Wednesday, March 22, 2017

EPISODE 3 ~ MARY ~ STEPHEN BOHR

MARY SEMINAR___
Part 03/08 - Stephen Bohr
Mary the Rival of Jesus


Dibuka dengan doa.


The title of our study for this evening is “Mary the Rival of Jesus”, and basically I would like to begin by mentioning some of the things that we studied in our first lecture, about what the Bible has to say about Mary. And the reason I am handling my notes is because I am going to be reading several statements this evening, and I would like to have these in hand because they are very, very important.

Judul pelajaran kita malam ini ialah “Maria, saingan Yesus”, dan pada dasarya saya ingin mulai dengan menyebutkan beberapa hal yang telah kita pelajari dalam ceramah kita yang pertama, tentang apa yang dikatakan Alkitab mengenai Maria. Dan mengapa sekarang saya memegang catatan saya ialah karena saya akan membacakan beberapa pernyataan malam ini, dan saya mau catatan ini ada di tangan saya karena ini sangat, sangat penting.


Let’s review what we have studied about Mary.
First of  all the Bible says she was a great woman, no doubt about that, God chose the best available. We have no record whatsoever about the birth of Mary, where she was born, to whom she was born, or how she was born. We know that she was from David’s line, we know that she actually had royal blood in her veins. We also noticed that Mary needed a Savior because “she rejoiced in the Lord, her Savior.” We also noticed that there is no record whatsoever of her conception, or of her birth, there is no idea that she was conceived immaculately and that she never sinned. Scripture does not address that issue at all. We also don’t find anywhere in Scripture that she was a virgin after Jesus was born, in other words, that she was perpetually a virgin. We know from Scripture that technically speaking she was not the mother of God, because Jesus was her Creator, Jesus existed before she did. We also noticed that Mary was not “full of grace”  but she was “the highly favored one”, that is the proper translation, in other words, she wasn’t full of favors to give to people, she was actually favored by God. We also notice that the last reference to Mary in Scripture is in Acts 1:14, where she is in the upper room with the apostles on the day of Pentecost. There is no record of Mary’s death, shouldn’t surprise us because we don’t have the record of most of the deaths of the apostles either, and many other heroes in Scripture. So the last reference to Mary is in Acts 1:14. There is nothing in Scripture about her ascending to heaven after her death and after her body not seeing corruption. The Bible simply is silent on anything like this.

Mari kita ulangi apa yang telah kita pelajari tentang Maria.
Pertama-tama Alkitab berkata Maria adalah perempuan yang hebat, tidak diragukan lagi. Allah telah memilih yang terbaik dari yang ada. Tidak ada catatan apa pun mengenai kelahiran Maria, di mana dia dilahirkan, siapa orangtuanya, atau bagaimana kelahirannya. Kita tahu dia berasal dari keturunan Daud, kita tahu bahwa dia memiliki darah biru. Kita juga menyimak bahwa Maria membutuhkan seorang Juruselamat karena dia  bersukacita dalam Allah, Juruselamatnya” [Lukas 1:47]. Kita juga melihat bahwa tidak ada catatan apa pun tentang pembuahannya, atau kelahirannya, tidak ada konsep bahwa dia dibuahi tanpa dosa dan dia tidak pernah berbuat dosa. Kitab Suci sama sekali tidak menyinggung isu tersebut. Juga tidak ditemukan di mana pun dalam Kitab Suci bahwa Maria tetap perawan setelah kelahiran Yesus, dengan kata lain, bahwa dia selamanya seorang perawan. Kita tahu dari Kitab Suci bahwa secara teknis dia bukanlah ibu Allah, karena Yesus adalah Penciptanya, Yesus sudah ada sebelum Maria. Kita juga tahu bahwa Maria tidak “penuh kasih karuniatetapi dia adalah “yang  sangat disayangi” itulah terjemahan yang seharusnya. Dengan kata lain, Maria bukan penuh kasih karunia yang bisa diberikannya kepada umat, melainkan dia yang disayangi Allah. Kita juga menyimak bahwa referensi yang terakhir tentang Maria terdapat di Kisah 1:14 saat dia berada di ruang atas bersama para rasul pada hari Pentakosta. Tidak ada catatan tentang kematian Maria, yang tidak mengherankan karena tidak ada catatan juga tentang kematian mayoritas rasul-rasul dan pahlawan-pahlawan di Kitab Suci. Jadi referensi terakhir tentang Maria ada di Kisah 1:14. Dalam Kitab Suci tidak ada catatan tentang kenaikannya ke surga setelah kematiannya, dan bahwa tubuhnya tidak mengalami pembusukan. Alkitab semata-mata bungkam tentang hal-hal seperti ini.


Now, I would like to dedicate the next several minutes to portray for you the biblical picture of Jesus, who Jesus was. And I am going to be referring to a lot of Bible verses.  I am not going to be able to read them because they are too many, and our time constrains will not allow us to read all of these verses, but I will share with you the content of each verse.
·       John 1:3 tells us that Jesus was the Creator of all things. All things were made through Him, and without Him was nothing made, that was made.
·       We also know that Jesus was born the Holy One according to Luke 1:35, He is called “that holy thing” in other words, He was holy from the moment of His birth.
·       We also know from Hebrews 4:15 that Jesus during His life was tempted in all things and yet He never sinned not even once.
·       We also know from John 1:14 that Jesus was full of grace and truth. So we know that Jesus definitely was full of grace.
·       We also know from John 1:14 that Jesus was born with our flesh. The Bible says “the Word was made flesh and dwelt among us” in other words, He was our brother, He had our flesh.
·       We also know from John 3:16 that the Father gave His only begotten Son, in other words, the Son was given by God the Father.
You are going to see in a few moments the reason why I am referring to all of these things, most of us probably already know them, but you are going to understand in a few moments why I’m bringing all of these things to you.
·       We also noticed in the gospels that Jesus was a very loving, benevolent person, He healed the sick, He cast out devils, He gave encouragements, He forgave sinners. In other words, He was someone that people could approach, someone who people could love.
·       Also we are told in Hebrews 7:23-24 that Jesus is our High Priest. In fact in the book of Hebrews He is called our only High Priest.
·       In 1 John 1:21 the Bible tells us that Jesus is our Advocate before the Father. That’s very, very important.
·       1 Timothy 2:5 Paul says Jesus is our only intercessor, we have “one intercessor between God and man, Jesus Christ the man.” And that’s corroborated by Hebrews 7:25.
·       We are also told in Acts 4:12 that there is no name given under heaven, whereby we might be saved except in the name of Jesus. And that is corroborated by Matthew 1:21 where His name is called Immanuel because He will save the people in this world from their sins.
·       We also notice in Scripture Hebrews 9:26 that Jesus sacrificed Himself, He was not sacrificed by any priest, He was not sacrificed by any person, He offered His own sacrifice, according to Scripture.
·       Also we are told in John 1:51 that Jesus is the ladder between heaven and earth.
·       We are told in John 16:26-27 that we are to pray to the Father in the name of Jesus.
·       We also noticed in John 1:18 that no one had ever seen God, Jesus Christ has made Him known. In other words, we come to know God the Father through Jesus Christ.
·       We noticed also in Hebrews 2:17-18 that Jesus helps us when we are tempted. In that He was tempted, He is powerful also to help those who are tempted.
·       John 14:6 tells us that Jesus is the Way, the Truth and the Life, no one comes to the Father except through Jesus.
·       In John 10:9 Jesus is called “the door” which we must enter through in order to be  saved.
·       In Isaiah 11:1 Jesus is called “the Rod of Jesse”.
·       In Ephesians 1:7 Jesus is called “the only Redeemer”, He has redeemed us through His blood.
·       In Hebrews 6:18 we are told we are to flee to Jesus for refuge.
·       In Hebrews 4:15 once again we have the idea that Jesus gives us power to overcome temptation. In that He was tempted, He is able to help those who are tempted.
·       Psalm 84:11 refers to Jesus as the sun, in fact Jesus spoke of Himself as the Light of the world, referring to the sun.
·       In Colossians 3:3-4, Jesus is called “our life”.
·       In 2 Corinthians 3:18 we are told that by beholding Jesus we are changed into His likeness.
·       In 1 John 2:2 we are told that Jesus is our propitiation with the Father, in other words, Jesus is the One who stands between us and God.
·       Psalms 23:4 says that when we walk through the valley of the shadow of death we will fear no evil for the Lord is with us. In other words, the Lord comforts us when we face death.
·       Philippians 4:13 speaks of Jesus as being Omnipotent. He is able to help those who come to Him to overcome sin and to do deeds of omnipotence, it says there “I can do all things through Christ who strengthens me.”
·       Revelation 22:16 calls Jesus “the star”.
·       1 Corinthians 15:45 Jesus is called “the last Adam”.
·       In Genesis 3:15 we are told that Jesus would crush the head of the serpent.
·       In Exodus 13:21-22 we are told that Jesus was in the pillar of cloud and He was in the pillar of fire in the wilderness guiding Israel.
·       In Luke 10:17 we are told that through the power of the name of Jesus, demons can be cast out.
·       John 4:13-14 tells us that Jesus is the fountain of living water, in other words, He is the aqueduct if you please.
·       In Ephesians 2:14 Jesus is called “our peace”.
·       In Psalm 144:2 Jesus is called “our fortress” and “our refuge”.
·       In John 12:32-33, we are told that Jesus draws all men like a magnet to Himself.
·       In Romans 6:23 we are told that Jesus is the One who gives eternal or everlasting life.
·       1 Timothy 1:1 tells us that Jesus is our hope.
·       Revelation 5:11-13 tells us that Jesus is worthy to be praised by all of the heavenly beings, all of the angels, and all of the inhabitants of other worlds in the heavenly realms.
·       And in Romans 8:34 we are told that Jesus died, He resurrected, He ascended body and soul and He is seated at the right hand of God and that His body saw no corruption in the grave.

