THE GREAT PROPHECIES OF THE OLD TESTAMENT 1
Part 22/25 - Stephen Bohr
IT IS FINISHED
https://www.youtube.com/watch?v=bKMo3Ph8yTM&list=PLIWJyuxBfZ7je1L5eNH11ROzC-CaAKO3E&index=22
Dibuka
dengan doa.
Welcome back to
our last session today. What we're going to do now is study lesson #33. You
know we've been jumping from here, there, and everywhere in the study notes. But
we're going to take a look at the lesson titled “ ‘It is finished’ Seven Times”
and this is on page 437 of your study notes, 437. In our study today we will
see that the word “finished” marks seven
successive events in the history of the world from Creation to the new Creation,
each use of the word “finished” is
closely related with the Sanctuary, and also each use of the word “finished”
is related to the Sabbath commandment.
Selamat datang kembali ke
sesi terakhir kita hari ini. Apa yang akan kita lakukan sekarang ialah
mempelajari pelajaran #33. Selama ini kita sudah melompat ke sana, melompat ke
sini, melompat ke mana-mana di makalah kita. Tetapi sekarang kita akan menyimak
pelajaran berjudul “‘Sudah selesai’ Tujuh
Kali” dan ini ada di hal. 437 di makalah kalian. Di pembahasan kita hari ini
kita akan melihat kata “selesai” menandai tujuh peristiwa
berurutan dalam sejarah dunia mulai dari
Penciptaan hingga ke Penciptaan Baru. Setiap pemakaian kata
“selesai” sangat dekat kaitannya dengan Bait Suci, dan
setiap pemakaian kata “selesai” juga terkait kepada Perintah Sabat.
Now first of
all we need to look at some context. Let's begin with an event that occurred in
the Most Holy place of the Heavenly Sanctuary before Creation week. There, according
to Ezekiel 28:14 Lucifer was a covering cherub, and he abided in the inner
sanctum of God. He was beautiful, wise, rich, and popular. And the corruption
of these qualities of his beauty, wisdom, riches, and popularity, led to his downfall.
There was one straw that broke the camel's back: God's Creation plan.
Let's read
about it in Early
Writings page 145. “Satan was once an honored
angel in heaven, next to Christ. His countenance, like
those of the other angels, was mild and expressive of happiness.
His forehead was
high and broad, showing great intelligence. His form was perfect; his bearing
noble and majestic. But...”
and by the way, for no reason at all, we can't give a reason why a
perfect being decided to exercise his freedom of choice to choose evil. The
origin of sin is a mystery. “..but when God said to His Son, ‘Let us make man in our image,’...”
so the Father was speaking to the Son, according to Genesis 1:26, “...Satan was jealous of
Jesus. He wished to be consulted concerning the
formation of man, and because He was not, He was filled with envy, jealousy, and hatred. He desired to receive the highest
honors in heaven next to God.”
So the sin of the universe originated in the Most Holy place in heaven,
because he was a covering cherub next to the to the Ark of God.
Nah,
pertama-tama kita perlu menyimak ke beberapa konteksnya. Mari kita mulai dengan
suatu peristiwa yang terjadi di Bilik Mahakudus di Bait Suci surgawi sebelum
minggu Penciptaan. Di sana, menurut Yehezkiel 28:14 Lucifer, adalah kerub
penudung, yang tinggal di tempat yang paling kudus dari Bait Suci Allah. Dia
indah, penuh hikmat, kaya, dan terkenal. Dan rusaknya kualitas-kualitas
keindahan, hikmat, kekayaan, dan ketenarannya ini, mengakibatkan kejatuhannya.
Jerami terakhir yang mematahkan punggungnya ialah: rencana Penciptaan Allah.
Mari kita
baca tentang hal ini di Early Writings hal. 145, “…Setan dulunya adalah
malaikat yang dihormati di Surga, setelah Kristus. Wajahnya, seperti
malaikat-malaikat yang lain, lemah lembut dan mengekspresikan kebahagiaan.
Dahinya tinggi dan lebar, menunjukkan inteligensianya. Bentuknya sempurna,
pembawaannya mulia dan anggun. Tetapi…” dan ketahuilah, tidak ada
alasan apa pun, kita tidak bisa memberikan alasan mengapa makhluk yang sempurna
mengambil keputusan untuk memakai kebebasannya memilih untuk memilih kejahatan.
Asal usul dosa itu adalah suatu misteri. “…Tetapi ketika Allah berkata kepada AnakNya, ‘Marilah Kita membuat manusia dalam keserupaan Kita,’ (Kejadian
1:26)…” jadi Bapa bicara kepada
AnakNya, menurut Kejadian 1:26, “…Setan iri hati kepada Yesus. Dia
ingin dimintai pendapatnya mengenai pembuatan manusia, dan karena dia tidak,
dia dipenuhi oleh dengki, iri hati, dan kebencian. Dia mendambakan penghormatan
tertinggi di Surga setelah Allah…”
Maka dosa alam semesta berasal dari Bilik
Mahakudus di Surga, karena Setan adalah kerub penudung di samping Tabut
Perjanjian Allah.
Now in spite
of the fact that Lucifer rebelled against
God and was jealous of Jesus, God could have chosen to abort the plan
of creating man, but He didn't. He decided to go forward with the plan of
creating this world and creating man on it. Now we already noticed this, that
the condition of the earth before the week of Creation was chaotic. The Earth
was without form, void, and darkness was on the face of the deep, and the Spirit
of God was hovering over the face of the waters. So He had to resolve these
issues. By the way, it was also lifeless.
Nah, walaupun faktanya Lucifer
memberontak terhadap Allah dan iri hati pada Yesus, Allah bisa
saja memilih untuk membatalkan rencana menciptakan manusia, namun Dia tidak.
Allah memutuskan untuk melanjutkan rencana menciptakan dunia ini dan
menciptakan manusia di sana. Nah, kita sudah menyimak ini, bahwa kondisi bumi
sebelum minggu Penciptaan itu berantakan. Bumi tanpa bentuk, kosong, dan
kegelapan ada di atas permukaan air yang dalam, dan Roh Allah berhenti di atas
permukaan air-air. Maka Allah harus menyelesaikan isu-isu ini. Nah, di bumi
juga tidak ada kehidupan.
And so we
know, notice in our previous study that
Jesus decided to work for six days to create everything in this world. We need
to underline that Jesus was the One who worked. Man did not work. Jesus did all
the work. We find that in Genesis 1:31, “31 Then God saw everything
that He had made, and indeed it
was very good. So the evening and the morning were the sixth day.”
Maka kita tahu, simak di
pelajaran kita sebelumnya, Yesus memutuskan untuk bekerja selama enam hari
untuk menciptakan segala sesuatu di dunia ini. Perlu kita garisbawahi bahwa
Yesus-lah yang bekerja, manusia tidak bekerja. Yesus yang mengerjakan semuanya.
Kita menemukan itu di Kejadian 1:31, “31 Maka Allah melihat segala yang telah dijadikan-Nya itu, dan sungguh
itu amat baik. Maka
petang
itu dan pagi itu
adalah hari keenam.”
So Jesus
worked, not man. So Jesus finished His work the sixth day, according to Genesis
2:1, “1 Thus the heavens and the earth,
and all the host of them, were...” what? There's the key word “…were finished”.
Jadi Yesus yang bekerja, bukan manusia. Maka Yesus menyelesaikan
pekerjaanNya pada hari keenam, menurut Kejadian 2:1, “1 Demikianlah
langit dan bumi dan segala isinya…” apa? Ini kata
kuncinya, “…sudah selesai.”
The first “It is finished”
So what is
the first use of the word “finished”? It's after Jesus concludes His work on Creation weak. And then what
did Jesus do? He worked six, finished His work on the sixth, and in the seventh
day He rested or ceased from working. Notice Genesis 2:2, “ 2 And on the seventh day
God ended His work which He had done, and He rested on the seventh day from all
His work which He had done.” Somehow I get
kind of the impression that all the work was done by Him and that He was the One
who rested, correct? Did you notice the number of times on the seventh day God
ended His work which He had done? “He rested…
from all His work which He had done” so who did
all the work? Jesus. Who rested? Jesus.
“Sudah selesai” yang pertama
Jadi apakah pemakaian
pertama kata “selesai”? Itu setelah Yesus menyelesaikan pekerjaanNya saat
minggu Penciptaan. Lalu apa yang dilakukan Yesus? Dia telah bekerja enam hari,
menyelesaikan pekerjaanNya pada hari keenam, dan pada hari ketujuh Dia beristirahat
atau berhenti dari bekerja. Simak Kejadian 2:2, “2 Dan pada hari
ketujuh Allah telah mengakhiri pekerjaanNya yang telah dibuatNya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah
dibuat-Nya itu.”
Saya mendapat kesan bahwa
semua pekerjaan dilakukan oleh Yesus, dan bahwa Dialah yang beristirahat,
benar? Apakah kalian menyimak berapa kali pada hari ketujuh Allah mengakhiri
pekerjaanNya yang telah Dia lakukan? “Ia berhenti ... dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.” Jadi siapa yang melakukan semua pekerjaan? Yesus.
Siapa yang beristirahat? Yesus.
Now let's
read about what Jesus did when He finished His six days of work. God looked
with satisfaction upon the work of His hands, all was perfect, worthy of its
Divine author. And He rested not as One weary, but as well pleased with the
fruits of His wisdom and goodness, and the manifestations of His glory. So what
did Jesus do on the seventh day? He admired
His work, He looked with satisfaction upon His work. In other words, He
ceased from working and He enjoyed His work, if you please. Did God rest by Himself?
Did Jesus rest by Himself? No! He invited Adam and Eve to rest with Him.
You say, “How
do we know that?”
Well, Mark
2:27 tells us, “27 And He said to them, ‘The Sabbath
was made for man, and not man for the Sabbath.’…” So God invited Adam and Eve to rest with Him, to enjoy the works of His hands.
Nah, mari kita baca tentang
apa yang dilakukan Yesus ketika Dia menyelesaikan pekerjaanNya yang enam hari.
Allah memandang dengan rasa puas ke pekerjaan tanganNya, semuanya sempurna,
layak sebagai ciptaan Ilahi. Dan Dia beristirahat bukan sebagai Sosok yang
kelelahan, melainkan sebagai sangat berkenan dengan buah-buah dari hikmat dan
kebaikanNya, dan manifestasi dari
kemuliaanNya. Jadi apa yang dilakukan Yesus pada hari ketujuh? Dia mengagumi
pekerjaanNya, katakanlah, Dia memandang dengan penuh rasa
puas pada pekerjaanNya. Dengan kata lain Dia berhenti bekerja
dan menikmati hasil pekerjaanNya. Apakah Allah beristirahat sendirian? Apakah
Yesus beristirahat sendirian? Tidak! Dia mengundang Adam dan Hawa untuk
beristirahat bersamaNya.
Kalian berkata, “Dari
mana kita tahu itu?”
Nah,
Markus 2:27 memberitahu kita, “27 Dan Yesus berkata kepada mereka, ‘Hari Sabat dibuat untuk manusia dan bukan manusia untuk
hari Sabat.’ …” Maka Allah mengundang Adam dan Hawa untuk beristirahat bersamaNya, untuk
menikmati hasil karya tanganNya.
That's what we find in Patriarchs and
Prophets page 48. “God saw that a Sabbath was essential for man, even in Paradise. He needed to lay
aside
his
own interests and pursuits for one day of the seven, that he might more
fully contemplate the works of God and meditate upon His power and goodness.
