian dalam dosa-dosanya, dan kamu akan turut menerima malapetaka-malapetakanya…”
Jadi di Perjanjian Lama mereka berkeluh kesah dan meratap
bagi orang-orang yang ada di dalam kota, supaya mau mendengar pesan dan boleh
diselamatkan. Tetapi kebanyakan dari mereka tidak mau mendengar pesan itu.
Jadi di Wahyu 18:1-5, keluh kesah dan ratapan itu
digambarkan ketika Allah memanggil umatNya yang setia supaya keluar dari dunia relijius yang murtad, yang digambarkan
sebagai Babilon.
And of course
our mission is to tell people, “Will you accept the call of Jesus to come forth?”
The decision of course is in the mind of every single person in the world, to
make the decision whether they are going to practice the abominations of the
world and consent to them, or whether they are going to sigh and cry because of
the abominations that the church has turned a blind eye to.
Dan tentu saja misi kita ialah memberitahu orang-orang,
“Maukah kalian menerima panggilan Yesus untuk keluar?” Keputusannya tentu saja
ada dalam pikiran setiap manusia di dunia, untuk mengambil keputusan apakah
mereka akan mempraktekkan kekejian-kekejian dunia dan menyetujui mereka, atau
apakah mereka akan berkeluh kesah dan meratap karena kekejian-kekejian yang terhadapnya
gereja telah menutup matanya.
Did you
understand what we studied today? You see, the abomination of desolation clearly at the end
of time is not only worship on the day of the sun, claiming that the
day of the sun is a holy day; but it includes other abominations as well,
such as the ones that I mentioned, the issue of gay marriage, transgender
lifestyle.
Now let me tell
you, we need to love people who are practicing those things, but we don't love
what they do. And we have to speak up about what God's plan is. So let's share
this message so that people can be on God's side and not on the devil's side.
Apakah kalian paham apa yang kita pelajari hari ini?
Kalian lihat, kekejian yang
mengakibatkan penelantaran pada akhir masa bukan hanya terkait beribadah
pada hari matahari, mengklaim bahwa hari matahari adalah hari yang kudus; tetapi termasuk juga kekejian-kekejian yang lain, seperti yang sudah saya
sebutkan, isu perkawinan gay, pola hidup transgender.
Nah, dengarkan, kita harus mengasihi orang-orang yang
mempraktekkan hal-hal itu, tetapi kita tidak mengasihi apa yang mereka lakukan.
Dan kita harus berani memberitahukan apa rencana Allah. Jadi marilah kita
bagikan pesan ini, supaya orang-orang boleh berada di pihak Allah dan bukan di
pihak Iblis.
23 01 25
No comments:
Post a Comment