Nah, saya ingin memakai beberapa menit berikutnya untuk menggambarkan Yesus menurut Alkitab, siapa Yesus itu. Dan saya akan mengutip banyak ayat Alkitab. Saya tidak punya waktu untuk membacakan ayat-ayat itu karena begitu banyaknya, dan keterbatasan waktu tidak memungkinkan kita membaca semua ayat itu, tetapi saya akan membagikan isi setiap ayat.
·       Yohanes 1:3 menceritakan kepada kita bahwa Yesus adalah Pencipta segala sesuatu. Semua diciptakan melalui Dia, dan tanpa Dia tidak ada apa pun yang  tercipta, diciptakan
·       Kita juga tahu Yesus dilahirkan kudus, menurut Lukas 1:35, dengan kata lain, Dia disebut Yang Kudus” . Dia sudah kudus dari lahirNya.
·       Kita juga tahu dari Ibrani 4:15 bahwa selama hidupNya Yesus dicobai dalam segala hal, namun Dia tidak pernah berbuat dosa, tidak satu kali pun.
·       Kita juga tahu dari Yohanes 1:14, bahwa Yesus itu penuh kasih karunia dan kebenaran. Jadi kita tahu bahwa Yesus sungguh-sungguh penuh kasih karunia.
·       Kita juga tahu dari Yohanes 1:14 bahwa Yesus dilahirkan dengan kedagingan kita. Alkitab berkata bahwa “Firman itu telah menjadi daging dan diam di antara kita”, dengan kata lain Dia menjadi saudara kita, Dia memiliki kedagingan kita.
·       Kita juga tahu dari Yohanes 3:16 bahwa Bapa mengaruniakan satu-satunya AnakNya, dengan kata lain, Anak itu dikaruniakan oleh Allah Bapa.
Kita akan melihat sebentar lagi mengapa saya mengacu kepada semua hal ini. Kebanyakan kita sudah tahu tentang semua ini, tetapi kalian akan segera paham mengapa saya menyodorkan semua hal ini kepada kalian.
·       Kita juga melihat di kitab-kitab Injil bahwa Yesus adalah pribadi yang murah hati, Dia menyembuhkan yang sakit, Dia mengusir roh-roh jahat, Dia membesarkan hati, Dia mengampuni orang-orang berdosa. Dengan kata lain, Dia itu mudah didekati,  mudah disayangi orang.
·       Juga di Ibrani 7:23-24 dikatakan bahwa Yesus adalah Imam Besar kita. Bahkan di kitab Ibrani Dia disebut satu-satunya Imam Besar kita.
·       Di 1 Yohanes 1:21 Alkitab mengatakan bahwa Yesus adalah Pembela kita di hadapan Allah Bapa. Itu amat sangat penting.
·       1 Timotius 2:5, Paulus berkata Yesus adalah satu-satunya pengantara kita, kita punya satupengantara antara Allah dan manusia yaitu Manusia Kristus Yesus,”  dan itu dikuatkan oleh Ibrani 7:25.
·       Kisah 4:12 mengatakan kepada kita bahwa tidak ada nama di bawah kolong langit yang dengannya kita bisa selamat, kecuali nama Yesus. Dan itu dikuatkan oleh Matius 1:21 di mana namaNya disebut Imanuel karena Dia akan menyelamatkan umatNya di dunia ini dari dosa-dosa mereka.
·       Kita juga melihat dari Kitab Ibrani 9:26 bahwa Yesus mempersembahkan Diriya sebagai kurban, Dia tidak dipersembahkan oleh imam mana pun, Dia tidak dipersembahkan oleh manusia siapa pun. Menurut Kitab Suci, Dia mempersembahkan DiriNya sebagai kurban.
·       Juga kita diberitahu di Yohanes 1:51 bahwa Yesus adalah tangga antara Surga dan bumi.
·       Kita juga diberitahu di Yohanes 16:26-27 bahwa kita harus berdoa kepada Allah Bapa dalam nama Yesus.
·       Kita juga melihat di Yohanes 1:18 bahwa tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah. Yesus Kristus yang telah menyatakanNya. Dengan kata lain, kita bisa mengetahui Allah Bapa melalui Yesus Kristus.
·       Kita juga melihat di Ibrani 2:17-18 bahwa Yesus membantu kita saat kita dicobai, oleh karena Dia pernah dicobai, Dia punya kuasa untuk membantu mereka yang dicobai.
·       Yohanes 14:6 mengatakan bahwa Yesus itulah Jalan, Kebenaran dan Hidup, tidak ada yang datang kepada Bapa selain melalui Yesus.
·       Di Yohanes 10:9 Yesus disebut “pintu” yang harus kita masuki supaya boleh diselamatkan.
·       Di Yesaya 11:1 Yesus disebut tunas (batang) Isai”.
·       Di Efesus 1:7 Yesus disebut “satu-satunya Penebus”, Dia telah menebus kita melalui darahNya.
·       Di Ibrani 6:18 kita diberitahu bahwa kita harus lari kepada Kristus untuk perlindungan.
·       Di Ibrani 4:15 sekali lagi kita mendapatkan konsep bahwa Yesus memberi kita kuasa untuk mengatasi pencobaan, karena Dia pernah dicobai, Dia sanggup membantu mereka yang dicobai.
·       Mazmur 84:11 menyebut Yesus sebagai matahari, bahkan Yesus menyebut Dirinya sebagai Terang dunia, mengacu kepada matahari.
·       Di Kolose 3:3-4, Yesus disebut “hidup kita.”
·       Di 2 Korintus 3:18 kita diberitahu bahwa dengan memandang Yesus kita diubahkan menjadi serupa denganNya.
·       Di 1 Yohanes 2:2 kita diberitahu bahwa Yesus adalah pendamaian kita dengan Allah Bapa, dengan kata lain Yesus-lah yang berdiri di antara kita dan Allah.
·       Mazmur 23:4 berkata bahwa saat kita berjalan melalui lembah bayang-bayang maut, kita tidak takut akan yang jahat karena Tuhan menyertai kita. Dengan kata lain, Tuhan yang menghibur kita pada saat kita menghadapi kematian.
·       Filipi 4:13 berbicara tentang Yesus sebagai Yang Mahakuasas. Dia sanggup membantu mereka yang datang kepadaNya untuk mengalahkan dosa dan melakukan pekerjaan yang mahakuasa. Dikatakan di sana, “Segala perkara dapat kulakukan melalui Kristus yang memberi kekuatan kepadaku.”
·       Wahyu 22:16 menyebut Yesus “bintang”.
·       1 Korintus 15:45 Yesus disebut “Adam yang terakhir”.
·       Di Kejadian 3:15 kita diberitahu bahwa Yesus yang akan meremukkan kepala ular.
·       Di Keluaran 13:21-22 kita diberitahu bahwa Yesus ada dalam tiang awan dan Dia ada dalam tiang api di padang belantara memimpin bangsa Israel.
·       Di Lukas 10:17 kita diberitahu bahwa melalui kuasas nama Yesus, roh-roh jahat bisa diusir keluar.
·       Yohanes 4:13-14 mengatakan kepada kita bahwa Yesus adalah sumber air hidup, dengan kata lain Dia adalah salurun air.
·       Di Efesus 2:14 Yesus disebut pendamai kita”.
·       Di Mazmur 144:2 Yesus disebut benteng kita dan perlindugan kita.
·       Di Yohanes 12:32-33 kita diberitahu bahwa Yesus menarik semua manusia seperti magnit kepada DiriNya.
·       Di Roma 6:23 kita diberitahu bahwa Yesus-lah yang mengaruniakan hidup kekal atau hidup abadi.
·       1 Timotius 1:1 memberitahu kita bahwa Yesus adalah harapan kita.
·       Wahyu 5:11-13 mengatakan kepada kita bahwa Yesus itu layak dipuji oleh semua makhluk surgawi, semua malaikat, dan semua penghuni dunia-dunia lain di seluruh alam semesta raya.
·       Dan di Roma 8:34 kita diberitahu bahwa Yesus sudah mati, Dia sudah bangkit, dan Dia naik ke Surga dengan tubuh jasmaniNya dan Dia duduk di tangan kanan Allah Bapa, dan bahwa tubuhNya tidak mengalami pembusukan dalam kubur


Now you ae probably saying, “Pastor Bohr, we knew all of this. We knew all of these things about Jesus.”
And I’m sure that you did. Why have I taken the time to mention all of these verses? For the simple reason that now I am going to share with you: the fact that the Roman Catholic church attributes to Mary everything that the Bible attributes to Jesus. In fact I’d like to read you a statement from the writings of St. Alphonsus Liguori who lived in the 17th century, on page 407 of his book The Glories of Mary, he gives us the principle that he applies to teach that Mary has to be equal to Jesus in everything. Here’s the statement: “But God was pleased that Mary should in all things resemble Jesus;…” now, where is that in the Bible? No where! It’s a declaration of Liguori.  “…But God was pleased that Mary should in all things resemble Jesus; and as her Son died, it was becoming that the mother should also die.”
Now, you’ll always find in the writings of Roman Catholic writers expressions such as “it was fitting”, “it was necessary”, “it was befitting that the mother experience the same as the Son”. But we are going to notice, that in Roman Catholic theology what actually happens, is that Mary has become the rival of Jesus, Mary has overshadowed Jesus and has taken away the glory which belongs to Him alone.

Mungkin kalian berkata, “Pastor Bohr, kami sudah tahu semua ini. Kami sudah tahu semua ini tentang Yesus.”
Dan saya yakin kalian tahu. Mengapa saya susah-susah berbicara tentang ayat-ayat itu? Semata-mata demi apa yang akan saya bagikan kalian sekarang: faktanya bahwa gereja Roma Katolik mengatributkan kepada Maria semua yang diatributkan Alkitab kepada Yesus.  Bahkan saya ingin kalian membaca suatu pernyataan dari St. Alphonsus Liguori yang hidup di abad ke-17, dari bukunya The Glories of Mary, hal. 407, dia menyampaikan prinsip yang diberlakukannya dalam mengajarkan bahwa Maria harus sejajar dengan Yesus dalam segala hal. Inilah pernyataannya: “Tetapi Allah merasa puas bahwa Maria dalam segala hal harus menyerupai Yesus…” nah, di mana ada pernyataan demikian dalam Alkitab? Tidak ada! Itu adalah deklarasi Liguori.  “…Tetapi Allah merasa puas bahwa Maria dalam segala hal harus menyerupai Yesus; dan sebagaimana Anaknya mati, selayaknya juga si ibu harus mati.”
Nah, dalam tulisan-tulisan para penulis Roma Katolik, kita selalu bertemu dengan ungkapan “selayaknya ~ ”, “harus terjadi ~ ”, “sepantasnya si ibu mengalami hal yang sama sebagaimana Sang Anak.” Tetapi kita akan melihat bahwa dalam theologi Roma Katolik, yang sesungguhnya terjadi ialah Maria telah menjadi pesaing Yesus, Maria menutupi Yesus dan telah merampas kemuliaan yang semata-mata milikNya Sendiri.


Now, I am going to read you several statements from an author, a very famous author of the Roman Catholic church. His name is St. Alphonsus Liguori. I’m going to tell you a few things about him so that you know why I am going to take so many quotations from his writings.
He lived in the 17th century. He wrote 22 volumes that have been published so far, 22 books in other words. He was canonized as a saint of the Roman Catholic church in 1839 by Pope Gregory XIV. He has been called a Doctor of the church, I don’t know if you are aware but the Roman Catholic church has 32 doctors in its almost 2000 years’ history. And these are the individuals who are the most authoritative writers in the history of the Roman Catholic church. He was actually declared a doctor of the church by Pope Pius IX. One of the books that he wrote is called The Glories of Mary, and that’s the book that I am going to quote from extensively in our study today.

Sekarang saya akan membacakan beberapa pernyataan dari seorang penulis, yang sangat terkenal, dari gereja Roma Katolik. Namanya St. Alphonsus Liguori. Saya  akan memberitahukan beberapa hal tentang dirinya agar kalian mengerti mengapa  saya telah mengambil begitu banyak kutipan dari tulisannya.
Dia hidup di abad ke-17. Dia telah menulis 22 jilid yang telah diterbitkan sampai sekarang, dengan kata lain 22 buku. Dia telah dikanonisasi gereja Roma Katolik oleh Paus Gregori XIV di tahun 1839 menjadi seorang “santo” [orang suci]. Dia disebut sebagai seorang Doktor gereja. Entah kalian tahu atau tidak, tetapi gereja Roma Katolik memiliki 32 Doktor dalam sejarahnya yang hampir 2000 tahun, dan mereka ini adalah individu-individu yang paling berbobot tulisannya dalam sejarah gereja Roma Katolik. St. Alphonsus Liguori telah dinyatakan sebagai Doktor gereja oleh Paus Pius IX. Salah satu buku yang ditulisnya berjudul The Glories of Mary [= Kemuliaan Maria], dan buku inilah yang akan banyak saya kutip dalam pelajaran kita hari ini.