He needed
a
Sabbath to remind
him more vividly of God
and
to awaken
gratitude because all that he enjoyed and possessed came from the beneficent
hand of the Creator.”
Itulah yang kita temukan di Patriarchs and
Prophets hal. 48, “…Allah melihat bahwa Sabat penting
bagi manusia, walaupun di Taman Firdaus. Manusia perlu mengesampingkan minat
dan kepentingannya sendiri selama satu hari dari ketujuh hari itu, supaya dia
bisa lebih penuh mengkontemplasi pekerjaan Allah dan merenungkan kekuasaan
serta kebaikanNya. Dia membutuhkan sebuah Sabat untuk mengingatkan dia lebih
jelas lagi tentang Allah dan untuk membangkitkan rasa terima kasihnya karena
semua yang dimiliki dan dinikmatinya berasal dari tangan Sang Pencipta yang
murah hati.”
So when Jesus
rested on the seventh day, were Adam and Eve working on the seventh day while
Jesus rested? No! They entered into His rest.
You see, Jesus could rest because He worked, but Adam and Eve had not worked so
they couldn't rest. Rest from what? They entered God's rest, and they enjoyed
what Jesus had done, not what they had done. And so Jesus then makes the
Sabbath holy. The day passes, He has rested, relished His work. Adam and Eve
did not work, that day they ceased, and they rested with Him. And then when the day ended Jesus made the day holy.
Notice Exodus
20:8-11, “8 Remember the Sabbath day, to keep it holy. 9 Six days you shall labor
and do all your work, 10 but
the seventh day is the
Sabbath of the Lord your God. In it you shall do no work: you,
nor your son, nor your daughter, nor your male servant, nor your female
servant, nor your cattle, nor your stranger who is within your gates...” Now, why does God say, “Work six and rest the seventh”? Here's
the explanation. “...11 For...”
that means, because “...in six days the Lord made the heavens and the
earth, the sea, and all that is in
them, and rested the seventh day...” therefore He rested the seventh day.
“...Therefore the Lord blessed the Sabbath day
and hallowed it.” When did Jesus bless and hallow or sanctify the holy
Sabbath, was it when the seventh day began, or was it when the seventh
day ended? When the seventh day ended.
So the Sabbath became holy when it ended, after Jesus rested the whole day. He says,
“Now this day is holy.”
Jadi ketika Yesus
beristirahat pada hari ketujuh, apakah Adam dan Hawa bekerja pada hari ketujuh
sementara Yesus beristirahat? Tidak! Mereka masuk ke perhentianNya.
Kalian lihat, Yesus boleh beristirahat karena Dia sudah bekerja, tetapi Adam
dan Hawa belum bekerja, jadi mereka tidak bisa beristirahat. Beristirahat dari
apa? Mereka memasuki perhentian (istirahat) Allah, dan mereka menikmati apa
yang telah dibuat Yesus, bukan apa yang telah mereka buat. Maka Yesus
menjadikan Sabat itu kudus. Hari itu berlalu, Yesus sudah beristirahat,
menikmati pekerjaanNya. Adam dan Hawa tidak bekerja, hari itu mereka berhenti
dan mereka beristirahat bersama Yesus. Kemudian ketika hari itu
berakhir, Yesus membuat hari itu kudus.
Simak
Keluaran 20:8-11, “8 Ingatlah hari Sabat, untuk
dipelihara kekudusannya. 9 Enam
hari lamanya engkau harus bekerja dan
melakukan segala pekerjaanmu, 10
tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; pada hari itu engkau tidak akan melakukan pekerjaan apa pun, engkau atau anakmu
laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu
perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di dalam
pintu gerbangmu…” Nah, mengapa
Allah berkata, “Bekerja enam hari dan berhenti hari ketujuh”? Ini penjelasannya. “…11 Sebab dalam enam hari TUHAN menjadikan
langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan
telah
berhenti bekerja pada hari ketujuh…” itulah mengapa
Dia beristirahat pada hari ketujuh. “…Itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya…” Kapan Yesus memberkati
dan menguduskan Sabat yang kudus, apakah ketika hari yang
ketujuh itu dimulai, atau apakah ketika hari ketujuh itu berakhir? Ketika
hari ketujuh itu berakhir. Maka Sabat menjadi kudus ketika hari
itu berakhir, setelah Yesus beristirahat satu hari penuh. Dia berkata, “Sekarang
hari ini kudus.”
And so what
does Jesus do? He's just created the week because He worked six days and He ceased,
or rest, on the seventh day. Now the week is complete. So then He takes the
week and He gives it to whom? He takes the week and He gives the week to Adam
and Eve. So let me ask you this then. Do Adam
and Eve do the same thing the second
week that God did the first week? Yeah, they worked six and then they rested the following seventh day.
Jadi apa yang dilakukan
Yesus? Dia baru saja menciptakan satu minggu karena Dia telah bekerja enam hari
dan Dia berhenti, atau beristirahat, pada hari ketujuh. Sekarang minggu itu
sudah lengkap. Maka Dia sekarang mengambil minggu itu dan Dia memberikannya
kepada siapa? Dia mengambil minggu itu dan Dia memberikannya kepada Adam dan
Hawa. Jadi coba saya tanya, apakah pada minggu kedua Adam dan Hawa
melakukan yang sama yang dilakukan Allah
pada minggu pertama? Iya, mereka sudah bekerja enam hari kemudian
mereka beristirahat pada hari ketujuh berikutnya.
So the Fourth Commandment ~ and when I say
this, you know, people are just surprised ~ the Sabbath commandment applies to Adam and Eve beginning with the second
week of human history. The Sabbath, the first Sabbath does not apply to
Adam and Eve. God does not say to them, rest on on the Sabbath. And the reason
is very simple because they hadn't worked, they couldn't rest from their work. Only
Jesus could rest from His work. And so then after Jesus worked six, rested the
seventh, then He takes the week and He gives it to Adam and Eve, and He says,
“Okay, now this week is for you, like everything else that I made. This week is
for you. So now you're going to work day 1, 2, 3, 4, 5, 6, and the next Sabbath
you are going to do what you saw Me do the first Sabbath.”
So the Fourth
Commandment applies to Adam and Eve beginning in the second week because they
could rest; because the second week they had worked six. Are you with me or not?
Maka Perintah
Keempat ~ dan ketika saya mengatakan ini, orang-orang heran ~
Perintah hari Sabat berlaku bagi Adam dan Hawa mulai minggu kedua dari
sejarah manusia. Sabat yang pertama tidak berlaku bagi Adam dan
Hawa. Allah tidak berkata kepada mereka, berhentilah pada hari Sabat. Dan
alasannya sangat sederhana, karena mereka belum bekerja, mereka tidak bisa
beristirahat dari pekerjaan mereka. Hanya Yesus yang bisa beristirahat dari
pekerjaanNya. Maka setelah Yesus bekerja enam hari, beristirahat pada hari
ketujuh, lalu Dia mengambil minggu itu dan Dia berikan itu kepada Adam dan Hawa
dan Dia berkata, “Oke, nah, sekarang minggu ini untuk kamu, seperti
segala sesuatu yang telah Aku ciptakan. Minggu ini untukmu. Jadi sekarang kamu
akan bekerja hari ke-1, 2, 3, 4, 5, 6, dan Sabat berikutnya kamu akan melakukan
apa yang kamu lihat Aku lakukan di Sabat yang pertama.”
Maka Perintah Keempat diberlakukan
kepada Adam dan Hawa mulai di minggu kedua karena mereka bisa beristirahat
karena di minggu kedua mereka sudah bekerja enam hari. Apakah kalian mengikuti
saya atau tidak?
Now we read
this statement before in Patriarchs and
Prophets page 111, why were they supposed to rest on the seventh day, it
says, “The first six days of each week are given to man for labor,
because God employed the same period of
the
first week in the work of creation. On the seventh day man is to refrain from labor, in commemoration of the
Creator's rest.”
So when we
keep the Sabbath, whose rest are we commemorating? His rest. The Sabbath is not about our rest, it's about
entering His rest.
Nah, kita sudah membaca pernyataan ini sebelumnya di Patriarchs and Prophets hal.111, mengapa mereka diharuskan beristirahat pada hari ketujuh. Dikatakan, “…Enam
hari pertama dari setiap minggu diberikan kepada manusia untuk bekerja karena
Allah menggunakan waktu yang sama dari minggu yang pertama dalam pekerjaan
mencipta. Pada hari ketujuh, manusia harus berhenti dari bekerja, untuk
memperingati perhentian Sang Pencipta.”
Jadi bila kita memelihara Sabat, perhentian siapa
yang kita peringati? PerhentianNya. Sabat itu bukan perhentian kita,
itu mengenai masuk ke perhentianNya.
Does Satan
love the Sabbath? Why does Satan hate the Sabbath? Because the Sabbath reminds
us of his arch Enemy. Who was he jealous of? Jesus, and it involved directly
Creation. So do you think that he would hate the Sabbath because it points to Jesus
the Creator? Most certainly. You want to know how much Satan hates the Sabbath?
I've made a list here of the way that he's tried to demean the Sabbath, because
it reminds us of Jesus every week that we keep, every week that passes, and
when we rest on the seventh day we are glorifying the Creator, Jesus Christ, we
are exalting Jesus Christ and Satan hates Jesus, so he's got to get rid of the
sign or the reminder of Jesus. And by the way that's why he institutes Sunday,
because Sunday brings glory to him.
Apakah Setan mencintai
Sabat? Mengapa Setan membenci Sabat? Karena Sabat mengingatkan kita kepada
Musuh besarnya. Dia iri hati kepada siapa? Yesus, dan itu melibatkan langsung
Penciptaan. Menurut kalian apakah Setan membenci Sabat karena itu menunjuk kepada
Yesus, Sang Pencipta? Tentu saja. Kalian ingin tahu seberapa besar kebencian
Setan pada Sabat? Saya telah membuat sebuah daftar cara-cara yang dipakai Setan
untuk berusaha merendahkan Sabat, karena itu mengingatkan kita kepada Yesus. Setiap
Sabat yang kita pelihara, setiap minggu yang lewat. Dan ketika kita berhenti
pada hari ketujuh kita memuliakan Sang Pencipta, Yesus Kristus. Kita
meninggikan Yesus Kristus dan Setan membenci Yesus, maka dia harus
menyingkirkan tanda pengingat Yesus. Dan ketahuilah, itulah mengapa dia
melembagakan hari Minggu, karena hari Minggu memberi dirinya kemuliaan.
Now how does
Satan show his disgust for the Sabbath? You have at the top of page 440 the
ways he does it,
·
In paganism
worship, the sun was worshiped on the venerable day of the sun, on the first
day of the week.
·
Is the Sabbath demeaned in the promotion
of the theory of evolution?
The Sabbath is obliterated by the theory
of evolution, because if the world came into existence by evolution, there is
no such thing as a 7-day week where God worked six and rested on the seventh. And
virtually the whole world believes In the Evolutionary theory.
·
He also demeaned the Sabbath by leading
the religious leaders in His day when He came to the earth, to make out of the
Sabbath a burdensome day of restrictions.
In the Christian world today, they see
the Sabbath as a burden, because they're looking at it the way that the
religious leaders in Christ's day looked at the Sabbath.
·
In the course of Christian history, you
look at Christian history, the Sabbath was
pushed lower and lower, and Sunday was pushed higher and higher.