Now, you might be thinking, “Well, what you’d find in this book is simply the opinion of St. Alphonsus Liguori, it’s just the opinion of one man about Mary.” Less you think that, allow me to share with you, that this book does not contain merely Liguori’s opinions. In fact the book is composed of a collection of the best writings of the early church fathers, of the doctors and of the saints of the Roman Catholic church about Mary. In other words, it is a compendium of the Roman Catholic wisdom about Mary from the early church all the way till the times of the 17th century when Liguori lived.
Notice the reasons that Liguori gives for writing this book The Glories of Mary. He says this, “I endeavor to collect from as many authors as I can lay my hands on, the choicest passages extracted from fathers and theologians, and those which seem to me to be the most to the point, and I put them together in this book. In order that the devout may with little trouble and expense be able to inflame themselves with the love of Mary, and more particularly to furnish the priests with matter for their sermons wherewith to excite others to devotion towards this Divine Mother.”

Nah, mungkin kalian berpikir, “Yah, apa yang ada di dalam buku itu kan semata-mata pendapat St. Alphonsus Liguori, itu cuma pendapat satu orang tentang Maria.” Seandainya kalian berpikir demikian, izinkan saya membagikannya kepada kalian, buku tersebut tidak hanya berisikan pendapat Liguori. Bahkan buku ini terdiri atas koleksi tulisan-tulisan terpenting bapak-bapak gereja mula-mula, tulisan-tulisan para Doktor dan para Santo dari gereja Roma Katolik tentang Maria. Dengan kata lain, buku ini merupakan ringkasan ajaran-ajaran gereja Roma Katolik tentang Maria dari masa gereja mula-mula hingga abad ke-17 saat Liguori hidup.
Perhatikan alasan-alasan yang diberikan Liguori mengapa dia menulis buku The  Glories of Mary ini. Dia berkata demikian, “Saya berusaha mengumpulkan dari sebanyak mungkin penulis yang bisa saya peroleh, kutipan-kutipan terbaik yang diambil dari para bapak dan theolog, dan dari mereka yang menurut saya yang tulisannya paling jelas, dan saya kumpulkan semuanya dalam buku ini, supaya mereka yang benar-benar taat tidak susah-susah dan harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengobarkan dalam diri mereka rasa cinta kepada Maria. Dan yang lebih khusus lagi untuk menyediakan bahan-bahan bagi para imam untuk khotbah-khotbah mereka dengan tujuan menyalakan rasa cinta umat terhadap  Bunda Ilahi ini.”


This book is composed of many chapters and the chapters are divided into three parts:
The first part has a certain teaching about a role that Mary plays in the church. Then towards the end of the chapter, he illustrates that role of Mary by ~ according to him ~  a real life episode, and finally he ends that chapter with a prayer to Mary, having to do with the function that he had just described in that chapter.

Buku ini terdiri atas banyak bab, dan bab-bab ini dibagai dalam tiga bagian:
Bagian pertama mengajarkan tentang peranan yang dimainkan Maria di gereja. Kemudian menjelang akhir bab itu, dia melukiskan peranan Maria dengan ~ menurut dia ~ suatu episode kejadian sesungguhnya dan akhirnya dia mengakhiri bab itu dengan suatu doa kepada Maria, sehubungan dengan fungsi yang telah digambarkannya dalam bab tersebut.


The edition of The Glories of Mary that I’m going to use was published in 1931 by the Redemptorist fathers. It has the imprimatur of Cardinal Patrick Hayes and the imprimatur is from April 16, 1931. The imprimatur means that this book is officially condoned by the Catholic church to be read by the faithful. The preponderance of Liguori’s quotations in this book are from the apocryphal books of Ecclesiasticus and the Wisdom of Solomon, he has very few quotations from Scripture. The places that he does quote Scripture are mainly from Song of Solomon and from the Proverbs, and texts there which apply to the church he applies in his book to Mary. In fact as you read this book, you’d discover that constantly he tears biblical texts out of their contexts.
·       For example, he gives this quotation on pg. 101 of his book: “If Mary is for us, who can be against us?” That’s a quotation in Romans 8:31 which applies to Jesus.
·       Notice another example ~ and I could give you dozens and dozens of them ~ he says, “Mary was prefigured by the dove which returned to Noah in the ark with an olive branch in its beak as a pledge of peace which God granted to man.” Now, where in the Bible are we told that that dove represented Mary? It’s simply a human opinion, there is no biblical basis for that, that’s page 202 by the way.
·       On page 244 St. Alphonsus Liguori quotes the Psalm that says “Glorious things are said of you, o, city of God” and then he quotes St. Gregory who said, “To whom can this refer but Mary, the city of God?”
·       In another quotation that we find on pg. 244-245 Liguori says this, “Correctly then, we can here say with St. Paul, ‘Having the seal, the Lord knoweth who are His’” and then he explains, “that is to say, whoever carries with him the mark of devotion to Mary is recognized by God as His.” You can read that text in the New Testament, and you will not find Mary anywhere. She’s been inserted in that passage.

The Glories of Mary yang akan saya pakai adalah yang terbitan tahun 1931 oleh bapak-bapak Redemptorist [= para pendiri kelompok pemuja Maria]. Buku ini mendapatkan imprimatur [izin resmi gereja Roma Kotalik untuk menerbitkan naskah-naskah agama] dari Kardinal Patrick Hayes, dan imprimatur itu bertanggal 16 April 1931. Dengan imprimatur ini, berarti buku ini resmi disetujui oleh gereja Roma Katolik sebagai bacaan umat. Sebagian besar kutipan-kutpan Liguori dalam buku ini berasal dari kitab-kitab apokripa Ecclesiasticus dan Wisdom of Solomon. Liguori menyertakan sedikit sekali kutipan dari Kitab Suci. Di mana dia mengutip dari Kitab Suci, dia mengambil dari kitab Kidung Agung dan dari kitab Amsal, dan teks yang ada di sana yang adalah tentang gereja, dia mengaplikasikannya dalam bukunya itu kepada Maria. Bahkan, jika kita baca buku ini, kita akan mendapati bahwa Liguori secara terus-menerus mencomot teks-teks Alkitab keluar dari konteksnya.
·       Misalnya, Liguori di hal. 101 bukunya mengutip: “Jika Maria berada di pihak kita, siapa yang bisa melawan kita?” Ini adalah kutipan dari Roma 8:31 yang berlaku untuk Yesus.
·       Perhatikan contoh lain ~ dan saya bisa memberikan berlusin-lusin contoh ~ Liguori berkata, “Maria telah lebih dahulu dilambangkan oleh burung merpati yang kembali kepada Nuh dalam bahtera dengan membawa ranting zaitun di paruhnya sebagai janji kedamaian yang dikaruniakan Allah kepada manusia.” Nah, di mana di Alkitab dikatakan bahwa merpati itu melambangkan Maria? Ini semata-mata opini manusia, tidak ada dasar yang alkitabiah untuknya. Itu dari hal. 202.
·       Di halaman 244, St. Alphonsus Liguori mengutip Mazmur yang berkata, “Hal-hal yang mulia dikatakan tentang engkau, ya kota Allah” [Maz. 87:3] lalu Liguori mengutip St. Gregori yang berkata, “Kepada siapa ini ditujukan selain kepada Maria, kota Allah?”
·       Dalam kutipan yang lain yang ada di hal. 244-245, Liguori berkata demikian, “Jadi sudah benar kita bisa berkata di sini bersama-sama St. Paulus, ‘Dengan adanya meterai, Tuhan mengenali siapa milikNya…” kemudian dia menjelaskan, “…berarti, siapa yang memiliki meterai pemujaan kepada Maria, dikenali oleh Allah sebagai milikNya.” Kalian bisa membaca teks tersebut dalam Perjanjian Baru, dan kalian tidak akan menemukan Maria disebut di mana pun. Liguori telah menambahkan Maria dalam teks tersebut.

After Liguori died his grave was opened in Nocera.  Three fingers were cut off of his writing hand and were sent to Rome by the wish of Pope Pius VII and Pope Pius VII said this as the reason, “Let those three fingers that have written so well for the honor of God of the Blessed Virgin and of religion be carefully preserved and sent to Rome.”

Setelah kematian Liguori, kuburnya di Nocera dibuka. Tiga jari tangannya yang dipakainya menulis, dipotong dari tangannya, dan dikirimkan ke Roma atas permintaan Paus Pius VII, dan Paus Pius VII berkata demikian sebagai alasannya, “Hendaknya ketiga jari tersebut yang telah menulis sedemikian bagusnya demi kehormatan Allah, tentang Perawan Yang Diberkati, dan tentang agama, disimpan dengan hati-hati dan dikirim ke Roma.”


Now you know some things about St. Alphonsus Liguori and I felt that it was important for you to know because I am going to read mostly quotations from his book The Glories of Mary which is an encyclopedia of the history of the concept that the Roman Catholic church has had of Mary in the course of the century. What we are going to discover, is that everything which the Bible attributes to Jesus, the book The Glories of Mary attributes to Mary.

Sekarang kalian sudah tahu beberapa hal mengenai St. Alphonsus Liguori dan saya merasa hal-hal itu penting kalian ketahui karena kutipan-kutipan yang akan saya bacakan sebagian besar berasal dari buku The Glories of Mary, yang merupakan ensiklopedia sejarah dari konsep yang dimiliki gereja Roma Katolik tentang Maria selama berabad-abad. Apa yang akan kita temukan ialah segala sesuatu yang diatributkan Alkitab kepada Yesus, dalam buku The Glories of Mary, itu diatributkan kepada Maria. 


Now, let’s go through these one by one, the ones that I mentioned at the beginning of our talk about Jesus, and I am going to read you some quotations in Liguori’s book where he applies all  of these titles and all of these functions to Mary.

Nah, marilah kita lihat satu per satu apa yang telah saya sebutkan pada awal pembicaraan kita tentang Yesus, sekarang saya akan membacakan beberapa kutipan dari buku Liguori di mana dia mengaplikasikan semua jabatan dan fungsi itu kepada Maria.


·       How about the Creator? You say, “Certainly Liguori could not say that Mary was there creating with Jesus!” If you don’t think so, think again. Allow me to read you this statement from pg. 368 of his book ~ by the way, I read this book with a fine tooth comb very, very carefully in preparation for this lecture ~ he says this, and he is quoting St. Bonaventure: “The world which thou with God…” he is speaking about Mary, “…The world which thou with God didst form from the beginning continues to exist at thy will, o, most holy virgin’; the saint adhering in this to the words of Proverbs applied by the church to Mary, and these are the words, ‘I was with Him forming all things’. St. Bernardine adds, that it was for the love of Mary that God did not destroy man after Adam’s sin. He preserved it on account of His most singular love for this Blessed Virgin.” Now, where in the Bible do you find such a concept, that Mary was there at the beginning creating this world with Jesus? It  is absurd. Because Mary obviously had an origin long after the creation of this world.