·
And then he leads the papacy to think that it could change God's Law by saying that Sunday is
the day that we're supposed to keep.
·
And he has convinced Protestantism that that is the true day of worship.
·
And at the end he is going to get the
religious powers to unite with the political powers of the world to give a death decree against those who don't keep it.
Nah, bagaimana Setan
menunjukkan kebenciannya pada Sabat? Ada di bagian atas hal. 440, bagaimana
cara Setan melakukannya.
·
Di penyembahan paganisme, matahari disembah pada hari
matahari yang dihormati, pada hari pertama setiap minggu.
·
Apakah Sabat direndahkan melalui promosi teori Evolusi?
Sabat sama sekali dilenyapkan oleh teori Evousi karena
jika dunia eksis oleh evolusi maka tidak ada mingguan 7 hari di mana Allah
bekerja 6 hari dan berhenti pada hari ketujuh. Dan nyaris seluruh dunia
mempercayai teori Evolusi.
·
Dia juga merendahkan Sabat dengan membawa para
pemimpin rohani di zaman Kristus ketika Dia datang hidup di dunia untuk menjadikan Sabat hari yang
memberatkan penuh larangan.
Di dunia Kristen hari ini mereka melihat Sabat sebagai
beban, karena mereka memandangnya seperti cara para pemimpin rohani di zaman
Kristus memandang Sabat.
·
Sepanjang sejarah Kekristenan, jika kita
memandang sejarah Kekristenan, Sabat dipendam semakin ke bawah, dan hari Minggu ditinggikan
semakin tinggi.
·
Kemudian dia membawa Kepausan untuk berpikir mereka bisa mengubah Hukum Allah
dengan mengatakan hari Minggu adalah hari yang harus kita pelihara.
·
Dan dia telah meyakinkan Protestantisme bahwa hari Minggu
itulah hari ibadah yang benar.
·
Dan pada akhirnya dia akan membuat kekuasaan
relijius bersatu dengan kekuasaan politik dunia untuk mengeluarkan titah hukuman mati
bagi mereka yang tidak memelihara hari Minggu.
Why would the
Devil through all these methods make it a top priority to demean and abolish
the Sabbath? Because the Sabbath reminds us of the Creator, his Enemy, the One
whom he was envious of, because the Father consulted Him, His Son, and did not
consult Lucifer.
Mengapa Iblis mau memakai
semua cara ini untuk menjadikan prioritasnya yang utama merendahkan dan
menghapuskan Sabat? Karena Sabat mengingatkan kita kepada Sang Pencipta,
Musuhnya, kepada siapa dia memendam iri hati karena Bapa berkonsultasi dengan
Dia, AnakNya, dan tidak dengan Lucifer.
Now what was
life like in the Garden of Eden before sin? There was no curse, there was no pain,
there was no sorrow, there was no crying, there was no death. There were no
cherubim to bar the entrance to the Garden, to eat from the Tree of Life. They
had free access to the Tree of Life. In
fact, they had face-to-face communion with their Creator. Ellen White wrote, “The mysteries of the visible universe—the ‘wondrous works of Him which is perfect in knowledge’ (Job 37:16)—invited man's
study. Face-to-face,
heart-to-heart communion with his Maker was his high privilege. Had he remained
loyal
to God, all this would
have
been his forever.”
(True Eduction p. 10)
Nah,
bagaimanakah bentuk kehidupan di Taman Eden sebelum dosa? Tidak ada kutuk,
tidak ada sakit, tidak ada susah, tidak ada air mata, tidak ada kematian. Tidak
ada kerubim yang memblokir jalan masuk ke Taman Eden untuk makan dari Pohon
Kehidupan. Mereka punya akses bebas ke Pohon Kehidupan. Bahkan mereka bisa
berkomunikasi berhadapan muka dengan Pencipta mereka.
Ellen
White menulis, “…Misteri dari alam semesta yang
tampak – ‘pekerjaan-pekerjaanNya
yang mengagumkan yang sempurna dalam pengetahuan’ (Ayub 37:16) – mengundang untuk dipelajari manusia. Komunikasi berhadapan muka, dari
hati ke hati dengan Penciptanya adalah hak istimewanya yang tinggi. Andaikan
dia tetap setia kepada Allah, semua ini
merupakan miliknya untuk selamanya.”(True
Education hal. 10)
So here you
have the first ”It is finished” in the Garden of Eden. By the
way the word “finished” is used twice there in Genesis 1:31 and also chapter 2:1.
Go there for a moment with me, Genesis
chapter 1, and we are going to read verse 31 and then chapter 2:1. And let me
just make this explanation. Clearly the first verse of chapter 2 belongs as the
conclusion of chapter 1. The chapter division is in the wrong place.
You say, “Well,
how do you know that?”
Well, let's
read 1:31 and connect it with 2:1, you tell me if the flow is natural. It says there in chapter
1 ~ by the way we're not changing the
Bible, because the Bible did not have chapters and verses of the original
authors. Chapters, verses were added
later for our convenience of finding things in the Bible. So it says in Genesis
1:31, “31 Then God saw everything that He had made, and indeed it was very good. So the evening
and the morning were the sixth day.’...” and then notice chapter 2:1, “1 Thus...” what does “thus” indicate? Does it
connect with the previous verse? Yes. “...1 Thus the heavens and the earth, and all the host of them,
were finished.” What day did
He finish? The sixth. But now we got a problem. Look at the next verse, “... 2 And
on the seventh day God ended His work which He had done...” By the way,
even though it's translated “ended” it's the identical word ×›ָּלָ×” [kâlâh] “finished” in
Hebrew, so in other words, verse 2 says,
“... 2 And
on the seventh day God ended His work which He had done...” So how do we
understand that? Can you finish something twice? He finished the sixth, and He
finished on the seventh day?
Jadi di sini kita bertemu “Sudah selesai” yang pertama, di Taman Eden. Nah, kata
“selesai” itu dipakai dua kali di Kejadian 1:31 dan juga di pasal 2:1. Mari ke
sana sejenak bersama saya, Kejadian pasal 1, dan kita akan membaca ayat 31 lalu
pasal 2:1. Dan saya akan memberikan penjelasan ini. Jelas ayat 1 pasal 2 adalah
konklusi dari pasal 1. Pembagian pasalnya tidak tepat.
Kalian berkata, “Dari
mana kita tahu itu?”
Nah, mari kita baca pasal
1:31 dan menghubungkannya dengan pasal 2:1, dan silakan kalian mengatakan
kepada saya apakah alurnya tidak wajar. Dikatakan di sana, di pasal 1 ~ nah,
kita tidak mengubah Alkitab karena Alkitab aslinya tidak ada pembagian pasal dan
ayat oleh penulis aslinya. Pasal, ayat, semua ditambahkan belakangan demi
kemudahan kita mencari apa-apa di Alkitab.
Jadi
dikatakan di Kejadian 1:31, “31 Lalu Allah melihat segala yang dijadikan-Nya
itu, dan benar, itu amat baik. Maka petang itu dan pagi itu, adalah hari keenam…” lalu simak pasal 2:1, “…1 Dengan demikian…” apa yang diindikasikan oleh “dengan
demikian”? Apakah itu menghubungkan dengan ayat sebelumnya? Ya. “…1 Dengan
demikian langit
dan bumi dan segala isinya sudah selesai…” Hari apa Dia
selesai? Hari keenam. Tetapi sekarang kita punya masalah. Lihat ayat
berikutnya, “...2 Dan pada hari ketujuh Allah telah mengakhiri
pekerjaanNya yang telah dibuatNya…” Nah, walaupun ini diterjemahkan “mengakhiri”, itu adalah kata yang sama ×›ָּלָ×” [kâlâh] “selesai” dalam bahasa Ibrani, maka dengan kata lain, ayat 2 berkata, “…2 Dan pada hari ketujuh Allah telah mengakhiri pekerjaanNya yang telah dibuatNya…” Jadi bagaimana kita bisa
memahami ini? Bisakah kita menyelesaikan sesuatu dua kali? Allah
menyelesaikannya pada hari keenam, dan Dia menyelesaikannya pada hari ketujuh?
Can we finish
something twice? In this case, Yes. And I've used this illustration before.
I want you to imagine an artist who is painting a beautiful scenery of
nature. First day, you know, he prepares the wood frame and the canvas, and he puts
the staples in. He's going to start the work. And he adds some colors in the
background. And after he works the first day, steps back and says, “Ah it's
good.” The second day, you know he paints a blue sky, you know, with some
clouds, and then he steps back after his work the second day, and he
says, “Hmm it's looking good.” The
third day he paints some trees, and some beautiful flowers, and some green
grass, and he finishes his work the third day, and he looks he says, “It's
good.” The fourth day he puts a sun in the sky, you know, some days you see
the moon kind of opaque in the sky too, so he puts the sun there, and he puts
a moon, and after the fourth day he
steps back and he says, “It's good.” The fifth day he paints some birds
sitting in the trees, and some birds flying through the air, and some fish
jumping out of the waters and he looks and he says, “It's good.” The
sixth day he makes by the way, he makes animals, giraffes, elephants, cows, all
different kinds of land animals, and then he creates a man and a woman, who are
standing in the middle of this majestic scene of nature. He adds the final
touches to the canvas, and he says, “It is very good.” Is he finished? I
said, he gave the final touches to the canvas, is he finished? Yes and No! He
finished the beautiful scenery on the canvas, what is missing? The signature
that identifies who painted that work of art because if he doesn't put his name
on it, anybody can come and claim it.
The first six
days of Creation week, Jesus painted a world in living color that changes at
every instant. And on the seventh day He signed His work “God”, by creating the
Sabbath. And so is it correct to say that He finished the sixth day and He
finished the seventh day? Yes, because on the seventh day He puts His signature
to His work of art, so that everybody remembers that He is the One who made
this world and everything in it. So Satan hates the Sabbath because it points
to the Creator, and he's going to do everything possible to get rid of the
Sabbath. That's the first “It is
finished” when He finished His work of Creation.
Bisakah kita menyelesaikan
sesuatu dua kali? Dalam kasus ini, iya. Dan saya sudah pernah menggunakan
ilustrasi ini.
Saya mau
kalian membayangkan seorang pelukis yang sedang melukis suatu pemandangan alam
yang indah. Pada hari pertama dia menyiapkan kerangka kayunya dan kanvasnya,
dan dia memasangnya. Dia akan mulai bekerja. Dan dia menambahkan beberapa warna
di latar belakang. Dan setelah dia bekerja hari pertama itu, dia melangkah ke
belakang dan berkata, “Ah, bagus.” Hari kedua dia menggambar langit
biru, dengan beberapa awan. Kemudian dia mengambil langkah ke belakang setelah
pekerjaannya pada hari kedua dan dia berkata,”Hmm, tampaknya bagus.”
Hari ketiga dia melukis beberapa pohon, bunga-bunga indah, dan rerumputan
hijau. Dan dia menyelesaikan pekerjaannya di hari ketiga itu dan dia melihatnya
dan berkata, “Bagus.” Hari keempat dia melukis matahari di langit, dan
kadang-kadang kita bisa melihat bulan yang pucat di langit juga, maka dia
melukis matahari di sana dan dia melukis bulan, dan setelah hari keempat dia
mengambil langkah mundur dan berkata, “Bagus.” Hari kelima dia melukis
beberapa burung yang bertengger di pohon-pohon, dan beberapa burung terbang di
udara, dan beberapa ikan berlompatan keluar dari air, dan dia memandangnya dan
dia berkata, “Bagus.” Hari keenam dia membuat hewan-hewan, jerapah,
gajah, lembu, segala jenis hewan darat, kemudian dia membuat seorang laki-laki
dan seorang perempuan yang berdiri di tengah-tengah adegan alam yang anggun.
Dia menambahkan sentuhan-sentuhan terakhir ke kanvas dan dia berkata, “Ini
amat bagus.” Apakah dia sudah selesai? Saya tadi mengatakan dia membuat
sentuhan terakhir di kanvas. Apakah dia sudah selesai? Ya dan Tidak! Dia sudah
menyelesaikan pemandangan yang indah di atas kanvas, apa yang kurang?
Tandatangan yang mengidentifikasi siapa yang membuat karya seni itu karena jika dia tidak mencantumkan namanya, siapa
pun bisa datang dan mengklaim karya itu.
Enam hari yang pertama dari
minggu Penciptaan, Yesus melukis sebuah dunia dalam warna-warna yang hidup yang
bisa berubah setiap saat. Dan pada hari ketujuh, Dia menandatangani karyanya
“Allah” dengan menciptakan Sabat. Maka apakah benar mengatakan bahwa Dia
selesai pada hari keenam dan Dia selesai pada hari ketujuh? Ya, karena pada hari ketujuh Dia mencantumkan
tandatanganNya ke karya seni itu, sehingga semua orang ingat bahwa Dialah yang
telah menciptakan dunia ini dan segala isinya.
Jadi, Setan membenci Sabat
karena itu menunjuk ke Sang Pencipta, dan dia akan melakukan apa saja yang bisa
untuk menyingkirkan Sabat. Itulah “Sudah
selesai” yang pertama, ketika Allah menyelesaikan pekerjaan PenciptaanNya.
The second “It is finished”
Now let's go
to the second “It is finished”. By sin the life of human beings
were cast into disorder, emptiness, darkness, and the prospect of death. This
was the spiritual reversal of the literal Creation. Now the curse came in, pain
came in, sorrow came in, crying came in. Cherubim barred the entrance to the
Garden, they barred the way to the Tree of Life. They no longer had face to
face communion with the Creator, but Jesus promised Adam through the spotless
life and death of Christ that there would be a restoration. Let's read this
passage.
“Sudah selesai” yang kedua
Sekarang mari kita ke “Sudah selesai” yang kedua. Melalui dosa, hidup manusia
dicampakkan ke kondisi yang berantakan, kehampaan, kegelapan, dan prospek
kematian. Ini adalah pembalikan spiritual dari Penciptaan literal. Sekarang
masuklah kutuk, masuklah sakit, masuklah duka, masuklah tangisan. Kerub-kerub
memblokir jalan masuk ke Taman Eden, mereka menghalangi akses ke Pohon
Kehidupan. Manusia tidak lagi bisa berkomunikasi berhadapan muka dengan Sang
Pencipta. Tetapi Yesus berjanji kepada Adam, melalui kehidupan Kristus yang
tidak bernoda, dan kematianNya, akan ada pemulihan. Mari kita baca itu.
By the way, at this point we're at the altar of sacrifice, okay? We're
at the altar of sacrifice in the Sanctuary. It says there, Patriarchs and Prophets page 68, “To Adam, the offering of the first sacrifice was a most
painful ceremony. His hand must be raised to take life, which only God could give.
It
was the first time he
had ever witnessed death, and he knew that had he been
obedient to God, there would have been no death of man or beast.
As he slew the
innocent victim...” see, this is
at the altar of sacrifice, in the Sanctuary, “...he trembled at the thought that his sin must
shed the blood of
the
spotless Lamb of
God. This scene gave him
a deeper and
more vivid sense of the greatness of his transgression, which nothing
but the death of God's dear Son could expiate. And he marveled at the infinite goodness that would give such a ransom to save the guilty. A
star of hope illumined the dark and terrible future
and
relieved it of its utter desolation.”
So what did
Jesus come to this world for? To spiritually fill the lives of those who accept
Him with order, light, life, and purpose.
Notice what
Jesus came to do according to John 4:34, “34 Jesus said to them, ‘My food is to do the will of Him
who sent Me, and to...” here's the
key word “..and to...” what? “...finish His work.” Jesus came to finish His work.
Nah, di
titik ini kita berada di mezbah kurban, oke?
Posisi kita di mezbah kurban di Bait Suci. Dikatakan di sana, Patriarchs and Prophets hal. 68,
“…Bagi Adam, persembahan kurban yang pertama adalah upacara yang paling
menyakitkan. Tangannya harus diangkat untuk mengambil nyawa, yang hanya bisa
diberikan oleh Allah. Itu adalah pertama kalinya dia pernah menyaksikan
kematian, dan dia tahu bahwa seandainya dia patuh kepada Allah, tidak akan ada
kematian manusia maupun binatang. Ketika dia menyembelih kurban yang tidak
bersalah itu…” lihat, ini di mezbah kurban di Bait Suci, “…dia
gemetar memikirkan bahwa dosanya harus mencurahkan darah Domba Allah yang tidak
bercela. Adegan ini memberinya pengertian yang lebih mendalam dan lebih nyata
akan parahnya pelanggarannya, yang hanya bisa ditebus oleh kematian Anak Allah
yang terkasih. Dan dia terkagum pada kebaikan yang tidak terbatas yang akan
memberikan tebusan seperti itu untuk menyelamatkan yang berdosa. Secercah sinar
harapan menerangi kegelapan masa depan yang mengerikan, dan mengangkatnya dari
kehancurannya yang total…”
Jadi untuk apa Yesus datang ke dunia ini? Untuk secara spiritual mengisi
hidup mereka yang menerimaNya dengan ketertiban, terang, hidup, dan tujuan.
Simak Yesus datang untuk melakukan apa menurut
Yohanes 4:34, “34 Kata Yesus
kepada mereka, ‘Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan
untuk…” ini kata
kuncinya, “…dan untuk menyelesaikan
pekerjaan-Nya…” Yesus datang untuk menyelesaikan
pekerjaanNya.
On the way to
Gethsemane according to John 17:4 once again we find the word “finished”. But
now Jesus is about to suffer in the Garden of Gethsemane, and now He's going to
say that He has finished the work of the Father. It says there, Jesus praying
to His Father, “ 4 I have glorified You on the
earth. I have finished the work which You have given Me to do.” And then on the cross of Calvary, this is at the altar of sacrifice
which represents the cross of Christ, on the sixth day of the week, very
important, Jesus cried out to His Father what? “It is finished”. This is the second “It is
finished”
of history, “…and bowing His head He gave up His
Spirit…”(Yohanes 19:30) to whom was Jesus speaking when
He said, “It is finished”? He was speaking to His Father.
Dalam
perjalanan ke Getsemani, menurut Yohanes 17:4 sekali lagi kita temukan kata
“selesai”. Tetapi sekarang Yesus akan menjalani sengsara di Taman Getsemani,
dan sekarang Dia akan berkata bahwa Dia sudah menyelesaikan pekerjaan Bapa.
Dikatakan di sana, Yesus berdoa kepada BapaNya, “4 Aku telah
mempermuliakan Engkau di bumi. Aku telah
menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk Kulakukan…” Kemudian di
salib Kalvari, ini adalah di mezbah kurban yang melambangkan salib Kristus,
pada hari keenam dari minggu itu, sangat penting, Yesus berseru kepada Bapanya,
apa? “Sudah
selesai.” Ini adalah “Sudah selesai” kedua
dalam sejarah, “…30 Lalu dengan menundukkan kepala-Nya, Ia menyerahkan
nyawa-Nya.” (Yohanes
19:30). Kepada siapa
Yesus bicara ketika Dia mengatakan “Sudah
selesai”? Dia bicara
kepada BapaNya.
In fact, the
last three declarations of Jesus on the cross, He's speaking to His Father. Notice
this statement from Desire of Ages page 834,
“...when upon the cross He cried out, ‘It is finished,’ He addressed the Father.
The compact had been fully carried out.”
Faktanya, tiga deklarasi terakhir dari Yesus di atas salib, Dia
berbicara kepada BapaNya. Simak pernyataan ini dari Desire of Ages hal. 834, “...Ketika di atas salib Dia berseru, ‘Sudah selesai’, Dia bicara kepada Bapa. Kesepakatan itu telah diselesaikan dengan tuntas.”
Now what did
Jesus have to do when He came to this earth? He had to do two things.
1.
First of all He had to live a perfect sinless life and weave a
robe with which He could cover our nakedness,
2.
and secondly He had to bear upon Himself our sins.
So He had to
live a perfect life, and He had to bear the burden of sin. Did Jesus do that
when He said “It is finished” on the cross, had He done that? Yes.
He had finished the reason why He had come to this earth, to live a perfect
life; and to suffer death for sin.
Nah, apa yang harus
dilakukan Yesus ketika Dia datang ke dunia ini? Dia harus melakukan dua hal.
1.
Pertama Dia harus menghidupkan kehidupan yang sempurna tanpa dosa
dan merajut jubah dengan mana Dia bisa menutupi ketelanjangan kita,
2.
dan kedua Dia harus menanggung sendiri dosa-dosa kita.
Jadi Dia harus menghidupkan
kehidupan yang sempurna dan Dia harus menanggung beban dosa. Apakah Yesus sudah
melakukan itu ketika Dia berkata, “Sudah
selesai” di salib? Sudahkah Dia melakukan itu? Ya. Dia sudah
menyelesaikan alasannya mengapa Dia datang ke dunia ini, untuk menghidupkan
kehidupan yang sempurna dan untuk menjalani kematian bagi dosa.
By the way Redemption is a new Creation. Notice 2
Corinthians 5:17, “ 17 Therefore,
if anyone is in
Christ, he is a...” what? “...a new
creation; old things have passed away; behold, all things have become...” what? “...have become new.” So Redemption is Recreation.
Nah, Penebusan
adalah Penciptaan Baru. Simak 2 Korintus 5:17, “17 Jadi jika
seseorang ada di dalam Kristus, ia adalah…” apa? “…ciptaan baru: yang lama
sudah berlalu; lihatlah, semuanya telah menjadi…” apa? “…telah menjadi baru…” Jadi Penebusan adalah Penciptaan
Ulang.
And then
Jesus, the sixth day after He says “It is
finished” what does He do? He rests. On which day?
The seventh day. So at the beginning: finished, rest. On the cross: “It is
finished”, on the seventh day, rest.
Kemudian Yesus, pada hari
keenam setelah Dia berkata, “Sudah
selesai”, apa yang Dia lakukan? Dia beristirahat. Pada hari
yang mana? Hari ketujuh. Jadi pada awalnya: selesai, istirahat. Di salib: “Sudah selesai”, pada hari ketujuh, istirahat.
Notice Acts 2:25
to 27, “ 25 For
David says concerning Him: ‘I foresaw the Lord always before My face, for He is at My right hand, that I may
not be shaken. 26 Therefore My heart rejoiced, and My tongue was glad; moreover My
flesh also will...” what? What does He say? “…My flesh also will...” what? “...will rest in hope.’...”
So did the flesh of Jesus rest in the tomb
after He said, ”It is finished”? What day is He resting? The
seventh day from His work of redemption, which is a new Creation. “…27 For You will not leave My soul in Hades...” actually the NIV has a better translation: “you will not not leave Me in the grave” nor will You allow Your Holy One to see corruption.”