·       Bagaimana dengan Sang Pencipta? Kalian berkata, “Pasti Liguori tidak bisa mengatakan Maria hadir di sana menciptakan bersama-sama Yesus!” Jika itu perkiraan kalian, kalian salah. Izinkan saya membacakan pernyataan ini dari hal 368 bukunya ~ ketahuilah saya telah membaca buku ini dengan sangat teliti untuk mempersiapkan ceramah ini ~ Liguori berkata demikian, dan dia mengutip dari St. Bonaventura: “’Dunia yang engkau bentuk bersama Allah…” dia sedang berbicara tentang Maria, “…’Dunia yang engkau bentuk bersama Allah sejak semula, terus ada karena kemauanmu, o, Perawan yang tersuci’; dalam hal ini para orang kudus berpegang pada kata-kata kitab Amsal yang diaplikasikan oleh gereja kepada Maria, dan inilah kata-katanya, ‘Aku (= Maria) ada bersamaNya membentuk segala sesuatu.’ St. Bernardine menambahkan, bahwa demi cintaNya kepada Maria-lah Allah tidak membinasakan manusia setelah dosa Adam. Allah mempertahankannya demi cinta satu-satuNya untuk Perawan Yang Diberkati ini.” Sekarang, di mana dalam Alkitab ditemukan konsep demikian, bahwa Maria ada pada awal mulanya, menciptakan dunia ini bersama Yesus? Ini sama sekali tidak masuk akal, karena jelas awal mula Maria itu amat sangat jauh setelah penciptaan dunia ini.


·       Now, the Bible says that Jesus was born holy. And so St. Alphonsus Liguori says Mary must also been born holy. Notice this statement from pg. 269, Mary was conceived without sin, that the Divine Son might be born of her without sin.” Notice that Mary was conceived without sin, so that Jesus could also be conceived without sin.

·       Nah, Alkitab berkata bahwa Yesus dilahirkan kudus. Maka St. Alphonsus Liguori berkata Maria juga harus dilahirkan kudus. Perhatikan pernyataannya dari hal. 269, Maria dibuahi tanpa dosa, agar Anak Ilahi itu boleh dilahirkan darinya tanpa dosa.” Perhatikan bahwa Maria yang dibuahi tanpa dosa agar Yesus juga bisa dibuahi tanpa dosa.


·       Not only that, the Bible says that Jesus never sinned during His life. So of course Mary never sinned during her life either. Notice Liguori pg. 299. “The Blessed Virgin never committed any actual sin, not even a venial one.” And in the Roman Catholicism there are mortal sins which are the most serious and there are venial sins which are less serious. And so what Liguori is saying is that Mary was not only conceived without sin, but he's saying that she actually, during her whole life, never sinned. 

·       Bukan itu saja, Alkitab berkata bahwa Yesus tidak pernah berbuat dosa selama hidupNya. Jadi, tentu saja Maria juga tidak pernah berbuat dosa selama hidupnya. Perhatikan Liguori hal. 299, “Perawan Yang Diberkati itu tidak pernah melakukan dosa apa pun, bahkan tidak juga dosa yang kecil.” Dalam Roman Katolikisme ada dosa besar yaitu dosa-dosa yang sangat parah, dan ada dosa kecil, yang tidak begitu parah. Maka apa yang dikatakan Liguori ialah bahwa Maria bukan saja dibuahi tanpa dosa, tetapi dia berkata bahwa Maria bahkan selama hidupnya tidak pernah berbuat dosa.

·       Now the Bible says that Jesus is God in the flesh.  Listen to this quotation, this isn't from Liguori.  It's from Mark Miravalle, who is from Spain.  He wrote a book called, Mary Co-Redemptorex, Mediatrix,  Advocate. Page 54 he says this, speaking about Mary  and the Holy Spirit: “Still their union is so inexpressible,  and so perfect, that the Holy Spirit acts only by the  immaculata,…” in other words, by the immaculate one, “…His spouse.  The third person of the blessed trinity never took flesh…”  In other words, the Holy Spirit never took flesh.  “…Still our human word spouse is far too weak to express the  reality of the relationship between the immaculata  and the Holy Spirit….”  And here comes the amazing portion of the quotation.  “…We can affirm that she is in a certain sense the incarnation  of the Holy Spirit.”  She would have to be God to be the incarnation  of the Holy Spirit!

·       Nah, Alkitab berkata Yesus adalah Allah dalam bentuk manusia. Dengarkan kutipan ini, ini bukan berasal dari Liguori, ini dari Mark Miravalle dari Spanyol. Dia menulis buku berjudul, Mary, Co-Redemptorex, Mediatrix, Advocate [= Maria, Rekan-Juruselamat, Perantara, Pembela]. Di hal. 54 dia berkata demikian, berbicara mengenai Maria dan Roh Kudus: “Namun persatuan mereka begitu tidak bisa diungkapkan, dan begitu sempurna sehingga Roh Kudus hanya bertindak melalui sang Imakulata [Maria]…” dengan kata lain, melalui [Maria] yang tidak berdosa, “…istriNya. Pribadi ketiga Trinitas tidak pernah menjadi manusia…” dengan kata lain, Roh Kudus tidak pernah menjadi manusia. “…Namun demikian kata ‘istri’ yang kita kenal terlalu kecil untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari hubungan antara sang Imakulata dengan Roh Kudus…” kemudian inilah bagian yang luar biasa dari kutipan tersebut, “…Kami bisa menegaskan bahwa dia [Maria] dalam pemahaman tertentu merupakan inkarnasi Roh Kudus.” Dengan demikian Maria haruslah seorang Allah untuk bisa menjadi inkarnasi Roh Kudus!


·       We noticed in Scripture that Jesus is full of grace.  Of course Mary has to be full of grace too, because she's actually competing with Jesus  in Roman Catholic theology.  Page 155, actually Liguori is quoting Father Contenson,  and he says, speaking about Jesus:  My wounds are ever-flowing fountains of grace, but their streams will reach no one but by the channel of Mary. In vain will he invoke Me as a Father who has not venerated Mary as a mother.”

·       Kita menyimak di Kitab Suci bahwa Yesus itu penuh kasih karunia. Tentu saja Maria juga harus penuh kasih karunia, karena dalam theologi Roma Katolik dia benar-benar bersaing dengan Yesus. Hal. 155, sebenarnya Liguori mengutip Romo Contenson di sini dan dia berkata, berbicara tentang Yesus, “Bilur-bilurKu adalah sumber kasih karunia yang senantiasa mengalir, tetapi alirannya tidak akan mencapai siapa pun kecuali melalui saluran Maria. Sia-sialah dia yang berdoa memohon kepadaKu sebagai Bapa, yang tidak memuja Maria sebagai ibu.”


·       On page 159 and 160 we find this amazing statement: “As the moon which stands between the sun and the earth, transmits to this latter whatever it receives from the former, so does Mary pour out upon us who are in this world, the heavenly graces she receives from the divine sun of justice.

·       Di hal. 159-160 kita temukan pernyataan luar biasa ini, “Seperti bulan yang berdiri di antara matahari dan bumi, yang menyampaikan kepada yang terakhir (bumi) apa yang diterimanya dari yang pertama (matahari), demikian pulalah Maria mencurahkan kepada kita yang berada di bumi ini, kasih karunia surgawi yang diterimanya dari matahari keadilan yang ilahi.”


·       And notice the quotation he gives from St. Bernardine,  one of the great saints of the Roman Catholic Church.  On page 161:  “From the moment that this Virgin Mother conceived the Divine Word in her womb, she acquired a special jurisdiction so to say, over all the gifts of the Holy Ghost, so that no creature has since received any grace from God otherwise than through the hands of Mary.
You see, she's full of grace, and therefore she is the only  one who is able to impart all of the graces of  God to human beings.

·       Dan perhatikan kutipan yang diberikannya dari St. Bernardine, salah satu orang kudus terkenal di gereja Roma Katolik. Di hal. 161, “Sejak saat Bunda Perawan ini mengandung Firman Ilahi dalam rahimnya, dia mendapatkan ~ katakanlah ~ kuasa istimewa atas semua karunia Roh Kudus, sehingga sejak saat itu tidak ada makhluk ciptaan yang menerima kasih karunia apa pun dari Allah selain melalui tangan Maria.”
Kalian lihat, Maria itu penuh kasih karunia, karena itu dialah satu-satunya yang bisa membagikan semua kasih karunia Allah kepada manusia.


·       Now, interestingly enough, the Roman Catholic Church teaches that she took the nature of Adam before the fall, as they believe that Jesus took the nature of Adam before the fall.  On page 297 of Liguori we find this quotation: For not only is it true that the flesh of Jesus is that same as that of Mary, but the flesh of our Savior even after His resurrection remained the same that He had taken from His mother.”

·       Nah, yang cukup menarik, gereja Roma Katolik mengajarkan bahwa Maria memiliki kodrat Adam sebelum kejatuhannya dalam dosa, sebagaimana mereka meyakini Yesus memiliki kodrat Adam sebelum kejatuhannya dalam dosa. Di hal. 297 buku Liguori kita dapati kutipan ini: “Karena tidak saja benar bahwa kemanusiaan Yesus itu sama dengan kemanusiaan Maria, tetapi kemanusiaan Juruselamat kita bahkan setelah kebangkitanNya tetap sama sebagaimana yang diperolehNya dari ibuNya.”


·       You read Liguori's book and you constantly find that Mary is loving, kind, accessible, compassionate, very sympathetic, and very easy to approach.  It's interesting to notice that the Roman Catholic Church also teaches in The Glories of Mary, through the writings of Liguori, that Mary was a priest because she offered her Son on the cross.  Infact let me read you that statement on page 394 we find this, according to Liguori: “Hence St. Epiphanius calls her a ‘priest’.”
Constantly you will find the idea that Mary immolated Jesus.  Immolated means to what? to sacrifice or to offer.  Now if she offered Jesus, she must be a priest in order to be able to offer Him.  And so you find several times in the book of Liguori that Mary was a priest, but of course, Jesus was a priest also. 

·       Jika kita baca buku Liguori maka kita selalu melimat bahwa Maria itu mengasihi, baik, mudah didekati, penuh iba, sangat berempati, dan sangat mudah dicapai. Menarik bahwa gereja Roma Katolik juga mengajarkan di buku The Glories of Mary melalui tulisan Liguori bahwa Maria adalah seorang imam karena dia yang mempersembahkan Anaknya di salib. Bahkan izinkan saya membacakan pernyataan tersebut di hal. 394, di mana kita lihat menurut Liguori, “Mulai saat itu St. Epiphanus memanggilnya [memanggil Maria] seorang ‘imam’.”
Terus-menerus kita menemukan konsep bahwa Maria mengorbankan Yesus. Mengorbankan artinya apa? Mempersembahkan sebagai kurban. Nah, jika dia mempersembahkan Yesus, tentunya dia haruslah seorang imam agar dia dapat mempersembahkan Yesus. Maka kita temukan beberapa kali dalam buku Liguori bahwa Maria adalah seorang imam. Tentunya karena Yesus juga seorang Imam.


·       Also in the book of Liguori several times you find the idea that Mary is the advocate, or the mediator, which the Bible says that only Jesus is the advocate and the mediator.  Notice on page 124 he quotes St. Bonaventure: “’…before Mary there was no one who could thus dare to restrain the arm of God’ but now if God is angry with a sinner and Mary takes him under her protection, she withholds the avenging arm of her Son and saves him.”
What picture of Jesus does that give? 

·       Juga dalam buku Liguori beberapa kali kita temukan konsep bahwa Maria adalah pembela, atau perantara, yang menurut Alkitab hanya Yesuslah pembela dan perantara. Perhatikan hal. 124 dia mengutip St. Bonaventura: “…’sebelum Maria tidak ada seorang pun yang berani menahan lengan Allah’ tetapi sekarang bila Allah marah terhadap seorang yang berdosa, maka Maria membawa orang tersebut ke bawah perlindungannya, Maria yang menahan lengan AnakNya yang akan menuntut balas, dan menyelamatkan orang itu.”
Gambaran ini membuat Yesus seperti apa?