Simak
Kisah 2:25-27, “25 Karena Daud berkata tentang Dia, ‘Aku senantiasa melihat Tuhan di
hadapan wajahKu, karena Ia ada di tangan
kananKu, agar Aku tidak goyah. 26
Itulah sebabnya hatiKu bersukacita dan lidahKu bergembira.
TubuhKu juga akan…” apa? Apa kataNya? “…Tubuhku juga akan…” apa? “…akan
beristirahat dalam harapan…” jadi apakah tubuh Yesus beristirahat di dalam kubur
setelah Dia berkata “Sudah selesai”? Hari apa Dia beristirahat itu? Hari ketujuh setelah pekerjaan
penebusanNya, yang adalah Penciptaan Baru. “…27 karena Engkau tidak akan meninggalkan
Aku di kubur, maupun
tidak akan membiarkan Orang Kudus-Mu melihat pembusukan.’...”
By the way
did Jesus rest by Himself? At Creation did Jesus rest by Himself at Creation,
or did He invite Adam and Eve to enter into His rest? He invited Adam and Eve
to enter into His rest, they enjoyed the first Sabbath with God. It wasn't
their rest, it was His because He was the One who worked.
Did Jesus
rest alone in the grave, or did the disciples rest outside? Did the women rest?
Did His people enter His rest? Yes. Notice Luke 23:54-56, “ 54 That day was the
Preparation, and the Sabbath drew near. 55 And the women who had come with Him from
Galilee followed after, and they observed the tomb and how His body was
laid. 56 Then
they returned and prepared spices and fragrant oils. And they rested on
the Sabbath according to the commandment.”
So did they rest with Him? Yes! What do
you think their rest was like? They had restless rest. Were they happy on the
Sabbath? They were miserable, sad, crying, their Master was dead. Was that
God's plan? What would have happened if they had believed Jesus? Many times He
said, particularly during the last six months of His work, He said, “I must
go to Jerusalem, I'm going to be mistreated by the religious leaders, I'm going
to be killed, and I'm going to resurrect the third day.” What would their
rest have been like? They would have said, “The Master is resting in the
tomb from His work of redemption, He has lived a perfect life, He has borne the
load of sin. We can now be saved, Hallelujah. And tomorrow we're going to see
Him.” Is that the way God wanted them to enjoy the rest? Of course. Later
on they would understand, it was not God's plan that they’d be sad. It was
God's plan that they’d be joyful on the Sabbath day, because Jesus had won a
new Creation, as we read in 2 Corinthians 5:17.
Nah, apakah Yesus
beristirahat sendirian? Saat Penciptaan, apakah Yesus beristirahat sendirian
atau apakah Dia mengundang Adam dan Hawa untuk masuk ke perhentianNya? Dia
mengundang Adam dan Hawa masuk ke perhentianNya, mereka menikmati Sabat yang
pertama bersama Allah. Itu bukan perhentian mereka, itu perhentian Allah karena
Dialah yang bekerja.
Apakah Yesus beristirahat
sendirian di dalam kubur atau apakah para murid beristirahat di luar? Apakah
para perempuan juga beristirahat? Apakah umatNya masuk ke perhentianNya? Ya.
Simak Lukas 23:54-56, “54 Dan hari itu adalah Hari Persiapan dan Sabat hampir mulai. 55 Dan perempuan-perempuan yang
datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta, dan mereka melihat
kubur itu dan bagaimana jasad-Nya
dibaringkan. 56 Lalu mereka kembali
dan menyediakan rempah-rempah dan minyak-minyak
yang harum. Dan mereka beristirahat pada hari Sabat sesuai Perintah Tuhan.” Jadi
apakah mereka beristirahat bersama Dia? Ya! Menurut kalian bagaimanakah
istirahat mereka? Gelisah. Apakah mereka bersukacita pada hari Sabat? Mereka
susah, sedih, menangis, Guru mereka mati. Apakah itu rencana Allah? Apa yang
akan terjadi seandainya mereka percaya pada Yesus? Berulangkali Dia berkata,
terutama selama enam bulan terakhir dari pelayananNya, Dia berkata, “Aku harus ke Yerusalem, Aku akan diperlakukan buruk
oleh para pemimpin rohani, Aku akan dibunuh, dan Aku akan bangkit pada hari
ketiga.” Bagaimana seharusnya istirahat mereka? Mereka seharusnya berkata, “Guru
sedang beristirahat di dalam kubur dari pekerjaan penebusanNya. Dia telah
menghidupkan kehidupan yang sempurna, Dia sudah menanggung beban dosa. Kita
sekarang bisa diselamatkan, Halleluya. Dan besok kita akan melihat Dia.” Beginikah
Tuhan ingin mereka menikmati istirahatnya? Tentu saja. Nanti mereka akan
mengerti, bahwa bukan rencana Allah mereka bersedih. Rencana Allah ialah mereka
bersukacita pada hari Sabat itu karena Yesus telah menang, Ciptaan Baru,
sebagaimana kita baca di 2 Korintus 5:17.
The third “It is finished”
Now let's go
to the third “It is finished”. This third
“It is finished” is also in the court. The cross
is represented by the altar in the court. When Jesus died on the cross not only
He said, “It is finished” but the Father in Heaven said, “It is finished”. Notice what we find in The Youth Instructor June 21, 1900, “God bowed His head satisfied...”
because Jesus had just said, “It is finished”. “...Now justice and mercy could blend. Now He could
be just
and yet the Justifier of all who should believe on Christ. He...”
that is God the Father “...looked
upon the Victim expiring on the cross, and said,...”
what did the Father say? “...‘It is finished.’ The human race
shall have another trial.’ The redemption price was paid, and Satan fell like
lightning
from
heaven...”
that's Luke 10:18. So was Satan cast out of Heaven at the cross? You’d
better believe it. As the representative of this world, and in the sympathies
of the Heavenly beings.
Ellen White wrote in Desire of Ages
that after the Heavenly beings saw the way that Satan treated Jesus in His
trial and His crucifixion, any inkling of sympathy that they had with Satan was
gone. He was cast out in their sympathies as well as the representative of this
world.
“Sudah selesai” yang ketiga
Sekarang
mari kita ke “Sudah selesai” yang
ketiga. “Sudah selesai” yang
ketiga ini juga terjadi di pelataran. Salib dilambangkan oleh mezbah kurban di
pelataran. Ketika Yesus mati di salib, bukan hanya Dia yang berkata, “Sudah selesai”, tetapi Bapa di Surga berkata, “Sudah selesai”. Simak
apa yang kita lihat di The Youth Instructor, 21 Juni, 1900, “…Allah menundukkan
kepalaNya dengan rasa puas…” karena Yesus baru saja
berkata “Sudah selesai”, “…sekarang
keadilan dan kemurahan bisa menyatu. Sekarang Dia bisa bersikap adil namun juga
menjadi Pembenar semua yang akan mau mempercayai Kristus. Dia…” yaitu Allah Bapa, “…melihat
ke Korban yang mati di salib dan berkata…” apa kata Bapa? “…’Sudah
selesai. Bangsa manusia akan mendapat kesempatan penghakiman lain.’ Harga
penebusan sudah dibayar, dan Setan jatuh seperti kilat dari Surga…” itu Lukas 10:18. Jadi apakah di salib Setan dilemparkan keluar dari
Surga? Percayalah. Sebagai wakil dari dunia ini, dan dari simpati para makhluk
surgawi.
Ellen White menulis di Desire of Ages bahwa setelah makhluk-makhluk surgawi melihat cara Setan memperlakukan
Yesus di pengadilan dan penyalibanNya, simpati apa pun yang tadinya mereka miliki
untuk Setan, lenyap. Setan dilemparkan keluar dari simpati mereka dan juga
sebagai wakil dari dunia ini.
The fourth “It is finished”
Now let's go
to the fourth “It is finished”. This happens in the Holy Place. See
we're moving now, we're moving now through the Sanctuary. This happens in the
Holy Place. Jesus ascended to Heaven into the Holy Place and presented Himself
before His Father.
Let's read
Revelation 5:11-12, “11 Then I looked,
and I heard the voice of many angels around the throne, the living
creatures, and the elders; and the number of them was ten thousand times
ten thousand, and thousands of thousands, 12 saying with a loud voice: ‘Worthy is the Lamb who
was slain. To receive power and riches and wisdom, and strength and honor and
glory and blessing!’...” So Jesus
arrives in Heaven at His Ascension, and the angels are singing this glorious
song.
“Sudah selesai” yang keempat
Sekarang mari ke “Sudah selesai” yang keempat. Ini terjadi di Bilik Kudus.
Lihat, kita sekarang bergerak, kita bergerak menurut pola Bait Suci. Ini
terjadi di Bilik Kudus. Yesus naik ke Surga pergi ke Bilik Kudus dan
mempresentasikan dirinya di hadapan BapaNya.
Mari kita
baca Wahyu 5:11-12, “11 Lalu aku melihat dan aku mendengar suara banyak
malaikat di sekeliling takhta,
makhluk-makhluk hidup dan tua-tua itu; dan jumlah mereka sepuluh ribu kali sepuluh ribu, dan beribu-rbu kali beribu-ribu, 12 berkata dengan suara nyaring: ‘Layaklah Anak Domba yang telah disembelih itu untuk menerima
kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan berkat! …” Maka Yesus tiba
di Surga saat KenaikanNya, dan para malaikat menyanyikan lagu indah ini.
Now this is amplified by Ellen White in Desire
of Ages. Notice Desire of Ages pg 833 and 834,
here we find the fourth “It is finished”, “Then the portals...” Jesus is ascending to Heaven, He enters
through the gates “...Then the portals of the city of God are opened wide, and the angelic throng sweep through the gates amid a burst of
rapturous music.
There is the throne, and
around it the rainbow of promise. There are cherubim and seraphim. The commanders of the angel hosts, the sons of God, the representatives of the
unfallen worlds, are assembled. The heavenly
council before which Lucifer had accused God and His Son, the representatives of those sinless realms over which Satan
had thought to establish his dominion—all are there to welcome the
Redeemer...” the whole universe is there to welcome
Jesus back.
“...They are eager to celebrate His triumph and
to glorify their King...” they're impatient this is holy
impatience. “... But
He waves them back. Not yet; He cannot now receive the coronet of glory and the royal
robe. He
enters into the
presence of His Father. He
points to His wounded head...”
that He's presenting Himself as a Lamb as though He had been slain. In
Revelation 5. “...He points to His
wounded head,
the pierced side, the marred feet; He lifts His hands, bearing the print of nails. He
points to the tokens of His triumph; He presents to God the wave
sheaf, those raised with Him as representatives of that great multitude who shall come forth from the grave
at His second coming.
He approaches the Father, with
whom there is joy over one sinner that repents; who rejoices over one with singing.
Before the foundations of the earth
were laid, the Father and the Son had
united in
a covenant to redeem man if he should be overcome by Satan. They had
clasped Their hands in a solemn pledge that Christ should become the
surety for the human race...” now listen to this, the fourth “It is finished” in the Holy Place. “...This pledge Christ has fulfilled. When upon the cross He cried out,
‘It is finished’, He addressed the Father. The compact had been fully carried out. Now He declares...”
this is in the Holy Place He's speaking to His Father, “... Father, ‘it is finished’ (John 19:30). I have done Thy will, O My God. I have completed the work of redemption. If Thy justice is satisfied, ‘I will that they also, whom Thou hast given Me, be with Me where I am.’ (John 17:24)...”
That is the fourth “It is finished”, and basically Jesus says, “It is
finished”, I finished winning the provision for salvation, so now I can intercede
for My own, because I have a perfect life to impute to them, and I have a
payment of sin that I've made. So now they can come to Me as their Intercessor
and claim the benefits that I earned when I was on earth.”
Nah ini
diperluas oleh Ellen White di Desire of Ages. Simak Desire of
Ages hal. 833-834, di sini
kita lihat “Sudah selesai” yang
keempat. “...Kemudian portal-portal…” Yesus sedang naik ke Surga, Dia masuk melalui pintu-pintu gerbang, “…Kemudian portal-portal Kota Allah
dibuka lebar-lebar dan kumpulan besar
malaikat masuk melalui gerbang-gerbang itu di tengah ledakan musik yang
penuh gairah. Takhtanya ada di sana, dan mengelilinginya ialah pelangi
perjanjian. Ada kerubim dan serafim. Para komandan balatentara surgawi,
anak-anak Allah, wakil-wakil dari dunia-dunia yang tidak berdosa, berkumpul. Dewan surgawi yang di hadapannya Lucifer
pernah menggugat Allah dan AnakNya, wakil-wakil dari dunia-dunia yang tidak
berdosa di atas mana tadinya Setan berharap bisa mendirikan kekuasaannya,
semuanya ada di sana untuk menyambut Sang
Penebus…” seluruh alam semesta ada
di sana untuk menyambut kedatangan Yesus kembali. “…Mereka semuanya tidak sabar merayakan
kemenanganNya dan memuliakan Raja mereka…” mereka tidak sabar. Ini
ketidaksabaran yang kudus. “…Tetapi, Dia
memberikan tanda supaya mereka mundur. Belum! Sekarang Dia belum bisa menerima
mahkota kemuliaan dan jubah kerajaan. Dia masuk ke hadirat BapaNya. Dia
menunjuk ke luka di kepalaNya…” ini Dia mempresentasikan DiriNya sebagai Domba yang seolah telah
disembelih di Wahyu pasal 5,
“…Dia menunjuk ke luka di kepalaNya, lambungnya yang pernah
tertusuk, kakinya yang bernoda; Dia mengangkat tanganNya yang ada bekas luka
pakunya. Dia menunjuk ke
tanda-tanda kemenanganNya. Dia mempersembahkan kepada Allah berkas unjukan, mereka
yang dibangkitkan bersamaNya sebagai wakil-wakil dari orang banyak yang akan
keluar dari kubur pada waktu kedatanganNya yang kedua. Dia menghampiri Bapa yang padaNya
ada sukacita jika ada satu orang berdosa yang bertobat, yang
bersukacita atas satu orang dengan nyanyian. Sebelum
landasan dunia diletakkan, Bapa dan Anak telah bersepakat dalam suatu
perjanjian untuk menebus manusia seandainya Setan mengalahkan dia. Mereka telah
berjabat tangan dalam sumpah yang sungguh-sungguh bahwa Kristus yang akan
menjadi jaminan bagi umat
manusia. …” Sekarang dengarkan ini, “Sudah selesai” yang keempat di Bilik Kudus. “…Janji ini telah
dipenuhi Kristus ketika di atas salib Dia berseru, ‘Sudah selesai’, Dia bicara
kepada Bapa. Kesepakatan itu telah diselesaikan dengan tuntas. Sekarang Kristus menyatakan…” ini di Bilik Kudus, Dia berbicara kepada BapaNya, “…‘Bapa, ‘sudah selesai’ (Yohanes 19:30),
Aku telah melakukan kehendakMu, O, AllahKu, Aku telah menyelesaikan pekerjaan
penebusan. Jika keadilanMu dipuaskan, ‘Aku mau supaya mereka
juga yang telah Engkau berikan kepada-Ku, boleh
bersama-sama dengan Aku di mana Aku berada’ (Yohanes 17:24)...”
Inilah “Sudah selesai” yang keempat. Dan pada dasarnya Yesus berkata, “Sudah selesai”. Aku sudah selesai memenangkan sarana untuk
keselamatan. Jadi sekarang Aku bisa menjadi Perantara bagi milikKu sendiri,
karena Aku punya hidup yang sempurna untuk diperhitungkan bagi mereka, dan Aku
punya pelunasan untuk dosa yang telah Aku buat. Jadi sekarang mereka boleh
datang kepadaKu sebagai Perantara mereka dan mengklaim manfaat-manfaat yang
telah Aku peroleh ketika Aku hidup di bumi.”
By the way
are we supposed to also rest with Him in the works of redemption? Notice
Hebrews 4:9 and 10, “ 9 There
remains therefore a rest for the people of God. 10 For he who has entered
His rest...” by the way who did all the works of
redemption? Did we do any of it? Who did? Jesus! So notice it says, “...10 For
he who has entered...” whose rest? “...His rest has himself
also ceased from his works as God did from
His.”
So in
Redemption we rest on what He has done, in what He has done, not in what we
have done, not by our works. It says we have ceased from our works, as He
ceased from His at Creation.
Nah,
apakah kita seharusnya juga berhenti bersama Dia dalam pekerjaan penebusan?
Simak Ibrani 4:9-10, “9 Jadi oleh karena itu masih tersisa satu perhentian bagi umat Allah. 10 Karena dia yang telah
masuk ke perhentian-Nya,…” nah, siapa yang mengerjakan semua pekerjaan penebusan? Apakah kita
melakukan apa pun untuk itu? Siapa yang melakukannya? Yesus! Jadi simak,
dikatakan, “…10 Karena dia yang telah masuk…” perhentian siapa? “…ke perhentian-Nya, ia sendiri
telah berhenti dari pekerjaannya sendiri,
sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.”
Maka di Penebusan kita berhenti dalam apa yang telah
Dia lakukan, bukan dalam apa yang telah kita lakukan, bukan karena perbuatan
kita. Dikatakan kita telah berhenti dari pekerjaan kita, sebagaimana Dia telah
berhenti dari pekerjaanNya saat Penciptaan.
Ellen White wrote in Manuscript 111 1897,
“When He uttered the cry ‘It is finished,’ Christ knew that the battle was won. As a
moral conqueror, He planted His banner on the eternal heights.
Was there not joy among the angels? Not a son, not a daughter of Adam, but could
now lay hold on the merits of the spotless Son of God, and say, Christ has died for me. He
is my
Savior.” (7ABC, p. 462).
Ellen White menulis di Manuscript 111, 1897, “…Ketika Dia menyerukan teriakan ‘Sudah
selesai’, Kristus tahu bahwa peperangan itu telah dimenangkan. Sebagai
pemenang moral, Dia menancapkan panji-Nya di ketinggian yang abadi. Tidakkah
ada sukacita di antara para malaikat? Tidak ada satu pun putra atau putri Adam
yang sekarang tidak bisa menggapai jasa-jasa Anak Allah yang tidak bernoda dan
berkata, Kristus sudah mati bagiku. Dialah Juruselamatku.” (7 ABC hal. 462)
By the way
during this period when Jesus was in the
Holy Place is the time when the Little Horn attempted to change the Sabbath.
So notice, the Sanctuary and the Sabbath are involved. You know, most of the
work that the Little Horn did was mess with Christ's intercessory ministry, but
he even put his hand into the Most Holy place and attempted to change the Sabbath,
from Sabbath to Sunday.
Nah, selama
periode ketika Yesus ada di Bilik Mahakudus ini, itulah waktunya ketika Tanduk
Kecil berusaha mengubah Sabat. Jadi simak, Bait Suci dan Sabat
terlibat. Kalian tahu, kebanyakan pekerjaan yang dilakukan si Tanduk Kecil,
ialah mengacau pelayanan perantaraan Kristus, tetapi dia bahkan memasukkan
tangannya ke dalam Bilik Mahakudus dan berusaha mengubah Sabat, dari Sabat ke
hari Minggu.
The fifth “It is finished”
Now let's go
to the fifth “It is finished”. The focus here is on the Most Holy Place. See, we're moving, the altar à the Holy Place à the Most Holy place. And then of
course we're going to move back to the camp again. Notice that the Little Horn
during the 1260 years did its utmost to abolish the seventh day Sabbath. This
sets the stage for the great final conflict on this earth. You know, we're not
going to read Daniel 7:25, you know, this very well, it speaks about the Little
Horn that attempted to change what? God's holy Law, the day of rest.
Let me ask
you at the end of time are God's people going to denounce that change? Are they
going to denounce the mark of the Beast? Because that's a change in the Sabbath,
it's the enforcement of Sunday as the day of rest. Are God's people going to
proclaim a return back to the Sabbath, which is in the Most Holy place inside
the Ark? Yes. Revelation 14:6 and 7, “6 Then I saw another angel flying in the midst of
heaven, having the everlasting gospel to preach to those who dwell on the
earth—to every nation, tribe, tongue, and people— 7 saying with a loud
voice, ‘Fear God and give glory to Him, for the hour of His judgment has
come...” and now notice,
“...and worship Him who made heaven and earth, the sea and springs of
water.’...” Is this message going to polarize the
world into two groups? The Loud Cry of
Revelation 18 which is an intensification of this message, is going to polarize the world, so that everyone
will receive either the Seal of God or the mark of the Beast. When the
entire world has taken sides, God's voice will be heard from the Most Holy
place of the Sanctuary. And what is God going to say? “It is
finished”. The Sanctuary service has closed, it's referring to the close of probation. He's
going to say “It is finished” when all cases are decided, when
everyone has decided to observe Sabbath or to observe Sunday as the day of rest,
He's going to say “It is finished”, probation will close and nobody will be able
to enter into the Most Holy place, because there is no longer any intercessor
for sin.
“Sudah selesai” yang kelima
Sekarang mari kita ke “Sudah selesai” yang kelima. Fokusnya di sini ada di Bilik
Mahakudus. Lihat, kita bergerak, mezbah à Bilik
Kudus à Bilik
Mahakudus. Kemudian tentu saja kita akan kembali lagi ke pelataran. Simak,
Tanduk Kecil ini selama 1260 tahun melakukan sebisa-bisanya untuk menghapus
Sabat hari ketujuh. Ini mempersiapkan bagi konflik terakhir terbesar di dunia.
Kalian tahu, kita tidak akan membaca Daniel 7:25, kalian sudah sangat kenal
ayat ini. Ini bicara tentang si Tanduk Kecil berusaha mengubah apa? Hukum Allah
yang suci, hari perhentian.