·       On page 196 Liguori says: “Christ is a faithful and powerful mediator between God and men, but in Him men fear the majesty of God. A mediator then was needed with the Mediator Himself, nor could a more fitting one be found than Mary.”
So you need a mediator with the Mediator, because the Mediator, Jesus, is basically unapproachable. 

·       Di hal. 196 Liguori berkata, “Krisitus adalah Perantara yang setia dan besar kuasanya antara Allah dengan manusia, namun dalam DiriNya manusia takut pada keagungan Allah. Maka dibutuhkan seorang perantara dengan Sang Perantara itu sendiri, dan tidak ada yang lebih tepat daripada Maria.”
Jadi diperlukan seorang perantara dengan Sang Perantara, karena Sang Perantara, Yesus, pada dasarnya tidak bisa didekati.


·       Notice this statement from page 246: “Frequently our petitions are heeded sooner when we address ourselves to Mary, the queen of mercy and compassion than when we go directly to Jesus who as King of Justice is our Judge.”
Can you imagine prayers being answered more quickly going through Mary than going directly to Jesus?  Where in Scripture do we find such an idea? 

·       Perhatikan pernyataan ini dari hal. 246: “Seringkali permohonan kita lebih cepat didengar bila kita mengalamatkannya kepada Maria, ratu yang penuh iba dan berbelas kasihan, daripada bila kita langsung ke Yesus, yang sebagai Raja Keadilan adalah Hakim kita.”
Bisakah kalian bayangkan doa-doa akan dijawab lebih cepat melalui Maria daripada langsung kepada Yesus? Di mana di Kitab Suci kita temukan konsep seperti ini?


·       Page 246 Liguori says this:  “The Franciscan Chronicles relate that a certain Brother Leo saw in a vision two ladders, the one red, the other white. On the upper end of the red ladder stood Jesus and on the other stood His holy mother. The brother saw that some tried to climb the red ladder but scarcely had they mounted some rungs when they fell back. They tried again but with no better success. Then they were advised to try the white ladder and to their surprise they succeeded for the Blessed Virgin stretched out her hand and with her aid they reached heaven.”
That's blasphemy folks.  When you say that Mary is more compassionate than Jesus is, it totally flies in the face of the Scriptural evidence. 

·       Hal. 246 Liguori berkata demikian, “…The Franciscan Chronicles mengisahkan seorang Sdr. Leo dalam penglihatannya melihat dua tangga, satu merah, satu putih. Di bagian atas tangga yang merah berdiri Yesus, dan di tangga yang satunya berdiri ibuNya yang suci. Saudara itu melihat ada yang berusaha menaiki tangga merah tetapi baru saja mereka menaiki beberapa tali, mereka sudah jatuh. Mereka mencoba lagi, tapi tidak lebih berhasil. Lalu mereka disuruh mencoba tangga yang putih, dan herannya mereka berhasil karena Perawan Yang Diberkati mengulurkan tangannya dan dengan bantuannya mereka mencapai surga.”
Ini namanya menghujat, Saudara-saudara. Bila kita mengatakan Maria itu lebih berbelaskasihan daripada Yesus, itu sudah sama sekali bertolakbelakang dengan bukti-bukti Kitab Suci.


·       On page 256 Liguori quotes St. Fulgentius: “O, how long since would the world have been destroyed, had not Mary sustained it by her powerful intercession.

·       Di halaman 256 Liguori mengutip St. Fulgentius: “O, betapa sudah sejak lama dunia ini telah dihancurkan, seandainya bukan Maria yang mempertahankannya lewat perantaraannya yang penuh kuasa.”


·       He also quotes a prayer by St. Ephraim, and this is incredible. Page 273: “O, Immaculate Virgin, we are under thy protection and therefore unitedly we have recourse to thee; and we beseech thee to prevent thy beloved Son who is irritated by our sins, from abandoning us to the power of the Devil.

·       Dia juga mengutip doa St. Ephraim dan ini sungguh sulit dipercaya. Hal. 273: “O, Perawan Imakulata, kami berada di bawah perlindungamu dan karenanya bersama-sama kami punya jalur untuk mohon pertolonganmu. Kami mohon kepadamu untuk mencegah Anakmu yang terkasih, yang jengkel karena dosa-dosa kami, agar tidak meninggalkan kami pada kuasa Iblis.


·       St. Bernard, according to Liguori, prayed this prayer: “We fly to thy protection, appease the wrath of thy Son and restore us to His grace.”

·       Menurut Liguori, St. Bernard, berdoa demikian: “Kami bergegas menuju perlindunganmu, redakan murka Anakmu dan pulihkan kami pada kasih karuniaNya.”


·       According to Liguori's book Mary is not only our Advocate,  but she's also our mediator and our intercessor.  Listen to this amazing quotation from page 117,  and this is a prayer.  “O, Mother of holy love, our life, our refuge, and our hope…” did we notice that Jesus is all of those three things ~ our life, our refuge, our hope?. “…Thou well knowest that thy Son Jesus Christ, not content with being Himself our perpetual Advocate with the eternal Father, has willed that thou shouldest interest thyself with Him, in order to obtain the divine mercies for us.”

·       Menurut buku Liguori, Maria bukan saja pembela kita, tetapi dia juga mediator dan perantara kita. Dengarkan kutipan luar biasa ini dari hal. 117, dan ini adalah suatu doa: “O, Bunda kasih yang suci, hidup kami, tempat perlindungan kami, harapan kami…” apakah kita sadar bahwa Yesus-lah ketiga hal itu ~ hidup kita, perlindungan kami, harapan kita? “…Engkau sangat tahu bahwa Anakmu Yesus Kristus, tidak puas DiriNya menjadi Pembela kita terus-menerus di hadapan Bapa yang kekal, telah menghendaki engkau ikut menaruh perhatian bersamaNya, guna mendapatkan kemurahan ilahi bagi kami.”


·       Page 164: “They found the Child with Mary, His mother,…” That's a quotation from Scripture, “…reminds us that if we wish to find Jesus, we must go to Mary. We may then conclude, that in vain shall we seek for Jesus, unless we endeavor to find Him with Mary.”

·       Hal. 164, “Mereka mendapati Anak itu bersama Maria, ibuNya…” itu adalah kutipan dari Kitab Suci, “…mengingatkan kita bahwa jika kita mau menemukan Yesus, kita harus datang ke Maria. Dengan demikian kami bisa menyimpulkan bahwa akan sia-sialah kita mencari Yesus, kecuali kita berusaha mencariNya bersama Maria.”


·       Page 38. There's so many of these that I could read.  He says, “Earnest Archbishop of Prague also remarks that the Eternal Father gave the office of judge and avenger to the Son and that of showing mercy, and relieving the necessities to the Mother.” 

·       Hal. 38, ada begitu banyak yang seperti ini yang bisa saya bacakan. Dia berkata, “Earnest, Uskup Agung Praha juga berkomentar bahwa Bapa Kekal memberikan jabatan hakim dan pembalas kepada Anak dan bagian menyatakan belas kasihan, dan meringankan kebutuhan, kepada sang Bunda.”


·       On page 43 he says, “Although Mary is under an infinite obligation to the Son for having chosen her to be His mother,  yet it cannot be denied that the Son is under great obligation  to her for having given Him His humanity.  And therefore Jesus to pay, as it were, what He owes to Mary,  and glorying in her glory, honors her in a special manner  by listening to, and granting all her petitions.” 

·       Di hal. 43 dia berkata, “Walaupun Maria berutang budi yang tak terbatas kepada Sang Anak karena telah memilihnya sebagai ibuNya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa Sang Anak berutang budi besar kepadanya karena telah memberikan kemanusiaanNya kepadaNya. Maka Yesus demi membayar apa yang diutangnya kepada Maria, dan memuliakannya dalam kemuliaannya, menghormatinya dengan cara yang istimewa dengan mendengarkan dan mengabulkan semua permohonannya.”


·       On pages 136 and 137 he quotes St. Anselm in the following way:  “When we have recourse to this Divine Mother not only we may be sure of her protection, but that often we  shall be heard more quickly, and be thus preserved if we have  recourse to Mary, and call on her holy name, than we should  if we called on the name of Jesus our Savior.”  And what is the reason Anselm gives for this?  That to Jesus as judge it belongs also to punish,  but mercy alone belongs to the Blessed Virgin as a patroness.”

·       Di hal. 136-137 dia mengutip St. Anselm dengan cara berikut: “Bila kita punya jalur ke Bunda Ilahi, kita bukan saja boleh meyakini perlindungannya, tetapi seringkali permohonan kita akan didengar lebih cepat, dan dengan demikian diselamatkan jika kita memiliki jalur ke Maria dan memanggil namanya yang kudus, daripada jika kita memanggil nama Yesus Juruselamat kita.” Dan apa alasan yang didberikan Anselm untuk ini? “Bahwa pada Yesus sebagai Hakim terdapat juga hukuman, tetapi belas kasihan hanya milik Perawan Yang Diberkati sebagai pelindung.”


·       Page 137, he says this:  Many things are asked from God  and are not granted.  They are asked from Mary and they are obtained. 

·       Hal. 137, dia berkata ini: Banyak hal yang diminta kepada Allah tidak dikabulkan. Diminta dari Maria, mereka diperoleh”.


·       Do you remember that we read that Jesus is the Savior according to Scripture?  Listen to this quotation that we find in chapter 8,  which the title of this chapter is:  “Mary Our Salvation”.  It's amazing! He quotes Novorinus who says,  “Loving Mother no sooner hears them call...”  the loving mother no sooner hears them call, “…upon her,  than she offers her prayers to God, and these prayers  as a heavenly dew immediately refresh them in their burning pains.”  She's talking about those who are burning  in the fires of purgatory.

·       Apakah kalian ingat kita pernah membaca bahwa Yesus adalah Juruselamat menurut Kitab Suci?  Dengarkan kutipan yang kita temukan di pasal 8, judul bab ini adalah “Maria, Juruselamat Kita” Mengagumkan! Dia mengutip Novorinus yang berkata, “Bunda yang mengasihi, begitu mendengar mereka memanggil…” bunda yang mengasihi begitu mendengar mereka memanggil, “…kepadanya, dia segera mempersembahkan doa-doanya kepada Allah, dan doa-doa ini seperti embun surgawi segera menyegarkan mereka yang kesakitan karena terbakar.” Dia berbicara tentang mereka yang sedang dibakar di api pencucian.


·       He also quotes, on page 247, the prayer to Mary, which is titled, Salve Regina, “O, Mary,  I hope most certainly to be saved by thy means. Pray to Jesus for me. Nothing else is needed. Thou hast to save me, thou art my hope. I will therefore always sing, O, Mary, my hope, thou hast to save me.” 
According to Scripture who is the only Savior? Jesus Christ!  But because in all things Mary has to be like Jesus,  Mary also is declared the savior. 

·       Dia juga mengutip di hal. 247, doa kepada Maria yang berjudul Salve Regina, “O, Maria, aku berharap benar-benar diselamatkan melalui upayamu. Mohonlah kepada Yesus bagiku. Yang lain tidak diperlukan. Engkau harus menyelamatkan aku, engkaulah harapanku. Oleh karenanya aku akan selalu bernyanyi, O, Maria, harapanku, engkau harus menyelamatkan aku.”
Menurut Kitab Suci siapakah satu-satunya Juruselamat? Yesus Kristus! Tetapi karena dalam segala hal Maria harus sama dengan Yesus, maka Maria juga dinyatakan sebagai juruselamat.