Coba saya
tanya, pada akhir zaman apakah umat Allah akan menolak perubahan itu? Apakah
mereka akan menolak tanda Binatang? Karena tanda Binatang itulah perubahan pada
Sabat, memberlakukan hari Minggu sebagai hari perhentian. Apakah umat Allah
akan menyerukan supaya kembali kepada Sabat, yang ada di dalam Bilik Mahakudus,
di dalam Tabut Perjanjian? Ya. Wahyu 14:6-7, “6
Lalu aku melihat seorang malaikat
lain terbang di tengah-tengah langit, dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakan kepada mereka
yang diam di atas bumi ~ kepada setiap bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, 7 berseru dengan
suara nyaring: ‘Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena saat
penghakiman-Nya telah tiba, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan
bumi dan laut dan semua mata air.’…” Apakah
pekabaran ini akan mempolarisasi dunia ke dalam dua kelompok? Seruan
Nyaring Wahyu 18 yang merupakan intensifikasi pekabaran ini akan
mempolarisasi dunia sehingga semua orang akan menerima Meterai Allah atau Tanda
Binatang. Ketika seluruh dunia sudah membuat pilihannya, suara
Allah akan terdengar dari Bilik Mahakudus Bait Suci. Dan Allah akan berkata
apa? “Sudah selesai”. Pelayanan
Bait Suci sudah tutup, ini mengacu kepada tutupnya pintu
kasihan. Allah akan berkata “Sudah selesai” ketika
semua kasus sudah diputuskan, ketika semua orang sudah memutuskan untuk
memelihara Sabat atau hari Minggu sebagai hari perhentian. Dia akan berkata, “Sudah selesai”, pintu kasihan akan menutup
dan tidak ada orang yang bisa masuk ke dalam Bilik Mahakudus, karena tidak ada
lagi perantaraan bagi dosa.
In fact
notice Revelation 10:7, “ 7 but in the days of the sounding of the seventh Angel, when
he is about to sound, the mystery of God...” by the way the mystery of God is the preaching of the Gospel. “...the mystery of God would be...” what? “...would be finished, as He declared to His
servants the prophets.”
So what is
going to be heard from the temple in the Most Holy place when probation closes? “It is
finished” The Most Holy Place ministry comes to
an end.
Marilah simak Wahyu 10:7, “7 Tetapi pada zaman ditiupnya sangkakala Malaikat yang
ketujuh, ketika Ia akan meniup sangkakalaNya,
misteri Allah…” nah misteri
Allah ialah dikhotbahkannya Injil, “…misteri Allah akan…” apa? “…akan selesai, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hamba-Nya, para nabi…”
Jadi apa yang akan terdengar dari Bilik Mahakudus ketika pintu kasihan
menutup? “Sudah selesai”. Pelayanan
Bilik Mahakudus berakhir.
Now I'm going
to skip the two passages here because time is flying by. Revelation 22:10 to 13
and Revelation 15:5-8, you're all acquainted with that text that says “He who
is filthy let him be filthy still, he who is holy let him be holy still, he who
is unrighteous let him be unrighteous still, he who is righteous let him be
righteous still” that's the close of probation, that's when God is going to
say “It is finished”.
Nah, saya akan melompati
dua paragraf di sini karena waktunya melesat cepat. Wahyu 22:10-13 dan Wahyu
15:5-8. Kalian semua sudah tahu ayat yang mengatakan, “Dia yang
najis, biarlah dia tetap najis, dia yang kudus biarlah dia tetap kudus, dia
yang tidak benar biarlah dia tetap tidak benar, dan dia yang benar biarlah dia
tetap benar”, itu adalah penutupan pintu kasihan. Itulah ketika Allah akan
berkata “Sudah selesai”.
Now notice
how Ellen White commented on this “It is
finished”, this
is found in Early Writings page 279, “I saw angels hurrying to and fro in heaven. An angel with a
writer's inkhorn by his side returned from the earth and reported to Jesus that his work was done, and the saints were numbered and sealed...” probation
closes. “...Then I saw Jesus, who had been ministering before the ark containing the Ten
Commandments, throw down the censer. He raised His hands, and with a loud voice said, ‘it is done.’...” that's the
close of Probation. “...And all the angelic host
laid
off their crowns as Jesus made the solemn declaration, ‘He that is unjust,
let him be unjust still: and he which is filthy, let him be filthy still: and he that is righteous, let him be righteous still: and
he
that is holy, let him be holy still.’...”
Sekarang simak
bagaimana Ellen White mengomentari “Sudah
selesai” ini, ini ada di Early Writings hal. 279, “…Aku melihat malaikat-malaikat bergegas ke sana
kemari di Surga. Satu malaikat dengan tempat tinta di sisinya kembali dari bumi dan melaporkan kepada Yesus bahwa
pekerjaannya sudah selesai dan orang-orang kudus sudah dihitung dan dimeteraikan…” pintu kasihan tutup. “…Lalu aku melihat Yesus yang
melayani di hadapan Tabut yang berisikan Kesepuluh Perintah melemparkan pedupaanNya. Dia mengangkat tangan-tanganNya dan dengan
suara keras berkata, ‘Sudah selesai’…” inilah
tutupnya pintu kasihan, “…dan semua bala tentara surgawi meletakkan mahkota mereka saat
Yesus membuat pernyataan yang serius ini, ‘11 Barangsiapa yang tidak benar,
biarlah ia tetap tidak benar, barangsiapa yang cemar, biarlah ia tetap cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia tetap benar;
barangsiapa yang kudus, biarlah ia tetap kudus’…” (Wahyu 22:11)
And Ellen White
in Early Writings page 281 wrote, “All heaven had united with Jesus, as they heard the fearful words, ‘It is
done. It is finished.’...” notice she uses “It is finished” synonimous to “It is done”. ”...‘It is done. It is
finished.’ The plan
of salvation had been accomplished, but few had chosen to accept it.”
Dan Ellen White di Early Writings hal. 281 menulis, “Seluruh
Surga sudah bersatu dengan Yesus ketika mereka mendengar kata-kata yang
mengerikan, ‘Sudah terlaksana. Sudah
selesai.’…” simak Ellen White menggunakan “Sudah
selesai” bersinonim dengan “sudah
terlaksana”. “…‘Sudah terlaksana. Sudah selesai.’ Rancangan
keselamatan sudah terlaksana, tetapi hanya sedikit yang memilih untuk
menerimanya...”
And so Jesus
will then leave the Most Holy place, and a terrible Time of Trouble will ensue.
During this time God's people will live without what? Without an intercessor. A
death decree will be legislated against those who keep the Sabbath. Notice that
this “It is finished” is related to the Sabbath as
well, it will appear like God's people will be wiped out from the face of the earth
because of their Sabbath observance, and this leads us to our sixth “It is finished”.
Maka Yesus kemudian akan meninggalkan Bilik Mahakudus, dan suatu Masa
Kesusahan Besar yang mengerikan akan terjadi. Selama waktu ini umat Allah akan
hidup tanpa apa? Tanpa Perantara. Suatu titah pembunuhan akan disahkan terhadap
mereka yang memelihara Sabat. Simak bahwa “Sudah
selesai” ini terkait kepada
Sabat juga, akan tampak seolah-olah umat Allah bakal tersapu bersih dari muka
bumi karena praktek mereka memelihara Sabat, dan ini membawa kita ke “Sudah selesai” yang keenam.
The Sixth “It is finished”
This also
comes from the Most Holy place of the Heavenly Sanctuary, Revelation 16:17 is
the seventh plague, the last plague that marks the coming of Jesus. God's
people are under a sentence of death, and notice what the seventh angel says, “17 Then the seventh angel poured
out his bowl into the air, and a loud voice came out of the temple of heaven...” this is the
Most Holy place “...from the throne, saying...” what? “...‘It is done!’...” The
persecution of My people is over.
“Sudah selesai” yang keenam
Ini juga
datang dari Bilik Mahakudus Bait Suci surgawi, Wahyu 16:17 itu Malapetaka
Ketujuh, malapetaka terakhir yang menandai kedatangan Yesus. Umat Allah ada di
bawah ancaman hukuman mati, dan simak apa kata malaikat ketujuh, “17 Kemudian malaikat yang ketujuh mencurahkan cawannya ke angkasa. Dan suara yang nyaring keluar dari bilik Mahakudus di
Surga, dari takhta itu, katanya...” apa? “...‘Sudah selesai…” persekusi
umatKu sudah berakhir.
Notice Ellen
White's description of this in Great Controversy
635 and 636, “When the protection of human laws shall be withdrawn from those who honor
the
law of God, there will be, in different lands, a simultaneous movement for
their destruction. As the time appointed
in
the decree...”
this is the death decree “...draws near, the people will conspire to root out the hated sect. It will be determined to strike in
one night a decisive
blow, which shall utterly silence
the
voice of dissent and reproof. The
people of God—some in prison cells, some hidden in solitary
retreats in the forests and the mountains--still plead for divine protection, while in every quarter companies of armed men, urged on by hosts of evil angels are preparing for the work of death. It is now, in the hour of utmost extremity that the
God of Israel
will interpose for the deliverance
of His chosen. It is at midnight that God manifests His power for the
deliverance of His people. The
sun appears, shining
in its
strength.
Signs and wonders follow in
quick succession. The wicked look with terror and amazement upon the scene while the
righteous behold with solemn joy the tokens of their deliverance.
Everything in
nature seems turned out of its course. The
streams cease to flow. Dark, heavy
clouds come up and clash against each other. In the midst of the angry...”
now listen carefully, “...In the midst of the angry
heavens is one clear space of indescribable glory,
whence comes the voice of God like the sound of many waters,
saying: ‘It is done.’
(Revelation 16:17). The persecution of My people is over.”
Simak deskripsi
Ellen White tentang ini di Great Controversy hal. 635-636, “…Ketika perlindungan hukum-hukum manusia ditarik dari
mereka yang menghormati Hukum Allah, di pelbagai negara akan terjadi gerakan
serempak untuk membinasakan mereka. Ketika waktu yang telah ditetapkan dalam
perintah itu…” ini titah untuk membunuh mereka, “…semakin mendekat, orang-orang akan bersekongkol untuk
mencabut sampai ke akar-akarnya sekte yang dibenci. Akan ditetapkan untuk mengadakan dalam satu malam, suatu
serangan yang mematikan, yang akan seluruhnya membungkam suara-suara yang
menentang dan yang menegur. Umat Allah ~ beberapa di dalam penjara, beberapa bersembunyi
di tempat-tempat terpencil di hutan-hutan dan gunung-gunung ~ masih terus
memohon perlindungan Ilahi sementara di setiap tempat kelompok orang-orang
yang bersenjata, atas dorongan balatentara malaikat-malaikat jahat, sedang bersiap-siap
untuk melakukan pekerjaan pembunuhan. Sekarang inilah, di saat yang
paling ekstrem, Allah Israel akan turut campur demi penyelamatan umat
pilihanNya. Pada tengah malamlah Allah menyatakan
kuasaNya untuk menyelamatkan umatNya. Matahari muncul, bersinar dengan kuat.
Mujizat-mujizat dan keajaiban-keajaiban mengikuti dalam urutan cepat.
Orang-orang jahat memandang dengan teror dan keheranan pada pemandangan itu
sementara orang-orang benar melihat dengan sukacita khusus tanda-tanda
penyelamatan mereka. Semua di alam sepertinya berubah dari semestinya.
Sungai-sungai berhenti mengalir. Awan-awan yang gelap dan tebal muncul dan
bertabrakan satu sama lain. Di tengah-tengah…” sekarang dengarkan baik-baik, “…Di tengah-tengah
langit yang murka ada satu tempat yang tak terlukiskan mulianya, dari mana
datang suara Allah seperti bunyi banyak air, mengatakan, ‘Sudah terlaksana’
(Wahyu 16:17). Persekusi umatKu sudah berakhir.”
Are you
understanding all these “It is done”’s? Does all of these, “it is done”’s have to do with the Sabbath? Why
do the wicked want to destroy God's people? Because they observe the sabbath. But
God is going to say, “The persecution is finished, it is done.”
Apakah kalian memahami semua “Sudah
selesai” ini? Apakah semua “Sudah selesai” ini
berkaitan dengan Sabat? Mengapa orang-orang jahat mau membinasakan umat Allah?
Karena mereka memelihara Sabat. Tetapi Allah akan berkata, “Persekusi sudah selesai, sudah terlaksana.”
The seventh “It is finished”
Now in our
previous study together, we noticed the last “It is done” it also involves the Sabbath. Revelation 21:3 through 7 say, “ 3 And I heard a loud voice from heaven saying, ‘Behold, the
tabernacle of God is with
men, and He will dwell with them, and they shall be His people. God Himself
will be with them and be their
God. 4 And God will wipe away every tear from their eyes; there
shall be no more death, nor sorrow, nor crying...” is this a restoration of what existed at the beginning? Absolutely! “...There shall be no more pain, for the former things have
passed away.’ 5 Then He who sat on the throne said, ‘Behold, I make all
things new.’...” in other words, I'm going to create again as I did at the beginning. And
what does it say following this? “...And He said to me, ‘Write,
for these words are true and faithful.’ 6 And He said to
me...” what? “...‘It is
done!...” so when He makes a new heavens and a new earth He's going to say, “It
is done. I have restored everything to the way that it was at the beginning.”
And what is the day that we're going to keep, to commemorate the fact that
everything has been restored as it was at the beginning? Isaiah 66:22 and 23 says
that we will go every Sabbath to worship
before the Lord, to commemorate the Creation of new heavens and new earth.
“Sudah selesai” yang ketujuh
Nah, di
pelajaran kita sebelumnya, kita sudah menyimak “Sudah selesai” yang terakhir, ini juga melibatkan Sabat. Wahyu
21:3-7 mengatakan, “3 Dan aku mendengar suara yang nyaring dari Surga berkata: ‘Lihatlah, kemah Allah ialah bersama manusia dan Ia akan diam dengan
mereka, dan mereka akan menjadi umat-Nya, Allah sendiri akan bersama mereka, dan menjadi
Allah mereka. 4 Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata
mereka, dan tidak akan ada kematian lagi; maupun duka, maupun
ratap tangis.…” apakah ini
suatu restorasi dari apa yang ada di permulaan? Tentu saja! “…Tak akan ada lagi rasa sakit, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. 5 Lalu Ia yang duduk di atas takhta berkata, ‘Lihatlah, Aku
menjadikan segala sesuatu baru!’…” dengan kata lain,
Aku akan mencipta lagi sebagaimana yang Aku lakukan di awal mula. Dan apa yang
dikatakan mengikuti ini? “…Dan Ia berkata kepadaku, ‘Tulislah, karena kata-kata ini benar dan bisa dipercaya.’ 6 Dan Dia
berfirman kepadaku,…” apa? “…‘Sudah terlaksana…” Jadi ketika Dia membuat langit baru dan bumi baru, Dia
akan berkata, “Sudah terlaksana.” Aku
sudah memulihkan semuanya ke kondisinya pada awal mulanya.” Dan manakah hari yang akan kita
pelihara untuk memperingati faktanya bahwa segalanya telah dipulihkan
sebagaimana keadaannya pada mulanya? Yesaya 66:22-23 mengatakan bahwa setiap
Sabat kita akan pergi beribadah di hadapan Tuhan, untuk
memperingati Penciptaan langit baru dan bumi baru.
Now let me read you this statement from Ellen White, last, notice how
she connects Creation, Redemption, and Recreation, and the Sabbath. “[at creation] In
the
beginning the
Father and
the Son had
rested upon the
Sabbath after Their work of creation...” What did the Father and Son do after the
work of Creation? They rested. “... When ‘the heavens and the earth were finished, and
all
the host of them’ (Genesis 2:1), the Creator and all heavenly
beings
rejoiced in contemplation of the glorious scene...”
And now she quotes a verse to prove this, “...‘The morning stars
sang
together, and all the sons of God shouted for joy.’ (Job 38:7)...” so what did the Father and the Son
do at Creation? They rested, right? But now it turns to Redemption. “...Now...”
that is in Joseph's tomb“...Jesus rested from the work of redemption; and though there was
grief
among those who loved Him on earth, yet there was
joy
in heaven. Glorious to the
eyes of heavenly beings was the promise of the...”
what? Oh, now it looks towards the “...future. A restored creation, a redeemed race,
that having conquered sin could never fall—this, the result to flow from Christ's
completed
work, God and angels saw.
With this scene the
day upon which Jesus rested
is forever linked.
For ‘His work is
perfect’ (Deuteronomy 32:4) and
‘whatsoever God
doeth, it
shall be forever.’
(Ecclesiastes 3:14)...”
and now notice“...When there shall be
a ‘restitution of all things, which God hath spoken by the mouth of all His holy prophets since the
world
began’ (Acts 3:21), the
creation Sabbath, the day on which Jesus lay at rest in Joseph's tomb,
will still be a day of rest and rejoicing. Heaven and earth will unite in praise, as
‘from one Sabbath to another’ (Isaiah 66:23) the nations of the saved shall bow in
joyful worship to God and the Lamb.”
(The Desire of Ages, pp. 769, 770).
Sekarang
izinkan saya membacakan pernyataan ini dari Ellen White, yang terakhir. Simak
bagaimana dia mengaitkan Penciptaan, Penebusan, dan Penciptaan Ulang, dan
Sabat. “…Pada awal mula [saat Penciptaan]
Bapa dan Anak telah beristirahat pada hari Sabat setelah pekerjaan mencipta
Mereka…” apa yang dilakukan Bapa
dan Anak setelah pekerjaan mencipta? Mereka beristirahat. “…Ketika
‘langit dan bumi dan
segala isinya sudah selesai’ (Kejadian
2:1), Sang Pencipta dan semua makhluk surgawi bersukacita
mengkontemplasi adegan yang agung…” dan sekarang Ellen White
mengutip sebuah ayat untuk membuktikan ini, “…‘bintang-bintang fajar menyanyi bersama-sama, dan semua
anak Allah bersorak-sorai gembira’ (Ayub 38:7)…” Jadi apa yang dilakukan
Bapa dan Anak setelah Penciptaan? Mereka beristirahat, benar? Tetapi sekarang
beralih ke Penebusan.
“…Sekarang…” ini di dalam kubur Yusuf
Arimatea
“…Yesus beristirahat dari pekerjaan Penebusan; dan walaupun ada dukacita
di antara mereka yang mengasihiNya di bumi, namun ada sukacita di Surga.
Mulialah di mata para makhluk surgawi janji…” apa? O, sekarang ini memandang ke “…masa depan. Penciptaan yang dipulihkan,
umat yang telah ditebus, yang setelah mengalahkan dosa tidak akan pernah jatuh
lagi – ini, hasil yang akan mengalir dari pekerjaan Kristus yang sudah lengkap,
dilihat oleh Allah dan para malaikat. Hari di mana Yesus beristirahat selamanya
terkait dengan adegan ini. Karena ‘pekerjaan-Nya sempurna’ (Ulangan 32:4) ‘apa pun yang dilakukan Allah itu akan
tetap untuk selamanya’ (Pengkhotbah 3:14)…” dan sekarang simak. “…Ketika
akan ada ‘pemulihan
segala sesuatu, yang telah difirmankan Allah melalui mulut semua nabi-Nya yang kudus sejak awal dunia’ (Kisah 3:21),
Sabat Penciptaan, hari di mana Yesus terbaring dalam perhentian di
dalam kubur Yusuf (Arimatea) masih akan tetap menjadi suatu hari perhentian dan
sukacita. Langit dan bumi akan bersatu dalam pujian, karena ‘dari satu Sabat
ke yang lain’ (Yesaya 66:23) bangsa-bangsa yang telah diselamatkan akan
sujud dalam ibadah penuh sukacita kepada Allah dan Sang Domba.” (The Desire of Ages hal.769-770).
Did you
notice how she links Creation, Redemption, and the new Creation? And what is the
sign of all three? The Sabbath. God's
plan has never changed. Each “It is finished” has to do with the Sabbath. And praise the Lord, that after God creates a new heavens and a new earth,
after Jesus creates a new heavens and a new earth, God's people will enjoy rest
with their Creator, resting as Adam and Eve did on that first Sabbath in the
Garden of Eden.
Even though
we did not work to create, we did not work to redeem, we will not work to
recreate, we will keep the Sabbath in what He has done, not in what we have
done. That's the reason why the Sabbath is a
sign of righteousness by faith, not righteousness by works, because
it's all about Him, it is not about us.
Apakah kalian menyimak bagaimana Ellen White
mengaitkan Penciptaan, Penebusan dan Penciptaan baru? Dan apakah tanda
ketiganya? Sabat. Rencana Allah tidak pernah berubah. Setiap “Sudah selesai” berkaitan dengan
Sabat. Dan puji Tuhan, setelah Allah menciptakan langit baru dan bumi baru,
setelah Yesus menciptakan langit baru dan bumi baru, umat Allah akan menikmati
perhentian bersama Pencipta mereka, beristirahat sebagaimana yang dilakukan
Adam dan Hawa pada Sabat yang pertama itu di Taman Eden. Walaupun kita tidak
bekerja mencipta, kita tidak bekerja menebus, kita tidak akan bekerja
menciptakan ulang, kita akan memelihara
Sabat dalam apa yang telah dilakukan Allah, bukan dalam apa yang telah
kita lakukan. Itulah alasannya mengapa Sabat adalah tanda dari
pembenaran oleh iman, bukan pembenaran oleh perbuatan, karena
semuanya adalah tentang Dia, bukan tentang kita.
Now we have
how many “It is finished” left yet? Well, we actually have
three “It is finished” left.
1.
We have the “It is finished” at the close of probation,
2.
we have the “It is finished” at the seventh plague when God's
people are delivered,
3.
and we have the last “It is finished” when Jesus makes a new heavens and a new earth,
and we will be able to dwell with Him throughout the ceaseless ages of eternity.
Nah, jadi masih ada berapa “Sudah selesai” yang tersisa (yang belum terjadi)? Sebenarnya
masih ada tiga “Sudah selesai” yang
tersisa.
1.
“Sudah selesai” saat
tutupnya pintu kasihan,
2.
“Sudah selesai” saat
Malapetaka Ketujuh ketika umat Allah diselamatkan,
3.
dan terakhir “Sudah selesai” ketika Yesus membuat langit baru dan bumi baru,
dan kita akan boleh tinggal bersamaNya sepanjang masa kekekalan yang tidak ada
habisnya.
Has God's
plan for the Sabbath ever changed? It has never changed. To insert Sunday here
is an intrusion, it doesn't fit, it's like sticking a square plate in a circle.
It doesn't fit the plan of God. From Creation is the Sabbath, Redemption is the
Sabbath, and the final Restoration is the Sabbath. God not only gives us things,
He gives us of His time and relationships are based on time. So let's let
everyone know about the blessings of the Sabbath.
Apakah rencana Allah untuk
Sabat pernah berubah? Itu tidak pernah berubah. Memasukkan hari Minggu di sini
merupakan suatu intrusi, tidak cocok, seperti memasukkan sebuah lempeng persegi
ke dalam sebuah bulatan. Itu tidak sesuai dengan rencana Allah. Dari Penciptaan
itu Sabat, Penebusan itu Sabat, dan Pemulihan terakhir itu Sabat. Allah tidak
hanya memberi kita benda-benda, Dia memberi kita waktuNya dan hubungan itu
berdasarkan waktu. Jadi marilah kita memberitahu semua orang tentang
berkat-berkat Sabat.
03 09 25
No comments:
Post a Comment