·       On page 170 we find these words of Liguori,  speaking about Mary as savior:  “St. Bernardine of Sienna thus addresses this Blessed Virgin: ‘O, Lady, since thou art the dispenser of all graces and since the grace of salvation can only come through thy hands, our salvation depends on thee.”

·       Di hal. 170 kita temukan kata-kata Liguori ini, berbicara tentang Maria sebagai juruselamat: “St. Bernardine dari Sienna berkata demikian kepada Perawan Yang Diberkati: ‘Oh, Ibu, karena engkaulah yang membagikan semua kasih karunia, dan karena karunia keselamatan hanya bisa datang melalui tanganmu, keselamatan kami tergantung padamu.’”


·       The Bible says that Jesus offered His life as a sacrifice.  Notice, according to Liguori, who offered Jesus as a sacrifice. Page 49. “St. William says that, ‘Mary in order that she might save many souls, exposed her own to death.’ Meaning that to save us, she sacrificed the life of her Son. And this is only one quotation of many. The Bible says that God gave His Son.  Well, if God gave His Son, of course, Roman Catholics say,  Mary had to give her Son, too.

·       Alkitab berkata bahwa Yesus mempersembahkan hidupNya sebagai kurban. Perhatikan, siapa menurut Liguori yang mempersembahkan Yesus. Hal. 49, “St. William berkata bahwa, ‘Agar supaya Maria bisa menyelamatkan banyak jiwa, dia menyerahkan miliknya sendiri kepada kematian.’ Berarti untuk menyelamatkan kita, Maria mengorbankan nyawa Anaknya.” Dan ini hanya satu di antara banyak kutipan yang seperti ini. Alkitab berkata bahwa Allah mengaruniakan AnakNya, nah, jika Allah mengaruniakan AnakNya, tentu saja Roma Katolik berkata, Maria juga mengaruniakan Anaknya.

·       So on page 35 we find this statement: “Thus, as it is written of the eternal Father, that God so loved the world as to give His only begotten Son [John 3:16] so also we can say of Mary, that she so loved the world as to give her only begotten Son.   That's page 35.

·       Jadi di hal. 35 kita temukan pernyataan ini, “Jadi, sebagaimana tertulis tentang Bapa Kekal, bahwa sedemikian besarnya kasih Allah akan dunia sehingga Dia mengaruniakan AnakNya satu-satunya [Yoh. 3:16], begitu juga kita bisa berkata tentang Maria, bahwa sedemikian besar kasih Maria akan dunia, hingga dia memberikan Anaknya satu-satunya. Itu di hal. 35.

 
·       You remember the Bible says that Jesus is the ladder?  Notice this statement, page 20 of Liguori.  He's quoting St. Bernard.  This Divine Mother, o, my children, is the ladder of sinners by which they reascend to the height of divine grace. She is my greatest confidence, she is the whole ground of my hope.”

·       Kalian ingat Alkitab berkata bahwa Yesus adalah tangga? Perhatikan pernyataan ini, hal. 20 dari buku Liguori. Dia mengutip St. Bernard, “Bunda ilahi ini, o, anak-anakku, adalah tangga bagi orang-orang berdosa, dengan mana mereka bisa naik ke ketinggian kasih karunia ilahi. Maria adalah keyakinanku yang terbesar, dialah dasar dari seluruh harapanku.”


·       Notice this one on page 83.  “With reason does St. Bernard call her ‘the sinner’s ladder’, since she the most compassionate queen, extending her hand to them, draws them from the abyss of sin, and enables them to ascend to God.”
So she's the ladder.

·       Perhatikan ini di hal. 83. “Dengan alasan yang tepat St. Bernard menyebut Maria ‘tangga orang-orang berdosa’ karena dialah ratu yang paling berbelas kasihan, mengulurkan tangannya kepada mereka, mengangkat mereka dari jurang dosa, dan memampukan mereka naik kepada Allah.”
Jadi dialah tangganya.


·       What about prayer? We're supposed to pray to the Father in the name of Jesus.  The idea, according to Liguori, time again in the book is that we are to pray to Jesus through Mary.  Notice this statement on page 162. He's quoting, actually, the words of the Venerable Abbot of Celles. He says:  Address yourselves to the Blessed Virgin, for by her and in her and with her, the world receives, and is to receive every good.
I don't know about you, but I'm simply amazed  at reading these statements.
And these are only a sampling of the statements that we find  in this book, The Glories of Mary.

·       Bagaimana dengan doa? Kita seharusnya berdoa kepada Bapa dalam nama Yesus. Konsepnya, menurut Liguori, berulang-ulang dalam buku itu, ialah kita harus berdoa kepada Yesus melalui Maria. Perhatikan pernyataan di hal. 162 ini. Dia sebenarnya mengutip kata-kata Yang Mulia Abbot [Imam Besar] dari Celles. Dia berkata, Arahkan permohonanmu kepada Perawan Yang Diberkati, karena melalui dia dan di dalam dia, dan bersama dia, dunia menerima, dan akan menerima segala yang baik.”
Entah bagaimana kalian, tapi saya benar-benar terpesona dengan pernyataan-pernyataan ini. Dan ini hanya contoh-contoh dari pernyataan-pernyataan yang kita temukan dalam buku The Glories of Mary ini.


·       Now the Bible says that we know the Father through Jesus.  Notice page 171 of Liguori's book.  “There is no one, o, most holy Mary who can know God but through thee, no one can be saved or redeemed but through thee, o, mother of God, no one who can be delivered from dangers but through thee, o, Virgin Mother, no one who obtains mercy but through thee, o, filled with all grace.”  So the only way that we can know Jesus and the Father,  according to Liguori, is through the instrumentality of Mary.

·       Nah, Alkitab berkata bahwa kita mengenal Bapa melalui Yesus. Perhatikan hal. 171 dari buku Liguori. “Tidak ada seorang pun, o, Maria yang tersuci, yang bisa mengenal Allah kecuali melalui engkau, tidak ada seorang pun yang bisa diselamatkan atau ditebus selain melalui engkau, o, ibu Allah, tidak ada seorang pun yang bisa diselamatkan dari marabahaya kecuali melalui engkau, o, Bunda Perawan, tidak seorang pun yang bisa mendapatkan belas kasihan selain melalui engkau, o, yang dipenuhi oleh kasih karunia.”
Jadi satu-satunya jalan kita bisa mengenal Yesus dan Bapa, menurut Liguori, adalah melalui perantaraan Maria.

·       The Bible says that Jesus helps us when we are tempted. Well, obviously we must conclude that Mary has to help people when they are tempted.
Notice page, eh, this is a different book, no, it's actually The Glories of Mary, page 58. 
“When we are tempted, says St. Thomas of Villanova, all we need to do is what little chicks do as soon as they see a hawk. They run under the wings of the mother hen. And this is the way we should act when tempted ~ not linger to reason with the danger but immediately fly and take cover under Mary’s mantle.”

·       Alkitab berkata bahwa Yesus membantu kita saat kita dicobai. Nah, jelas kita harus menyimpulkan bahwa Maria juga menolong manusia saat mereka dicobai. Perhatikan halaman, eh, ini dari buku yang lain, oh, bukan, ini betul dari The Glories of Mary, hal. 58, “Saat kita dicobai, kata St. Thomas dari Villanova, apa yang perlu kita lakukan hanyalah apa yang dilakukan anak-anak ayam begitu mereka melihat seekor burung elang, yaitu mereka lari ke bawah sayap induk ayam. Dan beginilah yang harus kita lakukan bila kita dicobai ~ tidak menghabiskan waktu dalam tawar menawar dengan bahaya, tetapi segera bergegas dan bersembunyi di bawah mantel Maria.”


·       Now, the Bible says that Jesus is the door.  Of course Mary would have to be the door, too.  Notice Liguori, page 153:  “And St. Laurence Justinian asks, ‘How can she be otherwise than full of grace, who has been made the ladder to paradise, the gate of heaven, the most true mediatress between God and men?’”

·       Nah, Alkitab berkata bahwa Yesus itulah pintu. Tentu saja Maria juga harus menjadi pintu. Perhatikan Liguori, hal. 153, “Dan St. Laurence Justinian bertanya, ‘Bagaimana Maria bisa lain daripada penuh kasih karunia, yang telah dijadikan tangga ke Surga, gerbang Surga, perantara yang paling benar antara Allah dengan manusia?”


·       On page 160 we find this quotation:  “St. Bonaventure says that Mary is called ‘the gate of heaven’ because no one can enter that blessed kingdom without passing through her.”

·       Di hal. 160 kita temukan kutipan ini: “St. Bonaventura berkata bahwa Maria disebut ‘gerbang Surga’ karena tidak ada orang yang bisa masuk ke kerajaan itu tanpa melalui dia.”


·       On page 239 he quotes St. Ambrose who says this:  “Open to us, o, Mary, the gate of paradise, since thou hast its keys. Nay, more, the church says, that thou art its gate.”

·       Di hal. 239 dia mengutip St. Ambrose yang berkata demikian: “Bukakanlah bagi kami, o, Maria, gerbang Surga, karena engkau yang memegang kuncinya. Tidak, lebih dari itu, kata gereja, engkaulah gerbang itu.”


·       Finally, on page 43 we find this remarkable statement. Supposedly Mary appeared to St. Bridget and said these words:  “I am the Queen of Heaven and the Mother of Mercy. I am the joy of the just and the door through which sinners are brought to God.”
You see, Jesus is no longer the door; Mary is the door. 

·       Akhirnya, di hal. 43, kita mendapatkan pernyataan yang luar biasa ini. Konon katanya Maria menampakkan dirinya kepada St. Bridget dan mengucapkan kata-kata ini, “Akulah ratu Surga dan ibu belas kasihan. Akulah sukacita orang-orang benar, dan pintu yang dilalui oleh orang-orang berdosa untuk dibawa kepada Allah.”
Kalian lihat, pintunya bukan lagi Yesus; pintunya Maria.


·       Do you remember the rod of Jesse?  It says in Isaiah 11:1 that Jesus is the rod of Jesse.  It's a Messianic prophecy.  Listen to Liguori, page 101: “Cardinal Hugo, explaining these words…”  about the rod and the staff of Psalm 23:4 “…these words of the royal prophet says, that the staff signifies the cross, and the rod is the intercession of Mary, for she is the rod foretold by the prophet Isaiah: ‘And there shall come forth a rod out of the root of Jesse, and a flower shall rise up out of his root.’”
Quoting Isaiah 11:1 and applying it to Mary.

·       Ingatkah kalian akan batang Isai? Dikatakan di Yesaya 11:1 Yesus adalah batang Isai, ini adalah nubuatan mesianik. Dengarkan Liguori, hal. 101: “Kardinal Hugo menjelaskan kata-kata ini…” tentang batang dan tongkat di Mazmur 23:4  “…nabi raja ini mengatakan bahwa tongkat melambangkan salib, dan batang adalah perantaraan Maria, karena dialah batang yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya:  ‘Dan akan keluar suatu batang dari akar Isai, dan sekuntum bunga akan muncul dari akarnya.’” Mengutip Yesaya 11:1 dan mengaplikasikannya kepada Maria.



·       The Bible says that Jesus is the Redeemer.  Well, you would have to conclude that Mary is also the Redeemer,  or Co-Redemptrix. We're going to talk about this a little bit  later on in our series. 

·       Alkitab berkata bahwa Yesus adalah Penebus. Nah, kita bisa menyimpulkan bahwa Maria juga si penebus, atau rekan-penebus. Kita akan membahas ini nanti dalam serial kita ini.


·       I have to move on. Do you remember that we're supposed to flee to Jesus,  who is our refuge?  Notice Liguori, page 119, speaking about the six cities of refuge, “Nowadays these cities are not so numerous. There is but one, and that is Mary, of whom the Psalmist says ‘Glorious things are said of thee, o, city of God.’”
Constantly he says that we're to flee to Mary for refuge.  In Hebrews 6:18 it says we're to flee to Jesus for refuge. 

·       Saya harus lanjut. Ingatkah kalian bahwa kita harus lari kepada Yesus yang adalah tempat perlindungan kita? Perhatikan Liguori, hal. 119, berbicara tentang enam kota perlindungan, “Sekarang ini, kota-kota itu sudah tidak begitu banyak. Hanya ada satu, dan itu ialah Maria, yang dikatakan oleh pemazmur: ‘Hal-hal yang mulia dikatakan tentang engkau, ya kota Allah’.”


·       In Hebrews 4 we're told that we're supposed to come  to the throne of grace for help in time of trial. Notice Liguori, page 257. He's quoting St. Antoninus. Mary is that throne of grace to which the apostle St. Paul, in his epistles to the Hebrews exhorts us to fly with confidence, that we may obtain the divine mercy and all the help we need for our salvation.”
Hebrews says that it was Jesus. 

·       Di Ibrani 4 kita mendapat tahu bahwa kita harus bergegas ke takhta kasih karunia untuk mendapatkan pertolongan di masa pencobaan. Perhatikan Liguori, hal. 257. Dia mengutip St. Antoninus, “Maria adalah takhta kasih karunia tersebut, ke mana rasul St. Paulus dalam suratnya kepada Ibrani, mendorong kita untuk bergegas pergi dengan keyakinan, bahwa kita boleh beroleh belas kasihan ilahi dan segala bantuan yang kita butuhkan bagi keselamatan kita.”
Kitab Ibrani mengatakan itu Yesus.


·       We noticed that Jesus, according to Scripture, is the sun, S-U-N.  Liguori says on page 90: “Take away the sun, and where will be the day? Take away Mary and what will be left but the darkest night? When a soul loses devotion to Mary, it is immediately enveloped in darkness.”
Page 55. If Mary ignores  and condemns someone that person is inevitably lost. Therefore woe to those who turn their back on this sun.” S-U-N. 

·       Kita melihat bahwa menurut Kitab Suci, Yesus adalah matahari. Liguori berkata di hal. 90, “Singkirkan matahari, dan di mana siangnya? Singkirkan Maria, dan apa yang tersisa selain kegelapan malam yang paling pekat? Bila orang tidak lagi memuja Maria, dia segera terselimut dalam kegelapan.”
Hal. 55, Jika Maria tidak mengacuhkan dan menghukum seseorang, maka orang tersebut sudah pasti binasa. Karena itu, celakalah mereka yang membalikkan punggung terhadap matahari ini.”


·       You remember the Bible says that Jesus is our life?  Well, Mary would have to be our life according to Roman Catholic theology. Liguori, page 91. “St. Germanus called the most Blessed Virgin the breath of Christians; for as the body cannot live without breathing, so the soul cannot live without having recourse to and recommending itself to Mary, by whose means we certainly acquire and preserve the life of divine grace within our souls.”

·       Kalian ingat Alkitab berkata bahwa Yesus itu hidup kita? Nah, Maria juga haruslah menjadi hidup kita menurut theologi Roma Katolik. Liguori hal. 91, “St. Germanus menyebut Perawan yang paling diberkati itu, nafas orang-orang Kristen; karena sebagaimana tubuh tidak bisa hidup tanpa bernafas, maka jiwa tidak dapat hidup tanpa mempunyai jalur permohonan ke [Maria] dan mengajukan dirinya kepada Maria, melalui siapa kita pasti mendapatkan dan memelihara kehidupan karunia ilahi dalam jiwa kita.”


·       The Bible says that we're transformed by contemplating Jesus, by beholding Jesus. Notice what Liguori says about how we're changed. Page 70. “Thou art so pure and I defiled with many sins; thou so humble and I so proud; thou so holy and I so wicked. This then, is what thou hast to do, o, Mary, since thou lovest me, make me like thee. Thou hast all powers to change hearts,…”  did you catch that?  “…Thou hast all powers to change hearts, take then mine and change it. Show the world what thou canst do for those who love thee. Make me a saint, make me thy worthy child. This is my hope.”

·       Alkitab berkata bahwa kita diubahkan dengan merenungkan Yesus, dengan memandang Yesus. Perhatikan apa kata Liguori bagaimana kita diubahkan. Hal. 70, “Engkau begitu murni dan aku najis dengan banyak dosa; engkau begitu rendah hati dan aku begitu sombong; engkau begitu suci dan aku begitu jahat. Kalau begitu, inilah yang harus engkau lakukan, o, Maria, karena engkau mencintai aku, jadikan aku seperti engkau. Engkau memiliki segala kuasa untuk mengubah hati…” apakah kalian menangkap ini? “…Engkau memiliki segala kuasa untuk mengubah hati, kalau begitu ambillah punyaku dan ubahkanlah. Tunjukkan kepada dunia apa yang bisa engkau lakukan bagi mereka yang mencintaimu. Jadikan aku orang suci, jadikan aku anakmu yang layak. Inilah harapanku.”


·       Scripture says that we're protected from the power of Satan through Jesus.  Notice this statement in Liguori, page 148. “As wax melts before the fire, so do the devils lose their  power against those souls who often remember the name of Mary,  and devoutly invoke it, and still more so if they also endeavor to imitate her virtues.” 

·       Alkitab berkata bahwa kita dilindungi dari kuasa Setan melalui Yesus. Perhatikan pernyataan ini di buku Liguori hal. 148, “Sebagaimana lilin meleleh di depan api, demikian pula Iblis, yang kehilangan kuasanya atas jiwa-jiwa yang sering ingat nama Maria, dan dengan setia memohon padanya, dan terlebih lagi jika mereka berusaha meniru kebajikan-kebajikannya.”


·       Scripture says that Jesus is our propitiation.  Page 178 of The Glories of Mary we find this statement of Liguori.  It's actually a prayer of his at the end of a chapter.  He says, “I do not even fear an angry God for a single prayer  of thine will appease Him. That's page 178. 
Does God need to be appeased? Doesn't God love us?

·       Kitab Suci berkata bahwa Yesus-lah yang mendamaikan kita. Hal. 178 The Glories of Mary kita melihat pernyataan Liguori ini. Sebenarnya ini adalah doanya pada akhir bab tersebut. Dia berkata, “Aku bahkan tidak takut pada Allah yang pemarah karena satu doamu saja akan meredakan Dia.” Ini hal. 178.
Apakah Allah perlu diredakan amarahnya? Tidakkah Allah mengasihi kita?


·       The Bible says that Jesus has a name that is exalted  above every other name.  Notice this amazing statement. Page 260. “The whole Trinity, o, Mary, gave thee a name after that of thy Son above every other name, that in thy name every knee should bow, of things in heaven, on earth and under the earth.
That's Philippians 2.  It applies to Jesus there. 

·       Alkitab berkata bahwa nama Yesus ditinggikan di atas segala nama yang lain. Perhatikan pernyataan yang luar biasa ini, hal. 260: “Seluruh Trinitas, o, Maria, memberikan kepadamu satu nama, yang setelah Anakmu, di atas segala nama lain, agar di dalam namamu setiap lutut akan bertelut, baik yang di Surga, di bumi, dan di bawah bumi.
Itu Filipi 2 [ayat 10]. Di situ diaplikasikan kepada Yesus.


·       You remember the Bible says that when we die  our hope is found in Jesus?  Well, notice page 103 of Liguori, speaking about Richard of St. Lawrence,  he asks, “Who would dare accuse one who is patronized by the mother of Him who is to judge?”

·       Kalian ingat Alkitab berkata bahwa saat kita mati, harapan kita ada pada Yesus? Nah, perhatikan hal. 103 buku Liguori, berbicara tentang Richard dari St. Lawrence, dia bertanya, “Siapa yang berani menuntut orang yang dilindungi oleh ibu Dia yang akan menghakimi?”


·       Mary not only assists her beloved servants at death  and encourages them, but she herself accompanies them to the tribunal seat of God. 
Well, you have two problems there: the state of the dead problem, and you have the problem of her accompanying the person who has died to the tribunal of God.

·       Maria bukan saja membantu hamba-hamba yang dikasihinya pada saat kematian dan mendukung mereka, tetapi dia sendiri menemani mereka ke takhta pengadilan Allah.
Nah, di sini ada dua masalah: masalah status orang mati, dan masalah Maria menemani orang yang mati ke pengadilan Allah.


·       The Bible says that Jesus is omnipotent.  He can do all things.  Listen to this amazing statement.  Page 181. He's quoting Richard of St. Lawrence. “Yes, Mary is omnipotent, for the queen by every law enjoys the same privileges of the king. And as the power of the Son and that of the mother is the same, a mother is made omnipotent by an omnipotent Son.”
On page 275 he quotes a prayer of St. Germanus of Constantinople.  “Oh Mary, thou art omnipotent to save sinners,  nor needest thou any other recommendation, for thou art the mother of true life.” 

·       Alkitab berkata Yesus itu Mahakuasa, Dia bisa melakukan segala hal. Dengarkan pernyataan yang luar biasa ini, hal. 181, dia mengutip Richard dari St. Lawrence, “Ya, Maria itu mahakuasa, karena ratu menikmati hak-hak khusus yang sama dengan rajanya. Dan sebagaimana kuasa Sang Anak dan ibuNya itu sama, ibuNya menjadi mahakuasa oleh kemahakuasaan Anaknya.”
Di hal. 275, dia mengutip doa St. Germanus dari Konstantinopel, “O, Maria, engkau mahakuasa dalam menyelamatkan orang-orang berdosa, engkau tidak membutuhkan rekomendasi yang lain, karena engkaulah ibu dari hidup yang sejati.”


·       Jesus is the morning star so, of course, Mary has to be the star. Page 122, he quotes St. Bernard.  “If thou wouldest not be lost in the tempest cast thine eyes  on the star and invoke Mary.

·       Yesus itulah bintang fajar, maka tentu saja Maria juga harus menjadi bintang. Hal. 122, dia mengutip St. Bernard, “Jika kamu tidak mau hilang dalam badai, arahkanlah pandanganmu kepada bintang itu dan mohonlah Maria.”


·       The mercy seat that was above the ark of the covenant  represents the throne of God.  But, of course, in Roman Catholic theology, the mercy seat is Mary.  Notice this quotation from page 111.  “In the book of Exodus we read that God commanded Moses to make a mercy seat of the purest gold, because it was thence that He would speak to him.  St. Andrew of Crete says that the whole world embraces Mary  as being this propitiatory.” which is actually the meaning  of the word “mercy seat.”

·       Tutup pendamaian yang di atas Tabut Perjanjian melambangkan takhta Allah. Tetapi tentu saja dalam theologi Roma Katolik, tutup pendamaian itu Maria. Perhatikan kutipan ini dari hal. 111: “Dalam kitab Keluaran kita membaca bahwa Allah menyuruh Musa membuat sebuah tutup pendamaian dari emas murni karena dari sanalah Allah akan berbicara kepadanya. St. Andrews dari Kreta berkata bahwa seluruh dunia meyakini Maria sebagai pendamaian ini.” Yang arti sebenarnya adalah makna kata “tutup pendamaian”.


·       The Bible says that Jesus is the last Adam, so, of course, Mary has to be the last Eve.  Now notice this statement.  This is found on page 113.  “Hence St. Irenaeus remarks that as Eve was seduced by a fallen  angel to flee from God, so Mary was led to receive God  into her womb, obeying a good angel.  And thus by her obedience repaired Eve's disobedience,  and became her advocate and that of the whole human race.”

·       Alkitab berkata bahwa Yesus adalah Adam yang terakhir, maka tentu saja Maria haruslah menjadi Hawa yang terakhir. Perhatikan pernyataan ini, ini terdapat di hal. 113: “Oleh karena itu, St. Irenaeus berkomentar bahwa sebagaimana Hawa ditipu oleh satu malaikat yang berdosa untuk lari dari Allah, demikianlah Maria dipimpin untuk menerima Allah dalam rahimnya, mematuhi satu malaikat yang baik. Dengan demikian, kepatuhan Maria itu memperbaiki ketidakpatuhan Hawa, dan menjadi pembelanya [= pembela Hawa] dan selduruh umat manusia.”


·       On page 165 he quotes St. Bernard, "that as a man  and a woman cooperated in our ruin, so it was proper  that another man and another woman should cooperate  in our redemption; and these two were Jesus and His mother Mary.” 

·       Di hal. 165 dia mengutip St. Bernard,  “bahwa sebagaimana seorang laki-laki dan seorang perempuan bekerjasama dalam kejatuhan kita, maka layaklah seorang laki-laki yang lain dan seorang perempuan lain bekerjasama dalam penyelamatan kita; dan mereka berdua itu adalah Yesus dan ibuNya, Maria.”


·       The Bible says that Jesus crushed the head of the serpent.  Notice in Liguori, page 141, according to him who crushed the head of the serpent?  “From the very beginning God foretold the victory and empire that our queen would one day obtain over the serpent,…”  who would obtain over the serpent? Our queen!  “…when He announced that a woman should come into the world to conquer him. ‘I will put enmities between thee and the woman ~ she shall crush thy head.’  

·       Alkitab berkata bahwa Yesus yang meremukkan kepala ular. Perhatikan di Liguori hal. 141, menurut dia siapa yang meremukkan kepala ular?  “Dari sejak semula, Allah telah menubuatkan kemenangan dan kerajaan yang pada suatu hari akan diperoleh ratu kita atas ular itu…” Siapa yang memperoleh kemenangan atas si ular? Ratu kita!  “…ketika Dia mengumumkan bahwa seorang perempuan akan datang ke dunia untuk mengalahkan dia. ‘Aku aka membuat permusuhan antara kamu dan perempuan ~ perempuan itu akan meremukkan kepalamu.
·       On page 142 we find this statement about Genesis 3:15. “Mary then was this great and valiant woman who conquered  the devil and crushed his head by bringing down his pride.  And as it was foretold by God Himself,  ‘she shall crush thy head’.”
Some doubt as to whether these words refer to Mary,  or whether they do not rather refer to Jesus Christ.  For the Septuagint renders them,
“He shall crush thy head.” But in the Vulgate, which alone was approved by the sacred  Council of Trent, we find “she” and not “He”.
And thus it was understood by St. Ambrose, St. Jerome,  St. Augustine, and a great many others. Quoting tradition, quoting the fathers.

·       Di hal. 142 kita mendapati pernyataan ini tentang Kejadian 3:15, “Jadi Maria-lah perempuan yang hebat dan perkasa yang mengalahkan Iblis dan meremukkan kepalanya dengan mengalahkan kesombongannya. Dan sebagaimana telah dinubuatkan oleh Allah sendiri, ‘Dia (perempuan) akan meremukkan kepalamu’.”
Ada yang ragu-ragu apakah kata-kata ini mengacu kepada Maria, atau apakah kata-kata ini tidak mengacu kepada Yesus Kristus, karena dalam kitab Septuagin dikatakan, ‘Dia (laki-laki) akan meremukkan kepalamu.’. Tetapi dalam kitab Vulgata yang disetujui hanya oleh Konsili Kudus Trent, kita temukan kata “dia (perempuan)” dan bukan “Dia (laki-laki)”. Maka itulah yang dipahami oleh St. Ambrose, St. Jerome, St. Augustine, dan banyak lagi yang lain, mengutip tradisi, mengutip bapak-bapak gereja.


·       Scripture says that Jesus was in the pillar of fire and the pillar of cloud.  Guess who is in the pillar of fire and the pillar of cloud  according to Roman Catholic theology?  Page 147. “It is said in the Old Testament that God guided  His people from Egypt to the land of promise,  by day in a pillar of cloud and by night in a pillar of fire.  This stupendous pillar, at times as a cloud at others a fire  says Richard of St. Lawrence, was a figure of Mary. Fulfilling the double office, she constantly  excercises for our good. As a cloud she protects us from the ardor of, or the burning of divine justice, and as fire she protects us from the devils.” 

·       Alkitab berkata bahwa Yesus adalah tiang api dan tiang awan. Coba tebak siapa tiang api dan tiang awan menurut theologi Roma Katolik? Hal. 147: “Dikatakan dalam Perjanjian Lama bahwa Allah membimbing umatNya dari Mesir ke tanah perjanjian, pada siang hari dalam tiang awan, dan pada malam hari dalam tiang api. Tiang yang menakjubkan ini, terkadang sebagai awan dan terkadang sebagai api, kata Richard dari St. Lawrence, adalah bentuk Maria. Dengan menggenapi dua jabatan, dia terus-menerus berbuat untuk kebaikan kita. Sebagai awan dia melindungi kita dari intensitas atau pembakaran keadilan ilahi, dan sebagai api dia melindungi kita dari para iblis.”


·       The Bible says that we're supposed to cast out devils in the name of Jesus.  Liguori says it's supposed to be done in the name of Mary. 
Notice page 96. This is a very humorous example.  “Bernardine de Bustis relates that a bird was  taught to say Hail Mary.  A hawk was on the point of seizing it when the bird  cried out, ‘Hail Mary!’  In an instant the hawk fell dead.  God intended to show thereby that if even an irrational creature was preserved by calling on Mary,  how much more would those who are prompt in calling on her  when assaulted by devils be delivered from them.

·       Alkitab berkata bahwa kita harus membuang iblis dalam nama Yesus. Liguori berkata itu seharusnya dilakukan dalam nama Maria.
Perhatikan hal. 96, ini adalah contoh yang lucu. “Bernardine de Bustis mengisahkan bahwa seekor burung diajari berkata ‘Salam Maria’. Seekor elang nyaris akan menerkamnya ketika burung itu berteriak ‘Salam Maria!’ dan dalam sekejap elang itu jatuh mati. Dengan kejadian ini Allah berniat menunjukkan bahwa bahkan seekor makhluk yang tidak bisa berpikir, diselamatkan karena memanggil Maria, betapa lagi mereka yang cepat dalam memanggilnya saat diserang oleh iblis-iblis akan diselamatkan dari mereka.”


·       Page 265. He quotes Thomas a Kempis. “Thomas a Kempis affirms that the devils fear the Queen of Heaven to such a degree, that only on hearing her great name pronounced  they fly from him who does so as from a burning fire.”

·       Hal. 265, dia mengutip Thomas a Kempis: “Thomas a Kempis menguatkan bahwa iblis-iblis sedemikian takutnya kepada ratu Surga, hanya mendengar nama besarnya,  mereka sudah lari dari dia yang mengucapkannya, seakan-akan lari dari api yang menyala-nyala.”


·       Our time is just about up.  But, you know, Jesus is the water of life,  so guess who is the aqueduct according to Liguori?  This is page 159, quoting St. Bernard.  “Before the birth of the Blessed Virgin, a constant flow  of graces was wanting because this aqueduct did not exist.” 

·       Waktu kita hampir habis. Tetapi kalian tahu, Yesus adalah air kehidupan, jadi tebaklah siapa yang menjadi saluran air menurut Liguori? Ini di hal. 159, mengutip St. Bernard, “Sebelum kelahiran Perawan Yang Diberkati, ada kekurangan aliran karunia karena saluran air itu belum ada.”


·       Jesus, according to the Bible, is the peace maker. Notice Liguori, page 197.  He's quoting a prayer of William of Paris. “Since then, Oh Mary, thy office is to be the peace maker  between God and man, let thy tender compassion,  which far exceeds all my sins, move thee to succor me…”  and that is to help me.

·       Yesus, menurut Alkitab, adalah pendamai. Perhatikan Liguori hal. 197, dia mengutip doa William dari Paris, “Sejak itulah, o, Maria, jabatanmu ialah menjadi pendamai antara Allah dengan manusia. Biarlah kelembutan rasa ibamu, yang jauh melampaui segala dosaku, menggerakkan engkau untuk menolongku…” itu artinya membantuku.


·       She's called the tower of refuge.  That's on page 201. 

·       Dia disebut menara perlindungan. Itu ada di hal. 201.


·       On page 205 we're told that Mary draws all men to herself.

·       Di hal. 205, kita diberitahu bahwa Maria menarik semua orang kepada dirinya.


·       On page 243 we're told that she gives eternal life. 

·       Di hal. 243, kita diberitahu bahwa dia memberikan hidup kekal.


·       She's, according to Liguori, page 29, she's worthy of being  praised and glorified by all of the heavenly hosts. Notice this quotation. “If all the tongues of men were put together, and even if each of their members was changed into a tongue, they would not  suffice to praise her as much as she deserves.” 

·       Menurut Liguori, hal. 29, Maria itu layak dipuja dan dimuliakan oleh semua bala tentara Surgawi. Perhatikan kutipannya, “Jika semua lidah manusia dijadikan satu, bahkan jika setiap anggota tubuh mereka diubah menjadi lidah, semua itu tidaklah cukup untuk memuja dia (Maria) yang selayaknya dia terima.”


·       She's called our hope.  We are saved by her merits. 

·       Dia disebut harapan kita. Kita diselamatkan oleh jasanya.


·       She's called the rainbow.

·       Dia disebut pelangi.
 

·       And finally, Roman Catholic theology teaches,  and we'll study this later on, that when Mary died  her body saw no corruption.  She was buried, she resurrected the third day,  she ascended to heaven, and she sat at the right hand of Jesus. 
Now you tell me where the Bible gives any of this  scenario about Mary. Nowhere! 

·       Dan akhirnya, theologi Roma Katolik mengajarkan ~ dan ini nanti akan kita pelajari ~ bahwa ketika Maria meninggal, tubuhnya tidak membusuk. Dia dikuburkan, dia bangkit pada hari ketiga, dia naik ke Surga, dan dia duduk di tangan kanan Yesus.
Sekarang, coba kalia tunjukkan di mana di Alkitab ada skenario demikian tentang Maria. Tidak ada!


What has happened is this book has totally stolen the glory  which belongs to Jesus, and it has given it  to a creature, Mary. 
Our only hope, folks, is found in Jesus, not in a creature. 

Apa yang terjadi ialah buku ini telah mencuri kemuliaan milik Yesus, dan telah memberikannya kepada seorang makhluk ciptaan, Maria.
Harapan kita, Saudara-saudara, ada dalam Yesus, bukan dalam diri seorang makhluk ciptaan.





22 03 17

No comments:

Post a Comment